Wednesday 1 October 2014

Preview: WRC Rallye de France-Alsace 2014

Selamat malam..!

OKE, langsung saja ke intinya, saya akan memberikan sedikit preview tentang Reli prancis yang akan dilaksanakan di Alsace (yang ke-5 kalinya sejak 2010), dan digelar mulai jumat ini, 2-4 Oktober 2014


Mungkin masih banyak yang mengingat kembali ajang musim lalu dimana di reli inilah de Maestro, Sebastien Loeb menutup kisah manisnya sebagai seorang juara dunia 9 kali. Sayangnya, kisah tersebut harus berakhir lebih cepat setelah kandas di hari terakhir, dan di saat bersamaan Juniornya (dan sempat menjadi rival beratnya), Sebastien Ogier sukses mengunci titel pembalap 2013. Sebastien to Sebastien.

Kini Ogier punya peluang untuk melakukan hal yang sama di minggu ini, apalagi kalo bukan karena keunggulan 50 poin dari Jarri-Matti Latvala. Jika Ogier finish di depan Latvala, urusan selesai. Di sisi lain, tampaknya tahun ini memang tahunnya Volkswagen karena selain Ogier&Latvala, Andreas Mikkelsen juga nyaman berada di posisi 3 dengan jumlah poin 125, unggul 42 poin dari pembalap M-Sport, Mikko Hirvonen. Tapi perebutan posisi 5 masih ketat dimana Thierry Neuville, Mads Ostberg, Kris Meeke dan Elfyn Evans  hanya berjarak 18 poin.

OK, kita beralih ke ajangnya. Digelar sejak 2010 menggantikan Tour de Corse di pulau Korsika yang ikonik, reli ini berbatasan langsung dengan Jerman bagian selatan (yang juga menggelar Reli Jerman). Seperti Reli Jerman, Reli Prancis juga melintasi perkebunan anggur, hanya saja rutenya lebih cepat dan suhunya lebih dingin (biasanya juga hujan), membuat dilema untuk pembalap dan mekanik dalam menentukan ban yang tepat. Selain itu, reli ini juga adalah reli dengan rute terpendek, hanya 300km di sekitaran kora Strasbourg melewati pegunungan Bas-Rhin and Vosges, dan Hagenau, tempat lahirnya Loeb.


Di sisi lain, Michelin sebagai penyuplai ban resmi WRC menyediakan ban spek baru dimana ban tersebut mempunyai grip lebih di kondisi trek yang dingin, dan bobotnya berkurang sebesar 0.5kg per ban. Michelin juga mengklaim bahwa ban ini lebih tahan lama 10% dibandingkan sebelumnya.

Selain itu, reli ini akan diikuti oleh 97 pembalap dari semua kelas, termasuk di dalamnya adalah legenda reli, Francois Delecour. Runner-up WRC 1993 ini akan mengendarai Porsche 911 GT.

No comments:

Post a Comment