Friday 17 October 2014

#FlatOutNews Rally Edisi 1: Gymkhana, Legenda, Reuni, dan (ehm) Kriket

Selamat malam....!

OK, kali ini ada lagi segmen baru yaitu #RallyOfTheWeek, dimana di segmen ini, setiap hari kamis/jumat di blog ini akan membahas tentang apa saja yang terjadi di dunia reli selama sepekan. Dan di edisi pertama ini banyak yang akan dibahas, mulai dari seseorang yang meninggalkan karier kriketnya untuk mengikuti reli, seseorang yang akan ditahbiskan menjadi legenda, dll. Cukup sudah, kita mulai dari yang pertama:

1. Ken Block berpatisipasi di Rally Catalunya
 Yang pertama adalah penemu brand sepatu DC Boots, si nyentrik, favorit fans Ken Block yang sebenarnya lebih dikenal dengan seri video Gymkhana dimana dia melakukan aksi-aksi seperti yang anda bisa lihati di video dibawah ini.




Sedangkan di WRC sendiri dia terakhir mengikuti Rally Meksiko musim lalu, karena beralih di ajang rallycross. Tapi minggu depan di Rally Catalunya di Spanyol, dia adalah salah satu dari 74 peserta yang akan berkompetisi di ajang ini. Saya ingin dia melakukan aksi Gymkhana di jalanan Catalan.


2. Ari Vatanen akan dijadikan "Legenda Rally" di Wales

Juara Dunia 1981, Ari Vatanen akan ditahbiskan sebagai Legenda Rally di Wales Rally GB bulan depan, dimana event yang dulunya bernama RAC Rally, menurutnya, adalah "kandang" keduanya setelah Finlandia. Perlu diperhatikan bahwa status "Rally Legend" yang ini adalah status yang diberikan oleh penyelenggara Wales Rally GB sebagai bentuk penghargaan atas pencapaian mereka di reli ini.
Vatanen sendiri pernah memenangi ajang tersebut di tahun 1984 dengan mobil Group B Peugeot 205 T16. "Sebuah kehormatan besar menjadi orang pertama yang dijadikan sebagai Legenda Rally GB" Kata Vatanen. "Saya selelu mempunyai hubungan yang baik dengan orang-orang di sana, dan ini yang membuatku berasa di rumahku sendiri. Saya tidak sabar untuk datang kembali ke sana bulan depan."

Vatanen akan diperkenalkan di upacara pembukaan dan penutupan, dan fans dapat berjumpa dengannya di SS Sweet Lamb Stade di hari jumat, sisanya di Chirk Castle dan Kinmel Park RallyFest, dan juga di service park di Deeside.

3. Bintang Kriket Inggris melahap gravel khas Wales

Saya tidak kaget ketika mantan pembalap F1 seperti Martin Brundle dan Robert Kubica berkompetisi di WRC, begitu juga dengan legenda MotoGP Valentino Rossi juga melakukan hal yang sama. Tapi dari olahraga yang sangat berbeda seperti Kriket ke balap reli? ITU SULIT DIPERCAYA.


Tapi ini benar, dan ini bukan pemain kriket biasa, tapi dia adalah seorang Graeme Swann (yang berbaju hijau, bukan yang ada di truk hijau), idola kriket asal Inggris yang baru saja memutuskan pensiun dari dunia kriket dan sejak itu menjadi presenter di stasiun TV Inggris BT SPORT. Saking cintanya dia kepada reli, dia memutuskan untuk berkompetisi di Wales Rally GB bulan depan, dan akan mengendarai Ford Fiesta R2 yang disiapkan oleh M-Sport. Belum diketahui siapa navigatornya, tapi akan kami beritahukan kemudian hari.

4. Solberg dan Mills bereuni. Ciee....

OK, ini serius...


Juara Dunia WRC 2003 dan Juara Dunia World Rallycross Championship 2014, Petter Solberg akan kembali ke ajang yang membesarkan namanya di Rallye Du Condroz-Huy pada tanggal 1-2 November di Belgia. Tidak sampai di situ saja, dia akan bereuni dengan Navigator asal Wales, Phil Mills, yang selalu menemaninya sejak awal kariernya sampai Mills pensiun di 2010. Mereka akan beraksi di mobil Citroen C4 WRC yang disiapkan oleh Marc VDS Racing (yang lebih dikenal di MotoGP).


"Saya punya kenangan yang indah dengan C4, tapi saya juga tidak lupa bahwa saya sudah tidak mengikuti reli selama 2 tahun..! Phil juga akan mengalami hal yang sama, dimana kami terakhir kali bersama itu pada tahun 2010, jadi kami harus belajar lagi soal pacenotes" kata Solberg.

Selain Mr. Holywood, ada juga Kris Meeke, yang akan membesut mobil Citroen DS3 R5, dan juga ada direktur Citroen Racing Yves Matton yang juga mengemudikan C4, dan ditemani oleh Daniel Elena, mantan co-driver Sebastien Loeb.

Dan ini adalah beberapa Flat Out News (Berita Singkat & Cepat):
  • Hyundai sedang merangcang kembali struktur tim untuk 2015 dan bisa jadi susunan pembalap akan ditentukan akhir bulan ini. Thierry Neuville tetap ada di tim, tapi pembalap kedua belum dipastikan, begitu juga dengan tim B, Hyundai Motorsport N.
  • Reli Swedia kembali ke format hari kamis-minggu, maju 24 jam karena berbenturan dengan ajang Olimpiade Musim Dingin.

No comments:

Post a Comment