Tuesday 14 October 2014

UPDATED #FirstLove: Hyundai i20 WRC oleh Top Gear (!!!) PART 2

Selamat siang...!

Minggu lalu sudah dibahas di blog ini bahwa Top Gear (nekat) membuat mobil reli dari Hyundai i20 untuk mengikuti WRC Wales Rally GB bulan depan. Dan ternyata mereka sudah menggunakan mobil ini dalam sebuah ajang reli di Woodpecker. Dikendarai oleh jurnalis Top Gear Magazine Ollie Marriage dan ditemani oleh navigator Jack Morton (The Stig tidak mau baju putihnya kotor), mobil bernopol EY63 UGT ini finsih ke 87 dari 160 pembalap dan 11 di kelasnya..!

Kelemahan terbesarnya jelas di mesinnya, dan mereka juga khawatir karena kalau nanti mesinnya tidak cukup kuat untuk menempuh lintasan berlumpur ala Inggris. Dan sejak mereka selesai mengetesnya mereka melakukan berbagai perubahan.


Anda pasti mengingat ketika Top Gear terpaksa memakai mesin standar i20 1.2L karena sistem mesin Veloster 1.6L tidak cocok. SOLUSINYA? Mereka memanggil Advanced Motorsport and Engineering, memasang mesin Veloster tersebut yang sudah dimodifikasi dengan ECU khusus, 586 Engineering memberikan intake dari serat karbon, dan kemudian dibawa ke bengkelnya di dekat Sirkuit Silverstone untuk melakukan tes dyno.




HASILNYA? Pertama, suaranya mengagumkan (maaf videonya tidak bisa dishare karena faktor teknis), dan kedua, mesin ini mampu mengeluarkan 160 tenaga kuda di kisaran 8000 rpm.

OK, sudah cukup, dan kali ini kita beralih ke liverynya. Top Gear membuat kontes desain livery untuk mobil ini, dan desain dari Shabaz Bashir lah yang berhasil dibawa ke mobil i20 ini.


Livery ini dikerjakan oleh Joyce Design, dengan perlengkapan disuplai oleh 3M. Dan ada yang harus diperhatikan di livery-nya, karena ada tambahan kata "Magazine" di atas tulisan Top Gear, berarti bisa saja ini tidak akan ditayangkan di acaranya di BBC 3, tapi kita lihat saja nanti.

Tapi ini bukan berarti pekerjaan sudah selesai, mereka masih melakukan beberapa perubahan sampai bulan depan.

No comments:

Post a Comment