Monday 20 October 2014

#TrickyTricks: Ganti Mobil Spek Gravel Ke Aspal (Part 1)

selamat malem all!!!

Kali ini kami memperkenalkan satu lagi segmen baru yaitu #TrickyTricks, dimana di segmen ini kita membahas Trik2 apa saja yang dilakukan setiap insan di dunia reli, yang terkadang mustahil untuk dilakukan.

Dan kali ini kami akan sedikit membahas bagamaina cara para teknisi tim mengkonversi mobil yang awalnya spek aspal menuju gravel, dan ini biasanya dilakukan di Rally Catalunya, yang akan diselenggarakan minggu depan, yang memang berkarakteristik aspal-gravel (hari pertama di gravel dan selanjutnya di aspal). Teknisi tim M-Sport Tim Jackson, yang akan memimpin tim Ken Block selama 4 hari di Spanyol akan menjelaskan semuanya. Kita mulai aja ya!!


0-15 menit


Setelah melahap 6 SS di hari jumat, kami mengecek mobilnya terlebih dahulu, dan pembalap melaporkan kerusakan apa saja yang ada di mobil, dan memeprbaikinya (Kami lebih suka gak ada kerusakan sama sekali, jadi kami bisa minum kopi). Sembari sebagian kru melakukan itu, kru yang lain mempersiapkan komponen-komponen seperti balok lintang (crossmember), girboks, differensial belakang, steering rack, suspensi dan rem spek aspal secepat mungkin. Kami dapat memperkerjakan 8 orang sekaligus, dan setelah 15 menit mobil menjadi "The Sexy Lady Fiesta".

15-30 menit


Sekarang kami siap untuk memasang komponen-komponen spek aspal. Persiapan yang matang sangatlah penting dimana kami dapat mempunyai "tambahan waktu". Semua komponen sudah tertata, termasuk komponen yang sudah dirakit dari pabrik kami di Inggris. Kami kemudian memasang differensial spek aspal, suspensi, dan juga damper. Kami kemudian menyatukannya dengan 8 sekrup.

30-40 menit


Sementara beberapa kru tim menyekesaikan bagian belakang, para kru tim yang lainnya melakukan pengecekan di bagian mesin, transimisi, dan sistem elektronik.

40-50 menit

Girboks dan differensial depan sudah siap. Differensial depan dan belakang ini berbeda dari spek gravel mengingat karakteristik aspal yang sangat berbeda.

50-65 menit


Setelah itu kami kemudian memasang keempat roda dan rem. Cakram Rem spek aspal berukuran 355mm, lebih besar dari spek gravel yang berukuran 300mm, dan kalipernya menggunakan air sebagai pendinginnya. Setelah semuanya siap, kami mengecek pengaturan geometri, camber dan tinggi mobilnya, karena mobil spek aspal lebih rendah 60mm. Dan karena semua komponen sudah disetel di markas M-Sport di Cumbria, Inggris kami hanya mengeceknya saja, dan kami juga memastikan agar mobil tidak terlalu ringan, yang berarti kami bisa didiskualifikasi.

Jika semuanya berjalan lancar kami dapat selesai dalam waktu 65 menit, berarti jam tidur kami lebih banyak...

No comments:

Post a Comment