Saturday 28 May 2016

#Preview World Rallycross of Great Britain May 27-29 2016



FIA World Rallycross Championship akan mengakhiri bulan Mei yang sibuk di sirkuit Lydden Hill, Inggris, tempat dimana RX Britania Raya akan digelar di akhir minggu ini.

The Home of Rallycross



Lokasi
Lydden Hill Race Circuit, Kent, Inggris
Panjang
1.17 km
Aspal/Gravel
60%/40%
Fastest Lap
41.900 Detik
Mattias Ekstrom (Swedia)
EKS RX – Audi S1 EKS RX Quattro (2015)

Sirkuit yang terletak di Kent (Di wilayah yang sama terletak sirkuit Brands Hatch) tersebut mempunyai julukan "The Home of Rallycross" karena disinilah balapan rallycross lahir. Kamu bisa mengetahui lebih banyak soal salah satu cabang motorsport dengan pertumbuhan paling pesat tersebut DISINI.


Lydden Hill sendiri merupakan salah satu trek tercepat di kalender musim ini. Sebuah mobil kelas Supercar dapat melahap setiap tikungan setidaknya di kecepatan 100 km/jam, dengan gigi minimal 3.

Hanya saja gaya mengemudi yang presisi juga dibutuhkan agar tidak memasuki tikungan terlalu lambat (yang menyebabkan beberapa waktu hilang) dan juga tidak terlalu cepat (yang dapat berakhir di tembok pembatas/gravel trap).

Will Ekstrom run away?


Mattias Ekstrom, beserta tim EKS RX mulai dijagokan untuk merebut gelar juara di musim ini, dan ini bukkan sekedar bualan. 2 kemenangan dari 3 seri yang diraih oleh Ekstrom, plus performa bagus yang ditunjukkan oleh rekan setimnya, Toomas 'Topi' Heikkinen membuat para pesaingnya mulai kesulitan untuk tidur.

Salah satunya adalah Petter Solberg. Meskipun dia memenangi seri pertama di Portugal, dan lolos ke Final di 2 seri selanjutnya, mulai memikirkan bahwa gelar juara yang telah digenggamnya selama 2 tahun terakhir mulai terancam lepas. What should he does next?

Selain EKS, tim lain yang (untuk saat ini) tampil memuaskan adalah Volkswagen RX Sweden, dimana mereka akan datang ke Lydden Hill sebagai runner-up sementara bersama Johan Kristoffersson & Anton Marklund.


Dan khusus di akhir minggu ini mereka berdua akan tampil bersama Tanner Foust. Presenter Top Gear USA dan juara 2x Global Rallycross (GRC) tersebut memang selalu menyempatkan diri untuk tampil di World RX/Euro RX, meskipun inilah penampilan pertamanya bersama VW RX Sweden.


Foust juga akan kembali bereuni dengan sesama legenda GRC, Ken Block. Namun Foust bukanlah satu-satunya hal yang mengkhawatirkannya.

Itu karena 2 minggu lalu, di Belgia Ford Focus RS RX yang dikemudikannya & Andreas Bakkerud sempat mengalami insiden yang lumayan memalukan: kedua mobil sama-sama mengalami masalah elektris setelah tikungan pertama di Q1.

Mobil tersebut memang cepat, tapi mepetnya waktu pengembangan, yang membuat kurangnya waktu tes membuat masih banyak yang harus diperbaiki oleh Ford, Hoonigan Racing Division dan M-Sport.


Kekhawatiran juga masih berada di dalam pikiran semua personel tim Peugeot Hansen, khususnya Timmy Hansen, dimana sejauh ini dia hanya mampu masuk ke Semifinal di 2 dari 3 balapan terakhir. Jika dia tidak meraih hasil yang bagus di Lydden Hill, kansnya untuk menjadi juara mulai pudar.

Sebagai pembalap tuan rumah, Liam Doran akan bertarung demi kebanggaan Inggris dan Britania Raya, dan kali ini dia tidaklah sendiri.


Ini adalah mobil OMSE Fiesta ST yang siap digeber oleh runner-up Junior WRC 2005, dan komentator World RX Guy Wilks. Tahun lalu dia mampu memuaskan publik lokal dengan MINI Countryman RX, dimana dia mampu masuk ke babak Final sebelum kemudian kandas. Julian Godfrey juga akan memakai mobil yang sama...

...begitu juga dengan pembalap asal Republik Irlandia, Derek Tohill.


Setelah rehat selama lebih dari sebulan, mobil-mobil hot-hatches dengan penggerak roda depan ala kelas Super 1600 siap kembali beraksi.

Sebagai pembalap reguler dengan poin terbanyak di klasemen, Ulrik Linemann akan berjuang untuk mempertahakan keunggulan tersebut, dan membawa pulang kemenangan dan sejumlah poin penting.

Ya, hal tersebut memang tidak gampang mengingat kelas ini mempunyai level kompetisi yang sama ketatnya dengan kelas World RX.


Selain itu kelas RX Lites juga akan menggelar seri ketiga di Lydden Hill. 2 kemenangan berturut-turut yang diraih oleh Thomas Bryntesson membuatnya semakin ambisius untuk merebut kemenangan No.3 di musim ini.

No comments:

Post a Comment