Tuesday 14 June 2016

#FinalThought World Rallycross of Norway 2016: Grand Chelem & Nation's Pride in Hell



Andreas Bakkerud menjadi pembalap Norwegia pertama yang mampu meraih kemenangan di FIA World Rallycross Championship di depan pendukungnya sendiri, dan dia meraihnya dengan sempurna: Meraup total 200 poin di babak Kualifikasi, dan memenangi babak Semifinal & Final.

Tidak ada satupun pembalap yang mampu melakukannya. Pencapaian tersebut biasanya disebut "Grand Chelem".


Kemenangan ini juga merupakan yang pertama untuk Ford Focus RS RX. "Menang di kampung halaman sendiri merupakan pengalaman terbaik yang saya alami - saya baru saja membuat mimpiku menjadi nyata. Tim bekerja sangat keras untuk ini dan sekarang kami percaya diri dengan Focus, semua hasil kerja keras terbayarkan."


Pemenang Hell RX musim 2015 Timmy Hansen finish kedua, dan inilah podium ketiga berturut-turut untuk tim Peugeot-Hansen di musim ini, meskipun kemenangan masih terasa jauh. "Di babak final saya mampu berada tepat di belakang Andreas, dan kami mulai menemukan kembali performa kami. Saya finish ketiga di Lydden Hill [Inggris] dan kedua di Hell, jadi saya sangat menantikan balapan di kampung halaman sendiri."


Mimpi Mattias Ekstrom untuk meraih kemenangan keempat berturut-turut di musim ini harus pupus, dan dia hanya finish ketiga "Kami kesulitan di awal balapan ini, terutama soal pilihan ban karena harus restart di Q2."

Bagaimanapun, posisi Ekstrom di puncak klasemen masih aman karena Petter Solberg finish keempat. Mereka berdua sama-sama mengoleksi 20 poin, jadi Petter masih tertinggal 5 poin. Sebastien Loeb juga membawa pulang jumlah poin yang sama, dan finish kelima.


Selain Bakkerud, pembalap lainnya yang tampil impresif adalah Timur Timerzyanov. Dia finish kedua di babak kualifikasi dan memenangi babak semifinal. Dia punya kans untuk menang di Final, sebelum ban pecah mengakhiri impiannya untuk meraih kemenangan World RX pertamanya.

Faktanya, sejauh ini, balapan inilah berjalan sangat baik untuk RX Team Austria, dimana Janis Baumanis finish kedelapan. Hal sebaliknya dialami oleh Volkswagen RX Sweden, dimana Johan Kristoffersson hanya mampu finish di depan Baumanis, dan Anton Marklund ke-15.

Hasil buruk tersebut memaksa tim ini utuk menyerahkan tempat kedua di klasemen tim kepada Peugeot-Hansen.



Balapan ini juga berjalan buruk untuk Liam Doran, yang mengalami kecelakaan hebat di Q2. Dia baik-baik saja, tapi tidak dengan mobilnya, bahkan setelah menghabiskan waktu berjam-jam untuk perbaikan. Dia finish di luar 16 besar, dan kemudian dijatuhi hukuman pengurangan 15 poin karena pelanggaran teknis.

Sayangnya saya tidak tahu detilnya.


Bakkerud bukanlah satu-satunya pembalap yang meraih rekor sempurna di Hell. Kevin Hansen juga berhasil meraih Grand Chelem, yang berujung kepada kemenangan keduanya dalam 2 balapan pertama di Euro RX musim ini. Tord Linnerud finish kedua, dan mantan pembalap GP3 Tamas Pal-Kiss meraih podium pertamanya di rallycross dengan finiish ketiga.

Kemenangan tersebut membuat Kevin semakin menjauh dari Jerome Grosset-Janin di klasemen sementara dengan 12 poin. Grosset-Janin, yang finish kedua, kini hanya unggul 2 angka dari Tord Linnerud.

Sumber: Philip Gehrman @Facebook
Sementara itu Philip Gehrman akhirnya mampu meraih kemenangan pertamanya di kelas Touring Cars, dan pencapaiannya juga hampir sempurna. Per Magne Royras finish kedua, dan pemimpin klasemen Fredrik Magnussen finish ketiga, memperbesar keunggulannya dari Ben-Philip Gundersen di klasemen menjadi 2 poin.


Dan Thomas Bryntesson kembali menguasai RX Lites setelah malapetaka d Lydden Hill, dengan rivalnya Cyril Raymond kedua, dan Simon Olofsson melengkapi 3 besar. Hasil tersebut membuat Raymond kini hanya unggul 1 poin dari Bryntesson di klasemen.

Sampai jumpa di Magic Weekend di Holjes, Swedia 2 minggu kedepan!

HASIL WORLD RX OF NORWAY 2016

Kotak Putih = Masuk ke Final.
Kotak Kuning = Masuk ke Semifinal.
Kotak Merah = Tidak lolos dari Babak Kualifikasi.

Qx = Poin dan Posisi di setiap sesi di babak Kualfikasi (Q1, Q2, Q3, Q4). TIDAK DIHITUNG DI KLASEMEN.
QP = Total poin yang diraih di babak Kualifikasi. TIDAK DIHITUNG DI KLASEMEN.
IP = Poin yang diraih oleh pembalap Top 16 setelah babak Kualifikasi, dengan alokasi s.b: 16, 15, 14, 13, 12, 11, 10, dst.
SF = Poin yang dicetak di babak Semifinal. Masing-masing sesi mempunyai alokasi poin s.b: 6, 5, 4, 3, 2, 1.
F = Poin yang dicetak di babak Final, dengan  alokasi poin s.b: 8, 5, 4, 3, 2, 1.
TP = Total poin yang dicetak dalam sebuah balapan

KELAS WORLD RX SUPERCAR

 
KELAS EURO RX SUPERCAR


KELAS TOURING CARS


KELAS RX LITES


No comments:

Post a Comment