Friday 20 November 2015

#FlatOutNews Rally Edisi 18 (2016 WRC Silly Season Saga PART 2): Citroen pergi (Sementara)

Aku (Citroen) hanya pergi 'tuk sementara
Bukan 'tuk meninggalkanmu (WRC) selamanya
Ku (Citroen) pasti 'kan kembali pada dirimu (WRC)
Tapi kau jangan nakal (dengan Volkswagen)
Aku pasti kembali
(Pasto - Aku Pasti Kembali)

Setelah beberapa spekulasi, akhirnya PSA Peugeot Citroen Group mengeluarkan keputusan tentang masa depan Citroen di kancah motorsport:
Sumber: Citroen Racing @Facebook
Citroen akan mengundurkan diri dari World Rally Championship di akhir musim 2015.

Tapi jangan salah kaprah dulu. Citroen DS3 WRC beserta anak cucunya (RRC, R5, R3T MAX) di musim 2016, meskipun programnya akan dijalankan oleh tim privat...

...dan di saat yang bersamaan Citroen akan mengembangkan mobil yang kompatibel dengan regulasi World Rally Car generasi ketiga (Kamu bisa tahu lebih lanjut tentang hal ini DISINI), dan siap kembali sebagai tim pabrikan di musim 2017 dst.
Citroen C3 WRC. Sumber: Maxime Paris
Bisa jadi itu DS3 WRC, atau bisa jadi juga itu C3 WRC...

Meskipun belum diketahui secara pasti tim mana yang bersedia menjalankan program Citroen WRC musim depan, tapi bisa jadi tim asal Prancis PH-Sport yang akan mengemban tanggung jawab tersebut.
Sumber: rallyfeeling.hu
Kejadian ini mirip dengan yang terjadi di musim 2006. Waktu itu tim Kronos Racing asal Belgia menjalankan program Citroen dengan Xsara di WRC setelah Citroen (bersama Peugeot) mengundurkan diri dari WRC di akhir musim 2005. Citroen kemudian kembali secara resmi dengan mobil baru C4.

Hanya saja, kali ini Citroen juga memastikan mereka hanya berkompetisi secara part-time musim depan, minimal 6 reli saja.
Hasil karya PH-Sport. Sumber:rallye-sport.fr
Sebagai info, PH-Sport adalah tim yang membalap di kelas WRC-2 dengan DS3 R5. Musim ini pembalap muda asal Prancis, Stephane Lefebvre membalap dengan tim ini sebagai kado juara Junior WRC, dan musim depan Quentin Gilbert, yang menjuarai kelas tersebut tahun ini akan membalap untuk tim tersebut musim depan.

Keputusan tersebut membuat masa depan kedua pembalapnya, Kris Meeke dan Mads Ostberg menjadi tanda tanya.
Sumber: Red Bull Content Pool
Citroen telah memastikan Ostberg tidak akan bersama mereka musim depan, dan bisa jadi akan membalap secara penuh dengan M-Sport atau Adapta WRT, keduanya dengan Ford Fiesta RS WRC.
Sumber: Red Bull Content Pool
Di sisi lainnya, meski belum dikonfirmasi, bisa jadi Meeke akan tetap bersama Citroen di musim 2017 bersama Lefebvre, yang berarti dia akan tetap mengemudikan DS3 WRC di tahun 2016. Tapi ingat, ini masih spekulasi.
 I'm Sorry Goodbye, WTCC

Ikat pinggang PSA Peugeot Citroen Group juga berlaku untuk World Touring Car Championship.


Citroen memutuskan untuk mengurangi aktifitasnya di WTCC di musim 2016 dengan mengurangi jumlah mobil pabrikan dari 4 menjadi 2 mobil saja, dengan Yvan Muller dengan Jose Maria Lopez sebagai pembalapnya...

...sebelum kemudian mengundurkan diri secara permanen di akhir musim tersebut.
Ma Qing Hua. Sumber: sportauto.cn
Itu juga berarti legenda WRC Sebastien Loeb dan pembalap asal China Ma Qing Hua harus berpisah dari Citroen. Khusus untuk Loeb, kerjasamanya dengan Citroen harus berakhir setelah 17 tahun.
Loeb dengan Peugeot 2008 DKR16. Sumber:velocitatis.com
Tapi bukan berarti semuanya telah usai, karena Loeb sudah menandatangani kontrak dengan Peugeot untuk membalap di dakar awal tahun depan, dan bisa saja dia akan membalap di beberapa ajang lainnya seperti rallycross.

No comments:

Post a Comment