Friday 13 November 2015

#FirstLove: Subaru Impreza WRX STi Colin McRae's 1995 Title Tribute

Minggu, 22 November 1995 di Chester, Inggris...



Subaru Impreza 555 besutan Alm. Colin McRae dan navigator Derek Ringer melintasi SS terakhir di RAC Rally (Sekarang Wales Rally GB) dan menjadi juara dunia World Rally Championship musim 1995.

McRae menjadi pembalap asal Britania Raya pertama sekaligus pembalap termuda yang sukses meraih gelar tersebut, dan kedua rekor tersebut masih bertahan hingga kini.


Kini, 20 tahun kemudian, dan juga 8 tahun setelah kematiannya yang tragis, warna biru khas Subaru lengkap dengan logo sponsor 555 yang ikonik (meskipun harus disensor karena aturan iklan Uni Eropa dan Britania Raya) akan kembali beraksi di jalanan lumpur khas Wales.

Ladies and Gentleman, Please Welcome...Subaru Impreza WRX STi NR4...!


Mobil yang sebelunya sudah terjun di kejuaraan Rally America tersebut disiapkan oleh JRM Racing, yang dikenal dengan partisipasinya di World Rallycross Championship bersama MINI. Tidak seperti saudara tuanya yang berspesifikasi Group N/R4, Impreza NR4 memakai model sedan.


Mobil ini ditenagai oleh mesin 2 liter flat four + turbo, yang sanggup memuntahkan tenaga sebesar 280 tenaga kuda beserta girboks manual 5-kecepatan plus dog gear buatan Hewland. Selain itu JRM, yang bekerjasama dengan tim Subaru Technica International (STi) asal Jepang juga melakukan improvisasi pada bodywork dan suspensi.


Tim Subaru of America, yang berperan sebagai tim yang berpatisipasi di Wales Rally GB nanti memutuskan untuk memilih pembalap asal Isle of Mann, juara Rally America 7 kali David Higgins sebagai jokinya.

Higgins, yang juga mencatatkan 16 penampilan di WRC tersebut sudah mengetes mobil tersebut di Wales. Ini dia foto-fotonya:


"Colin adalah seorang pria yang membuat pembalap seperti saya percaya bahwa kita bisa membangun karir yang hebat di dunia balap reli, dan bersama Richard (Burns, juara dunia WRC 2001) yang datang tak lama setelah Colin, kami beutang banyak kepada mereka." Kata Higgins.



Subaru Impreza WRX STi NR4 No. 75 tersebut menjadi mobil pertama yang akan dilepas dalam acara ceremonial start.

No comments:

Post a Comment