Monday 29 June 2015

#RWSpecial: Gamezone Part 1 (Asal-Usul Game Rally)

Setelah edisi terakhir muncul 2 bulan yang lalu, kini #FlatOutNews kembali hadir, dan kali ini mempunyai tema yang SPESIAL. Ya, Spesial. Kali ini hal yang akan dikupas habis-habis-habis-habisan adalah satu: GAME, atau VIDEO GAME, atau PERMAINAN VIDEO.

Tentu tidak semudah membeli semua perlengkapan ini.
Jika kita melihat sejarahnya, secara hitungan tanggal video game reli pertama adalah Lombard RAC Rally, yang dirilis tahun 1988 dengan nama reli yang sekarang bertajuk Wales Rally GB di Britania Raya. Ini dia salah satu gambarnya:

Ga perlu video untuk deskripsikan ini.
Tapi, meskipun ada lagi beberapa game reli yang dirilis sesudahnya, baru di tahun 1995 game legendaris muncul:



YA. Sega Rally Series. 

Sejak seri pertamanya diluncurkan tahun 1995 (Sudah jelas pembuatnya siapa), permainan ini begitu merasuki semua kalangan, bahkan kalau kamu ke tempat permainan seperti Timezone, Amazon, dll, kamu bisa mendapati permainan ini dimainkan sama bocah-bocah kecil yang menghabiskan jatah bulanannya (Jelas, Timezone dan Amazon sudah tidak menyediakannya lagi).

Sejak itu, berbagai jenis permainan reli muncul, diantaranya yang paling populer adalah:



Tentu saja, Colin McRae Rally Series, atau CMR, atau sekarang Dirt Series. Sejak 1998, Codemasters dengan Alm. Colin McRae telah merubah pola pikir publik soal game reli yang membosankan dengan senjata ala CMR berupa grafis dan gameplay yang mendekati kenyataan. Sejak McRae tewas dalam kecelakaan helikopter tahun 2007 silam, nama game-nya berubah jadi DiRT, dan dunia tidak lagi sama, setidaknya sampai DiRT Rally muncul.

Eh, soal gameplay? Yakin? Coba lihat yang satu ini:



Ya.....Richard Burns Rally. Rivalitas antara McRae dan Alm. Richard Burns begitu kuat, sampai ke akar-akarnya. Berbeda dengan CMR, RBR hanya dirilis sekali saja, yakni di tahun 2004 ketika Burns sendiri masih sakit.

Jika CMR menawarkan grafis yang spektakuler dan gameplay (mirip) aslinya, maka RBR menawarkan gameplay berbentuk simulasi. Jadi, kamu harus jatuh-bangun, bahkan bisa stress berat karena susah kontrol mobilnya, dan saya sendiri saksinya!

Sayangnya, Burnsie meninggal dunia setahun kemudian dan di saat bersamaan publisher-nya Warthog Games bangkrut jadi tidak ada update maupun sekuelnya. Tapi tenang saja, karena ada suatu komunitas yang bernama RSRBR (bisa diklik DISINI) dan beberapa komunitas lainnya yang selalu membuat add-on atau mod yang membuat game ini sangat up-to-date, sesuatu yang tidak ada di CMR. Ini juga membuat kita bisa berkompetisi satu dengan yang lainnya.

Saya termasuk di dalamnya. Mau join?



Lantas WRC tidak tinggal diam, dan mereka pun meluncurkan game resmi WRC pertamadi tahun 2001 oleh Evolution Studios, dan berlanjut dengan merilis 4 sekuel sampai tahun 2005 dimana Traveller's Tales mengambil alih lisensi WRC dari Evolutions. Buruknya gameplay di sekuel terakhir membuat game WRC menghilang sampai tahun 2010 ketika game developer asal Italia, Milestones membeli lisensinya. Mereka membuat seri WRC1 sampai WRC4 tahun 2013 silam sebelum Kylotonn Games membeli lisensi WRC, dan game baru WRC5 segera diluncurkan akhit rahun ini.

Selain itu masih ada lagi beberapa game yang tidak boleh dilupakan, seperti V-Rally Series,  yang sempat mengenyam status sebagai "game resmi" WRC di akhir 90-an, dan beberapa permainan terkenal seperti Gran Turismo dan Forza Motorsport juga menyediakan rally mode.

NEXT: Gamezone Part 2 (3-Way Battle)

No comments:

Post a Comment