Saturday 13 June 2015

#Day1 WRC Rally Italia Sardegna 2015: KEJUTAAANNNN....

Halo..!

Hari pertama di Rally Italia di kepulauan Sardinia baru saja berakhir dengan penuh kejutan. Ya, dan saya tidak berdusta.


Kejutan sudah dimulai di Super SS di Cagiliari dimana Martin Prokop menjadi yang tercepat, memberikan kemenangan SS pertama untuk mobil baru Ford Fiesta RS Evo2. Setelah itu lebih mengejutkan lagi, dengan Hayden Paddon mencetak hattrick tercepat di SS2-SS4, dan mengakhiri hari pertama dengan unggul 8.8 detik dari Sebastien Ogier, dan 25.8 detik dari Jari-Matti Latvala! Sepertinya paket baru di Hyundai i20-nya mulai klop dengan The Kiwi-julukannya.

Sementara Paddon, dengan tim Hyundai B memimpin, duo tim Hyundai A Thierry Neuville dan Dani Sordo kesulitan menghadapi jalanan di Sardinia, yang sempit dan batu-batuan yang siap menerkam siapa saja yang tidak nice dengannya. Sordo bahkan harus jadi korban setelah suspensinya rusak di SS terakhir (SS10) dan akan re-start besok, dan mobilnya Neuville mengalami kerusakan di pipa turbo, dan harus turun ke posisi 6. 3 Hyundai di 5 besar pun lenyap.


Dan yang berhak mengambil posisi 4 adalah Ott Tanak, yang berhasil memenangi SS7 meskipun sempat tidak percaya diri (Confidence Syndrome) di pagi hari dimana jalanannya licin akibat hujan. Mads Ostberg melengkapi 5 besar meskipun dia juga mengalami syndrome yang sama dengan Tanak. Neuville keeman, dan Prokop di posisi 7. Kejutan lainnya adalah Lorenzo Bertelli sejauh ini tampil konsisten di kampung halamannya, dan berhak stay di posisi 8, dan Elfyn Evans juga terjangkit Confidence Syndrome dan harus puas di posisi 10.


Di kategori WRC-2 juga penuh kejutan. Pembalap lokal Paolo Andreucci baru saja mendapatkan kado ulang tahunnya yang ke-50 dengan memimpin hari pertama dan posisi 9 overall. Dia unggul 1 menit 16 detik dari Armin Kremer, yang juga tampil hebat dengan Skoda Fabia R5-nya yang "dibumbui" ban Pirelli, dimana pembalap Skoda yang lain memakai Michelin. Yazeed Al Rajhi melengkapi 3 besar.

Apakah kejutannya selesai? TIDAK JUGA. Seperti yang saya sudah tulis sebelumnya, jalanan di Sardinia tidak memberikan ampun bagi pembalap yang tidak berhati-hati. Selain Sordo, Sepertinya Kris Meeke dkk. tidak membacanya. Buktinya mobilnya terguling di SS2, Robert Kubica menghantam tembok di SS3, dan suspensi mobilnya Andreas Mikkelsen rusak setelah menghantam lubang di SS selanjutnya. Dan Sardinia juga tidak pilih kasih. Duo unggulan yaitu Esapeka Lappi dan Nasser Al-Attiyah(!) harus kandas.

Oke, cukup sudah. Saya akan fokus di Ujian Akhir Semesterku sebelum menikmati hari marathon dimana pembalap akan bersiap menaklukkan 10 SS dengan jarak total lebih dari 200 km. Ciao..!

2015 Rally Italia Sardegna: Overall standings after Stage 10 (Top 10):
1. Hayden Paddon Hyundai Motorsport N i20 WRC 1h 35m 08.5s M
2. Sebastien Ogier Volkswagen Motorsport Polo R WRC +0m 08.8s M
3. Jari-Matti Latvala Volkswagen Motorsport Polo R WRC +0m 25.8s M
4. Ott Tanak M-Sport WRT Ford Fiesta RS WRC +0m 57.1s M
5. Mads Ostberg Citroen Total Abu Dhabi WRT DS 3 WRC +1m 50.4s M
6. Thierry Neuville Hyundai Motorsport i20 WRC +1m 51.7s M
7. Martin Prokop Jipocar Czech National Team Ford Fiesta RS WRC +2m 10.3s M
8. Lorenzo Bertelli Ford Fiesta RS WRC +4m 07.7s M
9. Paolo Andreucci Peugeot 208 T16 +4m 07.8 WRC2
10. Elfyn Evans M-Sport WRT Ford Fiesta RS WRC +4m 17.9s M
 


Other(s):

11. Armin Kremer Skoda Fabia R5 +5m 34.1s WRC2
12. Yazeed Al-Rajhi Ford Fiesta RRC +5m 41.2s WRC2
13. Yuriy Protasov Ford Fiesta RRC +6m 13.4s WRC2
14. Jan Kopecky Skoda Fabia R5 +7m 06.7s WRC2
15. Abdulaziz Al-Kuwari Ford Fiesta RRC +8m 31.1s WRC2
16. Khalid Al Qassimi Citroen Total Abu Dhabi WRT DS 3 WRC +8m 41.7s M

WRC2 standings after Stage 10 (Top 3):
1. Paolo Andreucci Peugeot 208 T16 1h 39m 06.3 WRC2
2. Armin Kremer Skoda Fabia R5 +1m 26.3s WRC2
4. Yazeed Al-Rajhi Ford Fiesta RRC +1m 33.4s WRC2


Notable retirements:

SS2. Kris Meeke Citroen Total Abu Dhabi WRT DS 3 WRC Suspension M
SS3. Robert Kubica Ford Fiesta RS WRC Accident
SS4/SS5. Andreas Mikkelsen Volkswagen Motorsport II Polo R WRC Suspension M
SS10. Dani Sordo Hyundai Motorsport i20 WRC Lost in a wheel in final test – retired on road section afterwards M


M denotes Manufacturer entry


all times unofficial 

No comments:

Post a Comment