Monday 30 May 2016

#FinalThought World Rallycross of Great Britain 2016: Eat, Sleep, WIN, Repeat


And more, and more, and more...


Mattias Ekstrom sukses mencetak hattrick kemenangan di FIA World Rallycross Championship dengan finish pertama di babak Final RX Britania Raya di sirkuit Lydden Hill, Inggris.

Ekstrom merupakan pembalap kedua yang mampu melakukan hal tersebut sejak World RX digelar tahun 2014 silam. Yang pertama? Petter Solberg di tahun yang sama.


"Saya pikir rahasia kemenangan ini adalah kekalahan di tahun lalu (Dimana dia dikalahkan oleh Solberg di lap terakhir di Final). Tapi sekarang saya yang berada di puncak podium, bukan Petter. Saya pikir inilah akhir minggu tersulit di karir saya - saya tidak bisa mengerti kenapa Petter begitu cepat, dan itu membuat saya frustrasi." Kata Ekstrom.


Solberg sendiri harus puas di posisi kedua setelah bermain terlalu agresif di babak Final. Tapi setidaknya dia memenangi babak Kualifikasi, jadi selisih poinnya dengan Ekstrom di klasemen masih dekat.


Selain itu, upgrade di Citroen DS3-nya bekerja dengan baik. "Ini adalah akhir minggu yang baik. Kami bekerja sangat keras di Final, tapi kami mempunyai strategi ban yang berbeda, dan itu tidak bekerja dengan baik. Kemenangan tersebut sangat dekat dengan genggaman kami."


Dan Timmy Hansen akhirnya bisa masuk ke Final. Bukan hanya itu, dia juga mampu finish ketiga, podium pertamanya di musim ini. "Catatan waktu kami bagus, tapi masih kalah dari Petter dan Matias, jadi kami tidak boleh melakukan kesalahan. Saya punya beberapa kesempatan untuk menyusul Petter di Final, tapi kecepatan yang kami miliki tidaklah cukup."


Selain itu, satu hal yang membuat Timmy senang adalah sang adik, Kevin finish keempat. Ini adalah kesempatan kedua mereka berada di Final, dan kejadian di Argentina tahun lalu tidak terulang. Timur Timerzyanov juga sukses lolos ke Final, dimana ini juga yang pertama untuk tim World RX Team Austria. Dia finish kelima, di depan Andreas Bakkerud, yang mengalami masalah di start.

Setidaknya posisi kedua di babak Kualifikasi merupakan motivasi untuknya dan Hoonigan Racing Division setelah tampil melempem di Belgia 2 minggu sebelumnya.

Sementara itu rekan setim Ekstrom, Topi Heikkinen finish ketujuh. Cukup untuk mempertahankan tim EKS di puncak klasemen sementara. Johan Kristofferson mengalami pecah ban di babak Semifinal, membuat tim Volkswagen RX Sweden harus menyerahkan tempat kedua di klasemen ke tim Peugeot-Hansen.


Memang, ini bukan akhir minggu yang baik untuk tim tersebut. Anton Marklund hanya mampu finis ke-11, dan pembalap wildcard Tanner Foust harus pulang lebih awal setelah masalah elektris di VW Polo-nya tidak bisa diperbaiki.


Selain itu para pembalap Britania Raya juga sebaiknya melupakan akhir minggu ini. Liam Doran tidak mampu menunjukkan penampilan terbaiknya setelah mengalami pecah ban di Q1, dan sisanya dia masih kesulitan dengan MINI Countryman-nya, yang kini memakai mesin 2.0L. Alhasil dia gagal meraih poin untuk kedua kali berturut-turut di musim ini.

Nasib yang sama juga dialami oleh Guy Wilks dan Julian Godfrey. Godfrey bahkan sempat mengalami kecelakaan hebat di Q1.


Sementara itu di kelas Super 1600 Krisztian Szabo meraih kemenangan setelah menjalani akhir minggu yang gila, dimana begitu banyak aksi yang dilakukan oleh beberapa pembalap yang berlaku amatir, yang membuat penonton di sirkuit Lydden Hill terhibur. Artis Baumanis (Adiknya Janis, dan juga penggantinya di tim Set Promotion) finish kedua, dan Josef Susta finish ketiga.


Kemenangan ini membuat Szabo sukses mengkudeta Mario Barbosa (yang finish ke-10) di puncak klasemen. Sementara itu Ulrik Linnemann (finish ke-7) tetap bertahan di posisi kedua.


Dan Cyril Raymond sukses meraih kemenangan pertamanya di kelas RX Lites, dan juga naik ke puncak klasemen, menggusur Thomas Bryntesson, yang finish kedua. Simon Olofsson finish ketiga.

Sampai jumpa di RX Norwegia di Hell (Ya, Hell, nama kota) 2 minggu mendatang!

HASIL WORLD RX OF GREAT BITAIN 2016

Kotak Putih = Masuk ke Final.
Kotak Kuning = Masuk ke Semifinal.
Kotak Merah = Tidak lolos dari Babak Kualifikasi.

Qx = Poin dan Posisi di setiap sesi di babak Kualfikasi (Q1, Q2, Q3, Q4). TIDAK DIHITUNG DI KLASEMEN.
QP = Total poin yang diraih di babak Kualifikasi. TIDAK DIHITUNG DI KLASEMEN.
IP = Poin yang diraih oleh pembalap Top 16 setelah babak Kualifikasi, dengan alokasi s.b: 16, 15, 14, 13, 12, 11, 10, dst.
SF = Poin yang dicetak di babak Semifinal. Masing-masing sesi mempunyai alokasi poin s.b: 6, 5, 4, 3, 2, 1.
F = Poin yang dicetak di babak Final, dengan  alokasi poin s.b: 8, 5, 4, 3, 2, 1.
TP = Total poin yang dicetak dalam sebuah balapan

KELAS WORLD RX SUPERCAR


KELAS SUPER 1600


KELAS RX LITES


No comments:

Post a Comment