Friday 13 May 2016

#Preview World Rallycross of Belgium May 13-15 2016


Well, tidak ada waktu untuk bersantai-santai. Setelah Hockenheim RX yang menegangkan, kini semua pembalap, kru tim dan kru FIA World Rallycross Championship harus bersiap-siap untuk seri selanjutnya di Sirkuit Mettet Belgia.

Oh, dan juga semua pembalap yang berkompetisi di FIA European Rallycross Championship.

The Damper's Nightmare



Lokasi
Circuit Jules Tacheny de Mettet, Belgia
Panjang Total
1.149 km
Aspal/Gravel
61%/39%
Fastest Lap
38.588 detik
Timmy Hansen (Swedia)
Peugeot Hansen – Peugeot 208 WRX (2014)

Sirkuit Mettet, yang terletak sekitar 98 km dari Brussel, dibangun dan diresmikan pada tahun 2010, meskipun sebenarnya sebuah sirkuit jalan raya, yang terletak dekat dengan sirkuit tersebut sudah ada sejak 1920-an.

Sirkuit rallycross-nya sendiri mempunyai karakter yang cepat dan zig-zag, bukan hanya karena banyaknya tikungan zig-zag/esses, tapi juga karakter trek yang berbeda hampir di setiap tikungan.

Selain itu ada juga 1 hal yang patut para pembalap waspadai: Tikungan 6. Tikungan tersebut berupa fast chicane dengan gravel di akhir tikungan tersebut. Yang menjadi masalah adalah kerb yang tinggi di sisi kanan tikungan tersebut. Jika pembalap tidak berhati-hari melibas kerb tersebut, bisa dipastikan suspensinya akan rusak.

Tidak percaya? Lihatlah video di bawah ini:



Solberg VS The EKS's



Petter Solberg datang ke Belgia dengan status sebagai pemimpin klasemen, hanya saja dominasi duo EKS RX, Mattias Ekstrom & Toomas 'Topi' Heikkinen di Hockenheim membuat Petter tidak menikmati status tersebut, terutama setelah dia mengalami masalah teknis di Hockenheim.

Johan Kristoffersson & Robin Larsson bisa dibilang merupakan kuda hitam di musim ini. Larsson finish ketiga di Portugal, dan keenam di Hockenheim, meskipun Audi A1-nya sempat terguling di Final.


Duo Hoonigan Racing Division, yakni Ken Block & Andreas Bakkerud datang ke Mettet dengan modal podium d Hockenheim, dan sejumlah harapan. Ford Focus RS RX mampu tampil impresif di 2 seri pertama di musim ini, meskipun karakter treknya tidak mendukung mobil tersebut. Sekarang, dengan karakteristik sirkuit yang dianggap cocok dengan Focus RS membuat mereka berpeluang untuk mengejar EKS RX dan Volkswagen RX Sweden.


Sementara itu tim Peugeot Hansen masih memikirkan cara untuk mengembalikan performa mereka. Sejauh ini Sebastien Loeb & Timmy Hansen mengalami awal musim yang tidak terlalu memuaskan.


Btw, seperti di 2 edisi Mettet RX sebelumnya, mantan pembalap WRC Francois Duval akan kembali meramaikan persaingan, kali ini dengan Fiesta ST hasil kreasi OlsbergsMSE.

Belgia juga merupakan tempat dimana Euro RX kelas Supercar & Touring Cars musim 2016 akan dimulai. Kamu bisa membaca panduan lengkapnya DISINI.


Sementara itu di kelas RX Lites, Thomas Bryntesson akan mencoba untuk mempertahankan keunggulannya di klasemen sementara, dengan syarat dia harus mengalahkan Cyril Raymond terlebih dahulu.

Oh, dan juga tetap waspada dengan Joachim Hvaal.


No comments:

Post a Comment