Friday 2 October 2015

#preview FIA World Rallycross RX of Turkey 2-4 Oktober 2015


Setelah Sirkuit Hockenheim di Jerman dan Catalunya di Barcelona, kini para pembalap dan kru tim FIA World Ralycross Championship akan beraksi di sirkuit lainnya yang (pernah) menggelar balap Formula 1: Intercity Istanbul Park, Turki.

 The Challenge




Sirkuit Istanbul Park sempat menyelenggarakan balap F1 di tahun 2005-2011, dan MotoGP di tahun 2005-2007. Sirkuit ini kemudian menyelenggarakan balapan World RX di musim lalu.

Sirkuit ini menyajikan 2 karakter yang saling bertolak belakang: Trek aspal di tikungan 1-6 berkarakter cepat dan treknya yang luas membuat pembalap bisa totally flat-out. Sebaliknya di 7 tikungan tersisa pembalap harus hati-hati karena minimnya run-of area, mirip dengan karakter yang disjikan sirkuit Estering di Jerman.



Attention Please..!


And the fight will be continue.
Dengan 3 seri tersisa, Petter Solberg masih memimpin dengan keunggulan 30 poin dari Timmy Hansen. Sebenarnya Solberg punya kesempatan (baca matchball) untuk mengunci gelar juara dunia keduanya di akhir minggu ini, dengan syarat dia harus mengumpulkan 30 poin dan Hansen tidak pulang dengan 0 poin.


Tapi itu tidak akan terjadi di akhir minggu ini. Trust me.

Total ada 3 pembalap tamu yang akan ikut serta di Turkey RX. Pertama, pemimpin klasemen Super 1600 Janis Baumanis, yang akan membalap dengan Peugeot 208 garapan tim Hansen. Kedua, Alexander Hvaal, mantan rekan setim Solberg musim lalu. Dia akan bertarung dengan Citroen DS3 yang disiapkan oleh JC Race Teknik. Dan yang ketiga adalah pembalap Finlandia, Kristian Sohlberg, yang akan mewakili tim Albatec Racing dengan Peugeot 208.


Hanya ada 2 kelas yang akan membalap di Istanbul akhir minggu ini, dengan kelas RX Lites sebagai supporting race. 

Kevin Hansen masih berada di puncak klasemen, tapi dia hanya unggul 9 poin dari Kevin Eriksson. Mereka juga harus waspadai Thomas Bryntesson, yang tampil (sangat) impresif di tahun pertamanya di dunia rallycross, dengan menyabet 3 kemenangan dari 5 balapan yang telah digelar. Dia hanya terpaut 6 poin dari Eriksson.

1 comment: