Monday 13 October 2014

#FirstLove: Volkswagen Golf (bukan Polo) by Prodrive

Selamat siang...!

Mungkin kita semua tahu atau pernah dengar tentang Prodrive. Ya, Prodrive, yang sukses selama 18 tahun bersama Subaru, meraih banyak titel pembalap dan konstruktor , dan beberapa tahun lalu juga menerjunkan MINI Countryman ke WRC (lumayan kompetitif, tapi sayangnya BMW yang memegang saham MINI menarik diri dari WRC).


Di sisi lain kita juga tahu tentang Volkswagen, pabrikan yang baru datang ke WRC musim lalu dengan Polo R, tapi langsung menjadi raja dengan memborong semua gelar yang bisa didapat sejak 2013 sampai sekarang.


Tapi saya tidak akan membahas tentang Subaru, bukan juga tentang MINI, apalagi Polo R. Yang saya akan bahas kali ini adalah Prodrive baru saja mengetes VW Golf versi reli..! Ingat, GOLF, bukan POLO.

Kita flashback dulu ke taun 1990-an. VW pertama kali masuk ke WRC dengan Golf Kit Car (nanti akan dibahas) tapi tidak sesukses "saudara-saudara"nya, Skoda dan SEAT (mereka berdua dinaungi oleh VW).


Nah, Prodrive sudah men-develop Golf selama 6 bulan, dan akhir-akhir ini mereka mengetesnya di MIRA (tempat mobil-mobil melakukan serangkai tes kualitas, keamanan dan kenyaman, dan....ah sudahlah) dan Selasa lalu mereka membawanya ke Wales untuk pengetesan lebih lanjut. Pembalap WRC taun 80-an Terry Kaby ditugaskan untuk mengetesnya.


Di saat (hampir) semua mobil reli adalah mobil versi 2 pintu, mobil Golf ini memakai versi 4 pintu. Jujur saja saya kebingungan, karena mobil ini menggunakan mesin 2L (apakah memakai turbo atau tidak, entahlah. Info teknisnya masih sedikit) tapi diperlengkapi dengan perlengkapan aerodinamis khas World Rally Car. Nah lo?
 Untungnya, Prodrive langsung menyatakan kalau mobil ini tidak akan dipakai di WRC, tapi mungkin di kompetisi-kompetisi lain seperti WRC-2 atau di kejuaraan-kejuaraan regional.


Direktur Manajemen Prodrive, John Gaw mengatakan bahwa mereka sangat bersemangat dengan proyek ini. "Tentu saja, ini bukan mobil spek WRC karena mesinnya, tapi sisanya dibuat berdasarkan itu. Transmisi dan suspensi sesuai dengan regulasi FIA. Bagaimanapun, ini kelihatan seperti mobil yag ada di WRC."

Trus, gimana tanggapannya VW soal ini? Mereka sendiri tahu bahwa Prodrive menggunakan mobil mereka, tapi mereka sama sekali tidak mengurusi mobil ini, komplet 100% dari markas Prodrive di Banbury.


Gaw juga menambahkan "Sangat menyenangkan bisa membuat dan mengetes mobil ini dalam waktu yang sangat singkat. Tim Prodrive baru saja melakukan hal yang luar biasa.". Dia juga mengatakan bahwa mobil ini bisa turun di ajang rallycross, dengan sedikit modifikasi. Tenang saja, Prodrive juga berpengalaman di rallycross kok.

OK, kapan gilirannya Beetle??

No comments:

Post a Comment