Saturday 25 October 2014

#day1 WRC RallyRACC Rally de Espana: Don't mess with Volkswagen.

Selamat pagi....!

Yang pertama, saya dan Fandi Dwi Kunto sebagai redaktur blog ini mengucapkan Selamat Tahun Baru 1436H bagi umat Muslim di seluruh Indonesia, yang non-Muslim selamat berlibur, selamat berakhir pekan (walaupun yang kerja ini gak ngefek).

OK, kita langsung saja...


Meskipun sempat turun sampai di luar 5 besar, duo Volkswagen Sebastien Ogier/Jarri-Matti Latvala barada di leaderboard dengan keunggulan 36 detik bagi Ogier, dan jika ini bertahan sampai besok, dia akan merengkuh gelar keduanya. Sementara Latvala harus waspada terhadap Mads Ostberg yang konsisten sepanjang hari dan hanya berjarak 0.6 detik saja. Sementara rekan setimnya, Kris Meeke mengalami pecah ban di SS3, dan si SS selanjutnya bannya pecah lagi. Meeke terpaksa restart hari ini. Pembalap Citroen yang lain, Khalid Al Qassimi berada di posisi 13.

Di posisi 4 ada pembalap tim B VW, Andreas Mikkelsen, yang menang di SS1 menempel dengan hanya 0.1 detik saja (jadi Ostberg, anda harus waspada). Sementara duo M-Sport, Mikko Hirvonen dan Robert Kubica di posisi 5 dan 6, meskipun sempat mengalami masalah di SS7. Evans? Dia mengalami kecelakaan di SS6 dan mengalami kerusakan di radiator. Evans pun juga mengikuti regulasi Rally-2 dimana dia akan restart hari ini.


Sementara itu local hero, Dani Sordo sempat kesulitan di pagi hari dengan grip di lintasan gravel, tapi setelah penggantian set-up di siang hari, dia pun naik ke posisi 7. Sementara rekan setimnya, Thierry Neuville harus kecewa karena setelah dia sempat memimpin setelah SS3, dia melakukan kesalahan di SS7 membuatnya kehilangan 2 menit, dan terlempar ke posisi 9. Pembalap Hyundai yang lainnya, Hayden Paddon juga kesulitan dengan grip dan berada di posisi 14. 3 Pembalap M-Sport lainnya, Martin Prokop, si nyentrik, Ken Block, dan Yuriy Protasov berada di posisi 8, 11, dan 12.


Kita ke kategori WRC-2.
Si penembak jitu, Nasser Al-Attiyah (dia juga peraih medali di Olimpiade) memimpin dengan Fiesta RRC dan posisi 10 overall, unggul 2 menit dari Julien Maurin yang menggunakan Fiesta R5. Jika Al-Attiyah menang di sini berarti dia jadi favorit juara di WRC-2, terutama setelah berbagai rivalnya, termasuk Karl Kruuda mengalami kecelakaan dan harus puas berada di posisi 46 overall.

OK, itu sudah review hari pertama Reli Catalunya-Spanyol, dan hari ini kita akan melihat mobil-mobil reli dalam spek aspal.


 

RallyRACC-Rally de Espana: Overall standings after Stage 7 (Top 10):

1. Sebastien Ogier Volkswagen Motorsport Polo R WRC 1hr 29m 04.0s M
2. Jari-Matti Latvala Volkswagen Motorsport Polo R WRC +00m 36.6s M
3. Mads Ostberg Citroen Total Abu Dhabi WRT DS3 WRC +00m 37.2s M
4. Andreas Mikkelsen Volkswagen Motorsport II Polo R WRC +00m 37.3s M
5. Mikko Hirvonen M-Sport WRT Ford Fiesta RS WRC +00m 41.4s M
6. Robert Kubica RK M-Sport WRT Ford Fiesta RS WRC +00m 57.0s M
7. Dani Sordo Hyundai Motorsport i20 WRC +01m 24.9s M
8. Martin Prokop Jipocar Czech National Team Ford Fiesta RS WRC +02m 28.2s M
9. Thierry Neuville Hyundai Motorsport i20 WRC +02m 29.5s M
10. Nasser Al-Attiyah Ford Fiesta RRC +04m 50.4s WRC2

Other(s)

11. Ken Block M-Sport WRT Ford Fiesta RS WRC +04m 58.6s
12. Yuriy Protasov M-Sport WRT Ford Fiesta RS WRC +05m 41.9s
13. Khalid Al Qassimi Citroen Total Abu Dhabi WRT DS3 WRC +06m 13.9s
14. Hayden Paddon Hyundai Motorsport N i20 WRC +06m 41.1s M
15. Julien Maurin Ford Fiesta R5 +06m 50.8s WRC2
16. Xavi Pons Ford Fiesta R5 +06m 57.6s
17. Robert Barrable Ford Fiesta R5 +09m 17.9s WRC2

WRC2 standings after Stage 7 (Top 3):

1. Nasser Al-Attiyah Ford Fiesta RRC 1hr 33m 54.4s WRC2
2. Julien Maurin Ford Fiesta R5 +02m 00.4s WRC2
3. Robert Barrable Ford Fiesta R5 +04m 27.5s WRC2

Notable retirements:

SS3/SS4. Kris Meeke Citroen Total Abu Dhabi WRT DS3 WRC Double puncture M
SS6. Elfyn Evans M-Sport WRT Ford Fiesta RS WRC Radiator damage

No comments:

Post a Comment