Friday 8 April 2016

#RWSpecial: 2016 World Rallycross Rule Tweak

Tidak terasa tinggal seminggu lagi sebelum FIA World Rallycross Championship musim 2016 kick-off di sirkuit Montalegre, Portugal.


Tapi sebelum saya akan memperkenalkan para pembalap & tim yang akan berkompetisi di tahun ini minggu depan, saya akan menjelaskan beberapa perubahan regulasi di World RX:

1. Heats > Qualifying

Sebelumnya, saya sudah menulis seperti apa balapan rallycross DISINI.


Secara umum setiap balapan rallycross terdiri dari 3 sesi: Heats, Semifinal dan Final. Babak Heats, yang terdiri dari 4 sesi merupakan babak kualifikasi menuju babak semifinal. 12 pembalap lolos ke Semifinal, dan kemudian 6 pembalap tercepat di babak tersebut lolos ke Final.

Seeding sebelum babak Kualifikasi
Nah, mulai tahun ini babak Heats akan berubah nama menjadi babak Kualfikasi (Qualifying). Hal tersebut dilakukan agar seragam dengan kejuaraan FIA lainnya, dan tidak membuat fans, khususnya yang newbie merasa ambigu.

2. World RX | Euro RX


Maksud dari 2 kejuaraan yang dipisahkan oleh vertical bar adalah World RX dan Euro RX akan mempunyai sesi Kualifikasinya masing-masing. Sebelumnya di tahun 2015 pembalap kedua kejuaraan tersebut dapat saling sikut di babak Kualfikasi, sebelum kemudian dipisahkan di babak Semifinal dan Final.

3. No Tipu-Tipu


Mulai di musim 2016, semua mobil yang berkompetisi di semua kelas di World RX wajib memakai ECU (Electronic Control Unit), dan juga perangkat lunak/software yang dihomologasi oleh FIA. Motec merupakan salah satu di antaranya.

Hal tersebut dilakukan untuk mencegah tim menyisipkan software-software ilegal ke dalam ECU mobil, seperti pengontrol torsi dan kontrol traksi.

Nice move, tapi sepertinya menunjuk satu manufaktur ECU itu lebih baik.

4. A Glowing Start

Perubahan lainnya mencakup di prosedur start. Mulai tahun ini setiap balapan akan memakai starting procedure yang sama.

Selain itu, lihatlah papan bertuliskan 'Ready to Race' pada gambar di bawah ini.



Papan tersebut berfungsi untuk memberikan sinyal kepada pembalap agar bersiap untuk memulai balapan. Tahun ini, untuk mengurangi kans pembalap melakukan kesalahan dalam melakukan prosedur start, papan tersebut akan digantikan oleh papan elektronik, yang dipasang di bawah/samping lampu start.

No comments:

Post a Comment