Sunday 17 April 2016

#FlatOutNews Rally Edisi 29 SPESIAL WRC 2017 The Next World Rally Car (PART 3): Citroen C3 & Volkswagen Polo R '17

Sebelumnya saya sudah menulis artikel-artikel sebelumnya tentang regulasi baru WRC musim 2017:
  1. Kembali ke Gen 1?
  2. First Test
Let's Go..!

Di akhir musim 2015 silam Citroen memutuskan untuk sabbatical selama setahun di WRC, demi mengembangkan mobil baru untuk musim 2017 mendatang dimana regulasi World Rally Car generasi ketiga mulai diterapkan. Di tahun ini Citroen DS3 WRC tetap hadir dengan bantuan tim PH-Sport, dengan memakai nama 'Abu Dhabi Total WRT'.

Pembalap No.1 Citroen Kris Meeke menjadi team leader, dengan Stephane Lefebvre, Craig Breen dan Khalid Al-Qassimi mendapatkan jatahnya masing-masing di mobil No. 2.

Sumber: Citroen Racing
Beberapa hari sebelumnya Citroen secara non-formal memperkenalkan mobil barunya yang bernama C3 WRC di sebuah sesi tes, dengan Kris Meeke sebagai pembalap uji coba. Lokasi tes tersebut dirahasiakan, meskipun saya dapat memperkirakan bahwa tempat tersebut berada di pulau Sardinia, Italia atau di Polandia.

Lupakan lokasinya, kita berbicara tentang mobilnya. Kenapa C3??


Di tahun 2010 Citroen meluncurkan brand DS sebagai varian premium di line-up mereka, dengan DS3 sebagai mobil pertama yang berada di bawah naungan merek tersebut. Beberapa bulan kemudian Citroen Racing mengkonfirmasi bahwa DS3 akan berkompetisi di WRC mulai musim 2011.

Singkat cerita, DS3 WRC sukses memenangkan 2 gelar pabrikan berturut-turut di tahun 2011-12, dan pembalap mereka Sebastien Loeb juga berhasil merebut gelar juara di tahun tersebut.

DS3, tanpa logo Citroen. Sumber: topgear.com
Kembali ke brand DS, di tahun 2012 nama 'Citroen' dihilangkan dari semua mobil DS yang dijual di China. 2 tahun kemudian DS secara resmi berpisah dari Citroen, dan menjadi merek terpisah (meskipun berada di dalam naungan PSA Group).

Hal tersebut membuat DS3 tidak dapat lagi dipakai oleh Citroen di WRC, jadi mereka memilih C3 sebagai base model mobil WRC mereka untuk musim 2017 dan seterusnya.


Kembali ke C3 WRC, mobil spek #Test1 tersebut masih memakai aero kit dari DS3 WRC seperti angular fender dan rear wing, kecuali bumper depan baru, yang suda diuji coba di sesi tes sebelum Rallye Monte Carlo bulan Januari Silam. Selain itu spesifikasi mesin sudah mengikuti regulasi baru.

POLO R WRC '17 RENDER

Selain Citroen, Volkswagen juga memperkenalkan Polo R WRC yang sudah di-upgrade sesuai dengan regulasi baru, meskipun hanya berupa render.


Jika kita perhatikan, mobil tersebut akan mempunyai grill yang lebih besar dari sebelumnya, dan rear wing yang berbeda dibandingkan dengan mobil versi 2016

No comments:

Post a Comment