Monday 25 April 2016

#LastDay WRC Rally Argentina 2016: Mihi (Congrats), Paddon & Kennard..!


Setelah 52 reli dalam kurun waktu 10 tahun, Hayden Paddon beserta co-driver John Kennard meraih kemenangan pertamanya di Rally Argentina 2016. Kemenangan ini juga mencatatkan nama mereka berdua di buku sejarah WRC sebagai 'Pembalap & co-driver asal Selandia Baru pertama yang memenangi reli WRC'.


 Sebelumnya di 2 SS pertama di hari terakhir dia kehilangan waktu dari Sebastien Ogier, dan hal tersebut membuat margin mengecil dari 29.8 detik menjadi 2.6 detik saja.


Namun performanya di Power Stage di El Condor membuat selisih kembali menjadi 14.3 detik. Selain itu Paddon juga meraih bonus 3 poin sebagai pemenang Power Stage. Dan, dia merangkak naik ke posisi kedua di klasemen sementara.

Selain itu kemenangan ini juga bertepatan dengan Hari Anzac, dimana Selandia Baru & Australia mengenang semua warganya yang "yang telah bertugas dan gugur dalam segala peperangan, konflik dan operasi menjaga perdamaian".


"Saya tidak percaya ini..! I tidak memikirkan bahwa kami mampu bertahan (dari Ogier). Semuanya terjadi di Power Stage dan kami tidak memaksakan diri. Tapi kami berusaha sekuat mungkin di El Condor (Power Stage) karena saya tidak terlalu bagus di lintasan yang sempit dan berliku. Hasil ini fantastis untuk saya, John, dan tim" Kata Paddon.

"Saya tahu sejak SS pertama kami dapat menang."


Sementara itu Ogier harus puas berada di posisi kedua, dan berada di posisi ketiga di Power Stage. Tapi setidaknya dia masih aman berada di puncak klasemen dengan keunggulan 39 poin dari Paddon. "Seorang petarung pasti tidak senang kalau dia dikalahkan oleh lawannya. Tapi kali ini, hal tersebut lebih mudah diterima. Saya dengan Hayden berada di dalam situasi yang sama menjelang Power Stage, tapi dia tampil lebih baik. Saya angkat topi untuknya."




Andreas Mikkelsen mampu bertahan dari serangan yang diberikan oleh pembalap Hyundai lainnya, Dani Sordo untuk finish ketiga. "Rencana kami (dengan co-driver Anders Jaeger) adalah konsisten, dan hal tersebut mampu kami laksanakan. Saya sangat senang dengan posisi ketiga - podium pertama kami di Argentina."

Sordo kemudian finis keempat, menjadi pembalap tim A Hyundai tertinggi di reli ini (Paddon membalap dengan tim B).

Sementara itu Mads Ostberg finish kelima, yang berarti dia (dengan Ogier) merupakan pembalap yang mampu finish di lima besar di musim ini. Meskipun begitu, mereka masih bisa berbuat lebih banyak lagi. Thierry Neuville mampu membawa i20-nya ke posisi keenam setelah sempat terpuruk di hari kedua akibat masalah di mesinnya.
Well done, Marcos.
Pembalap asal Belgia tersebut mampu meraih posisi tersebut di SS16 El Condor, SS pertama di hari terakhir dari pembalap asal Argentina, Marcos Ligato.

Ligato, yang membalap dengan Citroen DS3 WRC tersebut finish ketujuh di depan Eric Camilli, yang akhirnya mampu meraih poin pertamanya di musim ini. Henning Solberg menjadi pembalap kelas WRC terakhir yang finish di Top 10, di posisi kesembilan.

Bagaimana dengan tempat kesepuluh?


Sesuai yang saya tulis kemarin, posisi tersebut dihuni oleh Jari-Matti Latvala setelah dia mengalami kecelakaan di hari ketiga. Hanya saja, meskipun sudah diperbaiki, Polo R WRC yang dipakai Latvala sudah rusak parah. Track rod-nya rusak di Power Stage, dan membuatnya kehilangan lebih dari 25 menit, dan turun ke posisi ke-13.

Setidaknya dia telah berusaha untuk membawa pulang 2 poin manufaktur untuk VW.


Alhasil, posisi kesepuluh dihuni oleh Nicolas Fuchs, yang juga berarti dia meraih kemenangan pertamanya di kelas WRC-2, meskipun dia sempat turun ke posisi kelima di hari kedua akibat pecah ban. Hubert Ptaszek berhasil finish kedua untuk kedua kalinya secara berturut-turut, dan Abdulaziz Al-Kuwari meraih podium pertamanya di musim ini.


Fuchs memang layak meraih kemenangan tersebut, tapi jujur saja, buat saya  pembalap dengan performa terbaik di Rally Argentina adalah Elfyn Evans, yang finish keempat. Dia bisa saja menang kalau saja sistem elektrik di Fiesta R5-nya tidak bermasalah di hari kedua, dan juga pecah ban sebanyak 3 kali. Evans mampu memenangi semua SS yang mampu dia jalani tanpa masalah sedikit pun.

Sementara itu Michel Fabre mampu meraih kemenangan ketiganya secara berturut-turut di kelas WRC-3. Tapi tantangan sebenarnya baru akan dimulai di seri selanjutnya di Portugal, dimana beberapa pembalap reguler seperti Ole Christian Veiby, Terry Folb, dll. akan hadir di reli tersebut.

Sampa jumpa di Portugal pada tanggal 19-22 Mei mendatang..!


Hasil WRC Rally Argentina 2016 kelas WRC Setelah SS18 (Top 10)
No.
Pembalap, co-driver & Kebangsaan
Tim
Mobil
Waktu
1.
Hayden Paddon (Selandia Baru)
John Kennard (Selandia Baru)
Hyundai Motorsport N
Hyundai i20 WRC ‘16
3:40:52.9
2.
Sebastien Ogier (Prancis)
Julien Ingrassia (Prancis)
Volkswagen Motorsport
Volkswagen Polo R WRC
+14.3
3.
Andreas Mikkelsen (Norwegia)
Anders Jaeger (Norwegia)
Volkswagen Motorsport II
Volkswagen Polo R WRC
+1:05.2
4.
Dani Sordo (Spanyol)
Marc Marti (Spanyol)
Hyundai Motorsport
Hyundai i20 WRC ‘16
+1:17.1
5.
Mads Ostberg (Norwegia)
Ola Floene (Norwegia)
M-Sport WRT
Ford Fiesta RS WRC Evo
+4:56.7
6.
Thierry Neuville (Belgia)
Nicolas Gilsoul (Belgia)
Hyundai Motorsport
Hyundai i20 WRC ‘16
+9:29.5
7.
Marcos Ligato (Argentina)
Ruben Garcia (Argentina)

Citroen DS3 WRC
+9:39.2
8.
Eric Camilli (Prancis)
Benjamin Veillas (Prancis)
M-Sport WRT
Ford Fiesta RS WRC Evo
+10:16.0
9.
Henning Solberg (Norwegia)
Ilka Minor (Austria)

Ford Fiesta RS WRC Evo
+10:48.5
10.
Nicolas Fuchs (Peru)
Fernando Mussano (Argentina)

Skoda Fabia R5
+24:42.8


Hasil Power Stage WRC Rally Argentina 2016 (SS18 El Condor 2). Pemenang Power Stage mendapatkan 3 poin tambahan, posisi kedua mendapatkan 2 poin, dan posisi ketiga mendapatkan 1 poin.

No.
Pembalap, co-driver & Kebangsaan
Tim
Mobil
Waktu
1.
Hayden Paddon (Selandia Baru)
John Kennard (Selandia Baru)
Hyundai Motorsport N
Hyundai i20 WRC ‘16
13:08.0
2.
Dani Sordo (Spanyol)
Marc Marti (Spanyol)
Hyundai Motorsport
Hyundai i20 WRC ‘16
+11.2
3.
Sebastien Ogier (Prancis)
Julien Ingrassia (Prancis)
Volkswagen Motorsport
Volkswagen Polo R WRC
+11.7

Hasil WRC Rally Argentina 2016 kelas WRC-2 Setelah SS18
No.
Pembalap, co-driver & Kebangsaan
Tim
Mobil
Waktu
1.
Nicolas Fuchs (Peru)
Fernando Mussano (Argentina)

Skoda Fabia R5
4:05:35.7
2.
Hubert Ptaszek (Polandia)
Maciek Szczepaniak (Polandia)
Peugeot Sport Slovakia
Peugeot 208 T16 R5
+4:36.9
3.
Abdulaziz Al-Kuwari (Qatar)
Killian Duffy (Rep. Irlandia)
Culture & Sports Qatar Rally Team
Skoda Fabia R5
+9:50.9
4.
Elfyn Evans (Wales)
Craig Parry (Wales)
M-Sport WRT
Ford Fiesta R5 Evo
+44:50.3
5.
Augusto Bestard (Paraguay)
Fernando Mendonca (Paraguay)

Ford Fiesta R5

+1:03:51.9

Hasil WRC Rally Argentina 2016 kelas WRC-3 Setelah SS18
No.
Pembalap, co-driver & Kebangsaan
Tim
Mobil
Waktu
1.
Michel Fabre (Prancis)
Maxime Vilmot (Prancis)
Sainteloc Junior Team

Citroen DS3 R3T MAX

4:53:11.0

No comments:

Post a Comment