Friday 21 August 2015

#preview World Rallycross RX of Norway 2015 21-23 Agustus 2015



Selamat Datang di Norwegia.

Setelah jeda 2 minggu, kini sirkus FIA World Rallycross Championship akan kembali ke Norwegia untuk berpatisipasi di ronde kedelapan musim ini. This, is, HELL....Well, jangan salah duga...

The Challenge




 Hell, dalam konteks ini, adalah nama sebuah kota kecil di Norwegia dimana sirkuit Lankebanen berada.

Sirkuitnya sendiri memiliki panjang total 1.019 km, salah satu sirkuit terpendek di kalender. Meskipun begitu, bukan berarti tingkat kesulitannya juga 'pendek'. Itu karena karakternya mirip dengan sirkuit Estering, yang menggelar RX Jerman 2 bulan yang lalu: twisty dan sempit. Jadi pembalap yang melakukan start yang hebat (dibantu dengan urutan start yang sesuai) pasti punya keuntungan besar. Selain itu, permukaan sirkuit yang naik-turun juga akan menyulitkan, khususnya di 2 tikungan terakhir yang berkontur uphill.

Tikungan Joker Lap berada di Tikungan 2A. Dan ini dia video preview dan onboard di sirkuit ini:





Attention Please..!


Di RX Kanada 2 minggu sebelumnya, Petter Solberg terpaksa harus menonton Davy Jeanney meraih kemenangan di babak Final, bukan ikut serta. Meskipun begitu, Solberg mampu memperbesar keunggulan di klasemen sebanyak 2 poin dari Andreas Bakkerud, yang akhirnya menggusur Johan Kristofferson di posisi kedua. Btw, saya ucapkan SELAMAT atas keberhasilan Kristoffersson menjuarai Porsche Carrera Cup Skandinavia! Sekarang lakukan hal yang sama di World RX.


Performa bagus yang ditunjukkan duo Peugeot Hansen, Timmy Hansen dan Jeanney di 2 balapan terakhir turut membawa mereka ke dalam persaingan untuk (setidaknya) posisi kedua di klasemen. Selain itu, tim Peugeot juga membuntuti tim Ford OlsbergsMSE di klasemen tim dengan jarak 2 poin. Yang pasti, GAME, ON IN HELL.

 Di sisi lain, jumlah kontestan yang akan berpatisipasi di Hell RX adalah 47 pembalap, kelas Supercar! Ya, ini baru kelas Supercar, dan ini sudah menjadi rekor baru. 23 pembalap akan membalap di kelas World RX, dan 24 lainnya bertanding di Euro RX. Mereka akan diadu secara bersamaan di 4 Heat sebelum dipisahkan ke masing-masing kejuaraan di babak Semifinal+Final.

Selain itu, sebanyak 12 peserta kelas RX Lites akan kembali saling bertarung untuk merebut poin di klasemen. Semua mata akan tertuju kepada duo Kevin, Hansen dan Eriksson dimana mereka hanya berjarak 6 poin.

"Match Point" untuk pemimpin kelas TouringCars, Fredrik Salsten

Tapi, inilah balapan terakhir kelas TouringCar musim ini, sekaligus jadi penentu siapakah yang keluar sebagai juara. Pemimpin klasemen saat ini adalah Fredrik Salsten dengan keunggulan 17 poin dari Magda Andersson. Salsten punya Match Point, atau lebih tepatnya Championship Point untuk menjadi juara, tapi ini adalah rallycross, jadi apapun bisa terjadi.