Monday 10 August 2015

#FinalThought FIA World Rallycross RX of Canada 2015 7-8 Agustus 2015: Double Jeanney

Halo...!

Sebelumnya saya sempat menulis di #preview Canada RX kalau balapan sesi Semifinal dan Finalnya digelar di malam hari (atau setidaknya sore menjelang malam).


Ternyata itu sedikit meleset, karena balapannya digelar sedikit lebih awal. Tapi no problem lah, setidaknya balapan kali ini, yang digelar sebagai bagian dari Grand Prix Trois Rivieres (GP3R) tetap seru (seperti di Holjes RX di Swedia bulan lalu). Ini selengkapnya:


Davy Jeanney menjadi pembalap kedua selain Petter Solberg yang mampu menang lebih dari sekali di musim ini setelah meraih kemenangan fantastis di babak Final. Alhasil, tim Peugeot Hansen menempel ketat tim Ford OlsbergMSE dengan jarak 2 poin di klasemen tim, dan ini menjadi pelipur lara buat mereka, yang masih dibayangi kontroversi di Holjes RX. Selain itu duo Marklund Motorsport Topi Heikkinen dan bintang tamu Tanner Foust (P.G. Andersson absen) melengkapi podium, dan berhasil menggusur tim Volkswagen Sweden untuk menempati posisi keempat di klasemen tim.

Dan buat Jeanney, kemenangan ini membawanya ke 5 besar klasemen. "Setelah kemenanganku di Buxtehude (Estering, Jerman), saya katakan kepada diriku sendiri 'Saya akan melakukannya lagi'. Saya hanya kaget itu terjadi begitu cepat. Meskipun saya menang, akhir minggu ini benar-benar sulit untukku. Saya tidak mendapatkan ritme yang bagus di sepanjang babak Heats."

"Saya kasihan sama Timmy [Hansen], dia tampil hebat di Heats dan melakukan pekerjaan luar biasa. Semoga dia menang di Hell (Norwegia, bukan neraka)."

Sedangkan Heikkinen juga mengalami kesulitan yang sama. "Kami mengalami masalah teknis di mobil kami pada hari pertama dan mungkin bertahan seperti itu. Tapi hari ini semuanya jadi lebih baik. Saya tidak melakukan kesalahan apapun di Semifinal dan berhasil mendapatkan barisan kedua untuk babak Final, yang membuatku melakukan start yang hebat. Rasanya luar biasa bisa berada di podium lagi" Terakhir kali dia berada di podium adalah ketika dia menang di RX Belgia 3 bulanyang lalu.

Buat Tanner Foust, inilah podium pertamanya sejak dia menang di RX Finlandia tahun lalu (Saya tidak menulisnya). Tahun 2015 sepertinya menjadi tahun yang keras untuknya, yang juga tampil di Red Bull Global RallyCross dan Formula Drift. "Saya senang berada di podium dan lebih senang karena saya berdiri disamping Topi [Heikkinen] yang menjadi rekanku akhir minggu ini"


Tapi kejutan terbesar di Canada RX adalah Tommy Rustad. Hadir sebagai pengganti Alx Danielsson, dia berhasil membawa mobil Audi S3 besutan Munnich Motorsport yang dikenal inferior ke babak Final, dan finish keempat. Posisi kelima dihuni oleh Andreas Bakkerud, yang meskipun belum pernah menang, dia selalu membawa Ford Fiesta ST ala OlsbergMSE-nya ke babak final di setiap balapan musim ini, dan konsistensi itu membuatnya mengambil alih posisi kedua di klasemen dari Johan Kristoffersson, yang hanya mampu finish ke-11. Mattias Ekstrom melengkapi top 6, setelah mobilnya melintir di babak Final.


Lalu kemana Petter Solberg?
Akhir minggu di Trois-Rivieres dimulai dengan buruk ketika mesin mobil Citroen DS3-nya bermasalah di sesi latihan, dan harus diganti sebelum Heat 1. Mekaniknya mampu melakukannya, tapi itu tidak cukup buat Solberg di babak Semifinal, dan untuk pertama kali sejak RX Finlandia tahun lalu dia harus puas menonton babak Final.

Anton Marklund membalap dengan VW Polo karena Audi S1-nya rusak parah
Sedangkan di kategori RX Lites, meskipun hanya berwujud balapan eksibisi, dan hanya 8 pembalap yang hadir, ini tetap tidak boleh dilewatkan begitu saja. Dan dengan absennya Kevin Hansen dan Eriksson, maka pembalap Red Bull GRC Oliver Eriksson-lah yang menjadi pemenang, setelah mampu mengasapi pembalap kelas Super 1600 Cyril Raymond dan Andrew Ranger.

Dan sekian sudah tentang RX Kanada, dan setelah ini tim dan pembalap langsung packing untuk menuju ke tempat selanjutnya di RX Norwegia di kota Hell 2 minggu mendatang. Ya, Hell.

Bye..!




Hasil #CanadaRX kategori Supercar (Pembalap yang posisinya lebih tinggi belum tentu jumlah poinnya lebih banyak):

No.
Pembalap & Kebangsaan
Tim
Mobil
Poin
1.
Davy Jeanney (Prancis)
Peugeot Hansen
Peugeot 208 WRX
27
2.
Toomas ‘Topi’ Heikkinen (FInlandia)
Marklund Motorsport
Volkswagen Polo RX
20
3.
Tanner Foust (AS)
Marklund Motorsport
Volkswagen Polo RX
16
4.
Tommy Rustad (Norwegia)
ALL-INKL.COM Munnich Motorsport
Audi S3
15
5.
Andreas Bakkerud (Norwegia)
Ford OlsbergsMSE AB
Ford Fiesta ST
16
6.
Mattias Ekstrom (Swedia)
EKS RX
Audi S1 EKS RX quattro
21
7.
Timmy Hansen (Swedia)
Peugeot Hansen
Peugeot 208 WRX
18
8.
Peter Solberg (Norwegia)
SDRX
Citroen DS3 RX
17
9.
Reinis Nitiss (Latvia)
Ford OlsbergsMSE AB
Ford Fiesta ST
13
10.
Manfred Stohl (Austria)
World RX Team Austria
Ford Fiesta RX
10
11.
Johan Kristoffersson (Swedia)
Volkswagen Team Sweden
Volkswagen Polo RX
9
12.
Timur Timerzyanov (Rusia)
Namus OlsbergsMSE
Ford Fiesta ST
8
13.
Anton Marklund (Swedia)
EKS RX
Volkswagen Polo RX
4
14.
Patrick Carpentier (Kanada)
JRM Racing
MINI Countryman RX
3
15.
Liam Doran (Inggris)
SDRX
Citroen DS3 RX
2
16.
Louis-Philippe Dumoulin (Kanada)
JRM Racing
MINI Countryman RX
1
17.
Cristoph Brugger (Austria)
World RX Team Austria
Ford Fiesta ST
-
18.
Robin Larsson (Swedia)


-
19.
Rene Munnich (Jerman)
ALL-INKL.COM Munnich Motorsport
Audi S3
-
20.
Tord Linnerud (Norwegia)
Volkswagen Team Sweden
Volkswagen Polo RX
-

Hasil #CanadaRX kategori RX Lites (Pembalap yang posisinya lebih tinggi belum tentu jumlah poinnya lebih banyak)
HASIL #CanadaRX TIDAK DIMASUKKAN KE KLASEMEN KARENA STATUSNYA SEBAGAI NON-CHAMPIONSHIP RACE:

No.
Pembalap & Kebangsaan
Tim
Poin
1.
Oliver Eriksson (Swedia)
OlsbergsMSE
29
2.
Cyril Raymond (Prancis)
OlsbergsMSE
23
3.
Andrew Ranger (Kanada)

25
4.
Joachim Hvaal (Norwegia)
JC RACE TEKNIK
21
5.
Alejandro Fernandez (Kolombia)

19
6.
Alex Tagliani (Kanada)

17
7.
Garrett Grist (Kanada)

13
8.
Kyle Kaiser (AS)

12

No comments:

Post a Comment