Thursday 6 August 2015

#preview World Rallycross RX of Canada 2015 7-8 Agustus 2015

Halo..!

Setelah menjalani 6 seri di benua Eropa, sirkus World Rallycross Championship akan menyeberangi Samudera Atlantik dan bersiap untuk berpatisipasi di RX Kanada, ronde ketujuh dan 1 dari 2 seri non-Eropa di kalender tahun ini.


The Challenge

Trek untuk World RX berwarna Hijau (Hijau kotak-kotak untuk bagian gravel, kuning untuk Joker Lap)

RX Kanada akan digelar tanggal di sirkuit jalanan Trois-Rivieres sebagai bagian dari Grand Prix Trois Rivieres atau GP3R, festival balap yang digelar setiap tahun di sirkuit yang terletak di provinsi berbahasa Prancis Quebec, Kanada. 

Sirkuit untuk World RX mengambil sebagian trek sirkuit balap mobil, yang tentu saja bertipe lintasan aspal, dan trek oval balapan kuda yang bertipe gravel. Hasilnya adalah lintasan sepanjang 1351 km searah jarum jam yang bertipe stop-and-go yang akan menyiksa rem, mesin dan girboks mobil, dan juga menuntut kewaspadaan pembalap karena lintasanya yang tergolong sempit khususnya di area trek oval, dan balapannya sendiri yang digelar di malam hari (lebih tepatnya twilight, matahari terbenam)





Attention Please..!


Babak Final Holjes RX di Swedia adalah untuk kali pertama kita melihat pemimpin klasemen Petter Solberg harus keluar dari podium, dimana masalah teknis memaksanya gagal finish. Bagaimanapun dia masih nyaman memimpin dengan keunggulan 45 poin dari Johan Kristofferson. Akankah dia kembali ke jalur kemenangan atau tidak? Itu pertanyaan yang kompleks.

Kristofferson sendiri merasakan tekanan hebat dari Andreas Bakkerud dan Timmy Hansen. Penampilan apik dari mereka berdua bisa mengancam posisi keduanya di klasemen, dan Kristofferson sendiri tampil off the pace, terutama di Holjes dimana dia hanya bisa finish ke-11 setelah malapetaka di babak Semifinal. Oke, dia memang masih debutan di World RX dan lebih sedikit pengalaman di rallycross (Dia baru tampil pertama kali di musim lalu), jadi harap dimaklumi.

Jumlah peserta untuk kelas Supercar adalah 20 pembalap, dan setidaknya 8 mobil kelas RX Lites hadir sebagai pelengkap, meskipun balapan ini bersifat non-championship/ no-points race.


Soal kelas Supercar sendiri, ada beberapa perubahan line-up. Pertama, tim JRM Racing akan kembali hadir dengan 2 pembalap bintang tamu sekaligus, mantan pembalap Indycar Patrick Carpentier dan juara NASCAR Canada, bocah asli Trois Rivieres Louis-Philippe Dumoulin. Carpentier sendiri ikut balapan musim lalu, dan langsung tampil impresif dengan mobil Volkswagen Polo RX ala Marklund Motorsport dan berhasil tembus ke babak semifinal. Soal tahun ini, dia punya kesempatan lagi untuk bisa unjuk gigi, apalagi mobil MINI Countryman RX-nya akan sangat diuntungkan dengan layout sirkuit (MINI RX memakai mesin 1.6L eks mobil WRC dibandingkan dengan mesin 2.0L pada umumnya).

Kedua, pemenang Euro RX Jerman 2 bulan lalu Tommy Rustad akan membalap untuk tim Munnich Motorsport, menggantikan Alx Danielsson yang punya kewajiban balap lainnya. Ketiga, bos dan pembalap tim World RX Team Austria Max Pucher absen dan digantikan dengan Chris Bugger. Keempat, Tanner Foust akan menjalani balapan World RX keduanya di sela-sela jadwal Red Bull Global Rallycross.

Bagi kamu yang ingin menonton langsung balapan World RX Kanada, kamu bisa KLIK DISINI.

No comments:

Post a Comment