Friday 1 May 2015

#preview World Rallycross RX of Hockenheim 2015:

Halo..!

Tak lama setelah kemenangan Johan Kristoffersson di Portugal, kini sirkus FIA World Rallycross Championship langsung packing ke Jerman, dengan Sirkuit Hockenheimring jadi sasarannya.


The Challenge

Hockenheim akan menggelar balapan rallycross pertamanya sebagai selingan balapan pertama balap turing Jerman DTM. Khusus World RX, "taman bermainnya" terletak dekat dengan tribun penonton, yang sering disebut "Stadium/Arena Section".


Harus jujur saja belum banyak informasi mendetil tentang sirkuit ini, mengingat Hockenheim baru ditunjuk untuk menggelar World RX bulan Januari lalu, tapi yang jelas trek sepanjang 1.24 km ini lebih flat dibandingkan dengan Montalegre yang punya ketinggian yang berbeda-beda, dan area run-off yang lebih luas. Selain itu para pembalap dan tim masih buta dengan tekstur lintasannya, apakah aspalnya halus/kasar, begitu juga dengan gravel-nya. Tikungan Joker Lap-nya sendiri terletak di tikungan 10 dan 10a, dimana pembalap akan flat-out dengan 2 tikungan kiri yang cepat untuk mengambil keuntungan atas rival-rivalnya.

Hanya kelas Supercar yang dipertandingkan di akhir minggu ini.

Hockenheim RX Timetable

Thursday April 30
1725  RX Open Practice
1930 Track closed

Friday May 1
0800  Media accreditation centre open
1300  Drivers’ Draw & press conference in IMG rig
1545  RX Open Practice
RX HEAT ONE
RX HEAT TWO

Saturday May 2
0900  Media accreditation centre open
1610  RX Open Practice
RX HEAT THREE
RX HEAT FOUR

Sunday May 3
0800  Media accreditation centre open
1125  RX Open Practice
1140  RX SEMI-FINALS & FINAL
1245  World RX press conference for top three Supercar drivers

 Waktu dalam GMT +1

Attention Please..!


Jujur saja, nama Johan Kristofferson sama sekali saya tidak pikirkan sebelumnya, selain karena profil pembalap dan tim part 2-nya belum selesai, dia juga masih seorang debutan. Tapi kemenangannya di Portugal membuatnya kini masuk ke dalam persaingan, dengan juara bertahan Petter Solberg dan duo Peugeot Hansen Timmy dan Davy Jeanney juga punya peluang yang sama.

Hanya saja adanya balapan DTM membuat paddock akan terasa berbeda. Topi Heikkinen dan Anton Marklund akan sedikit lebih sibuk dengan mengikuti World RX dan Audi TT Cup, supporting race lainnya. Mattias Ekstrom justru tidak akan membalap di Hockenheim RX karena statusnya sebagai pembalap Audi DTM, dan dia, yang juga pemilik tim EKS RX pun menunjuk pembalap GT Edward Sandstrom sebagai penggantinya.


Tanner Foust akan membantu tim Marklund Volkswagen dengan status wildcard entry, tapi perhatian terbesar tertuju pada tim JRM-MINI, yang akan melakukan debutnya di Hockenheim. JRM Racing, sebelumnya dikenal sebagai tim GT Racing, membeli aset tim Mini WRC dari Prodrive, dan mobilnya, MINI RX adalah versi rallycross dari MINI Countryman WRC, yang hanya tampil sebentar di tahun 2011 sebelum BMW menarik MINI dari WRC di awal 2012. JRM akan memanfaatkan tahun ini untuk mengembangkan lebih jauh lagi mobil ini sebelum siap untuk musim 2016. Duo Amerika Danny Way dan Dave Mirra akan membalap buat tim ini.

Drei , zwei, eins .... GO ... !!!

No comments:

Post a Comment