Thursday 14 May 2015

#FlatOutNews Rally Edisi 13: Technical Frenzy (#TerimaKasih5000v)

Halo..!

Sebelum WRC Rally Portugal digelar akhir bulan ini, ada beberapa berita menarik, dan kali ini lebih condong ke mobil, alias banteng, alias banteng ganas.

1. Another DS3 Update

Tim Citroen kini bersiap untuk menuntaskan tahap kedua dari 3 pengembangan mobil DS3 mereka musim ini. Setelah mesin ala mobil WTCC Citroen C-Elysee dan paddle shifters dicangkok, kini mereka melakukan perubahan kosmetik:


Perubahan pertama yang paling jelas adalah berubahnya corak mobil dari putih-emas menjadi hitam-abuabu, dengan warna merah ala perusahaan minyak Prancis Total dan putih khas Abu Dhabi tetap hadir. Agar mobil para pembalap Citroen semakin terlihat dari jauh, unsur-unsur warna hijau ditambahkan di area air box, endplate sayap belakang, kaliper rem dan di bawah lampu utama, yang  juga memakai lampu LED untuk pertama kali.

Selain itu, untuk membedakan mobil 1 pembalap dengan yang lainnya, di bagian atap dan kaca spion diberikan warna yang berbeda di setiap mobilnya:

Warna putih untuk Kris Meeke-Paul Nagle...
...abu-abu, dengan kaca spion hitam buat Mads Ostberg-Jonas Andersson....
...dan merah buat Khalid Al Qassimi-Chris Patterson. Ini juga akan muncul di MERC
And, I haven't finished yet. Pengembangan mobil DS3 WRC akan masuk ke tahap kedua, kali ini di sektor A.E.R.O.D.I.N.A.M.I.K.A, khususnya di bagian depan. Rupanya sayap belakang baru gak cukup, jadi mereka melakukan ubahan di bumper depan.

LAMA
BARU
Bisa disimpulkan bahwa wheel arch di samping ban menjadi lebih lebar, dan lebih menjorok ke kaca spion pintu, yang dapat mengurangi drag yang dapat menambah kestabilan saat melintasi trek lurus, dengan kecepatan tinggi. Tren ini pertama kalinya diterapkan oleh Volkswagen Polo R WRC, dan kemudian diikuti Hyundai dengan i20 WRC. Itu berarti hanya Ford Fiesta RS yang belum menerapkan konsep ini.

2. Evolution Fiesta siap beraksi


Dan Citroen tidak sendirian soal mobil baru, karena M-Sport telah menyelesaikan pengembangan Ford Fiesta RS WRC Evo2 dan siap menunjukkan taringnya di Rally Portugal minggu depan.

Meskipun kelihatannya masih sama dengan versi lama, M-Sport mengklaim 80% dari mobil ini berubah (ya, 20%-nya itu bodywork), mulai dari engine bay, posisi radiator, intercooler, transmisi, sistem elektronik, differential sampai posisi kabel pun disempurnakan. Bos M-Sport, Malcolm Wilson mengklaim bahwa mobil ini telah menembus 5000km selama tes, yang menjadikan mobil ini menempuh kilometer paling banyak dibandingkan dengan Escort WRC, Focus RS, dan Fiesta RS pertama.


Sebanyak 5 mobil Fiesta RS Evo2 sudah siap untuk dibawa ke Portugal, dengan duo M-Sport Elfyn Evans-Ott Tanak beserta dengan pembalap privat Martin Prokop dan Lorenzo Bertelli akan mengemudikan mobil ini. Lalu gimana dengan mobil kelima??

Sebenarnya Robert Kubica juga sudah dijamin dapat, hanya saja keputusannya untuk mundur dari Rally Argentina bulan lalu diyakini membuat hubungannya dengan tim A-STYLE, yang mengoperasikan RK WRT merenggang. Hal ini juga sempat membuat Kubica diyakini menerima tawaran untuk kembali ke balapan sirkuit, meskipun dia sendiri menertawakan rumor tersebut.

Ada kemungkinan Kubica akan kembali ke pangkuan M-Sport, dan menerima paket FIesta Evo2

3. Piye Kabare Skoda?


Skoda pun tidak mau ketinggalan,kali ini mereka siap menerjunkan all-new Fabia R5 untuk pertama kalinya di event internasional, di WRC Rally Portugal minggu depan di kategori WRC-2.

Fabia R5 mengambil alih tanggung jawab dari Fabia S2000, yang telah memberikan banyak kemenangan dan gelar di Eropa, Asia bahkan dunia. Mempunyai DNA yang sama dengan Volkswagen Polo, mesin1.6L dengan turbo 32mm menggantikan mesin 2L N/A, dengan lebih banyak komponen-komponen asli pabrik yang dipertahankan, membuat mobil ini, dan mobil-mobil sekelas seperti Ford Fiesta R5, Peugeot 205 R5, dll....dan lebih cepat.

Are You Ready??

4.  #TerimaKasih5000v

Akhirnya....BLOG INI MEMCAPAI 5000 VIEWERS...!
Puji syukur bagi Tuhan, dan terima kasih banyak buat kalian semua...karena tanpa kalian, blog ini tidak akan berkembang secepat ini....

But, before that, credits to Los Minidrivers for this mascot....
Yep, inilah maskot saya, dan blog ini....dan masih Work In Progress..

No comments:

Post a Comment