Wednesday 11 February 2015

#preview: WRC Rally Sweden 2015




Halo..!
Akhir minggu selalu merupakan waktu yang pas untuk beristirahat dan berkreasi sejenak, tapi bagi kita para fans rallying, weekend dengan event rally selalu ditungu-tunggu, termasuk minggu ini, dimana Rally Sweden akan segera digelar mulai jumat ini, di Super Special Stage di Karlstad pukul 20.08 waktu setempat, atau jam 3 subuh, yang berarti kita tidak akan bisa menontonnya, kecuali kalo kamu nekat begadang.

The Challenge


Satu-satunya rally dengan lintasan bersalju musim ini, JELAS. Yang menjadi tantangan dari rally ini adalah kecepatan rata-rata ketika melintasi SS ke SS di Swedia tergolong tinggi, dan salju bukanlah gravel, yang berarti skill khusus ala Skandinava dibutuhkan di sana. Yang membuat para pembalap semakin pusing adalah hari pertama, yang sebagian rutenya berada di Norwegia, dimana WRC sempat singgah di sana di tahun 2007 dan 2009. Ya, lintasannya sama, tapi lebih sempit dibandingkan dengan jalanan di Swedia, jadi 1 kesalah kecil mempengaruhi 3 hari. Salju juga membuat mobil membutuhkan ban salju yang ramping dan berpaku, dan para pembalap dan kru tim juga menggunakan perlengkapan spesial seperti sepatu balap yang dilengkapi dengan penghangat dan kacamata anti-embun.


 Satu "fitur" yang tidak boleh dilewatkan di Swedia adalah Colin's Crest Arena. Itu adalah sebuah area jumping di VargĂ„sen, tempat dimana SS14 dan SS18 berada, dimana kedua SS tersebut digelar di hari ketiga. Istimewanya, pembalap yang jarak jumpingan-nya paing jauh akan mendapatkan sebuah penghargaan yang dinamakan Colin's Crest Award, sebagai bentuk penghargaan untuk Colin McRae.

Attention Please..!

Sebastien Loeb sudah minggat, rasanya bosan kalo kita bicarakan betapa superiornya Sebastien Ogier dan Volkswagen. Karena itu perhatian wajib dialihkan kepada 2 Norwegia, yaitu Mads Ostberg dan Andreas Mikkelsen.



Kalo dinilai dari atas kertas, Mikkelsen lebih berpeluang untuk bersinar di Swedia, tapi (menurut saya), Ostberg lebih berpeluang, karena Pertama, navigatornya, seniman tato Jonas Andersson adalah orang Swedia. Kedua,  dia merupakan pembalap pabrikan Citroen, jadi targetnya adalah melawan Ogier dkk., tidak seperti Mikkelsen, karena dia pembalap tim B Volkswagen, dia punya kesempatan kecil untuk unggul dari Ogier dan Jari-Matti Latvala (kecuali kalo mereka berdua kandas), dan dia juga menggunakan mobil spek 2014. Bagaimanapun, itu opini saya, mana pilihanmu?

Dani Sordo absen di Swedia karena cedera, dan Juho Hanninen batal ikut serta. Yang akan muncul untuk pertama kali di 2015 adalah Hayden Paddon, dan Kevin Abbring di Hyundai. Selain itu ada juga pembalap Polandia, Michal Solowow, yang akan menggunakan Ford Fiesta RS WRC, persis seperti yang kompatriotnya, Robert Kubica pakai.


Sementara itu di kategori WRC-2, Stephane Lefebvre akan mencoba untuk mempertahankan keunggulannya di klasemen. Tapi kali ini dia harus waspada dengan kehadiran pembalap flamboyan asal Arab Saudi, Yazeed Al Rajhi, jagoan lokal Pontus Tidemand serta runner-up musim lalu, Jari Ketomaa, yang akan mewakili ban Tiongkok D-Mack.

No comments:

Post a Comment