Friday 21 November 2014

#FlatOutNews Rally + Rallycross Edisi 5: Citroen Dillema, rallycross, dan masa depan

Selamat siang..!

Sebelumnya mohon maaf karena seseorang memblok akses internet kostq, jadi sekali lagi mohon maaf...

OK, Kita mulai aja...dan saya dengan senang hati mengatakan bahwa mulai di edisi ini akan dimuatkan juga berita soal rallycross  (RX).

1. Kris Meeke untuk Citroen 2015


Akhirnya teka-teki soal siapa yang akan membalap dengan Citroen di musim depan sudah terjawab. Well, setidaknya 50%....

Kris Meeke baru saja memperpanjang kontraknya setidaknya sampai musim 2015. Meeke, yang baru saja menyelesaikan musim pertamanya di WRC cukup impresif, meraih podium 4 kali dan sempat memimpin Rally Jerman sebelum harus kandas. Bagi Meeke "Ini fantastis, karena sejak akhir musim lalu Citroen sudah memberikan kepercayaan kepada saya".

Meeke FIX, begitu juga dengan Khalid Al-Qassimi yang akan membalap di beberapa event WRC (Dia ada karena membawa sponsor Abu Dhabi) berarti masih ada lagi 1 slot yang tersisa. Mads Ostberg belum bisa dibilang aman, setelah direktur tim Citroen, Yves Matton mengatakan bahwa "Robert Kubica, Mads, dan Hayden Paddon berada di dalam daftar kami". Atau Ostberg sendiri juga punya peluang untuk kembali ke tim M-Sport, dimana dia membalap untuk tim tersebut musim lalu, meskipun bisa jadi tidak akan ada di tim utama (karena kemungkinan Ott Tanak lah yang akan menggantikan Mikko Hirvonen).

2.  Manfred Stohl akan berkompetisi di Argentina RX


OK, sebelumnya saya akan memperkenalkan dia. Stohl sebelumnya pernah membalap di WRC, dengan mobil Citroen Xsara/Peugeot 307 privat dia cukup kompetitif, meraih beberapa podium, sebelum dia memutuskan untuk membentuk Stohl Racing, yang tampil di kejuaraan rally Eropa dan Austria, tempat kelahirannya.

Setelah beberapa tahun "menghilang", Stohl akan kembali ke pentas dunia, tapi bukan lagi di WRC, melainkan di World RallyCross Championship/World RX, dia akan membalap di Argentina RX di  tim juara PSRX, yang dijalankan oleh teman baiknya Petter Solberg. Stohl akan mengendarai Citroen DS3 Supercar.

Stohl, yang sepanjang karirnya ditemani oleh Ilka Minor (yang uniknya, sekarang adalah navigator kakak kandung Petter, Henning) sumrigah. "Saya sudah berkali-kali tampil di San Luis jadi saya tahu karakteristiknya seperti apa. Saya juga berteman baik dengan Petter, dan saya sering mengunjunginya di beberapa event RX. Saya sangat berterima kasih kepada Petter atas kesempatan berharga ini".

3. Ini dia kalender World RX musim depan


Masih soal World RX, ini dia kalender untuk musim 2015. Well, masih sementara:


Oke, silahkan bandingkan dengan kalender musim ini:


Satu perbedaan dengan musim ini adalah seri baru, yang akan digelar di Bercelona, Spanyol. Selain itu juga musim ini akan dimulai di Portugal, yang diundurkan jadwalnya dari bulan April menjadi Mei, seri Norwegia dipindahkan ke bulan Agustus, dan seri Jerman dimajukan ke bulan Juni. Seri Norwegia, Italia, Belgia, Jerman dan Spanyol juga akan menjadi bagian dari kejuaraan RX Eropa.

Setelah kesuksesan musim ini, kita tentunya berharap lebih musim depan.

4. Ford kembali dengan ini?


Tenang, ini tidak nyata. Ini adalah hasil render dari Ken Nagasaka. Ini adalah konsep dari Ford RS 160. OK, kita semua bisa setuju kalau Ford Fiesta terbilang cukup indah kalau dipakai di Rally, tapi jujur saja ini jauh diatasnya.

Jika kita lihat dari speknya tergolong sama, dengan mesin 1.6L, turbo 34mm, 4WD, dll. Tapi mesin tersebut diletakkan di belakang mobil, mengingatkan kita kepada mobil-mobil Group B, selain itu bentuk bodi mobil ini sangat seksi, dan sangat aerodinamis. Tentu kita akan mengharapkan Ford akan kembali ke WRC dengan mobil ini. SEMOGA.


 SPEKTAKULAR.

No comments:

Post a Comment