Thursday 6 November 2014

#FlatOutNews Rally Edisi 3: Hirvonen: "Good Bye WRC"

Selamat malam...!

Akhirnya setelah absen total minggu lalu saya kembali lagi mengetik di depan komputer...

By the way, saya absen menulis ini minggu lalu karena memang tidak ada berita yang menarik, atau terlalu sedikit, tapi beberapa hari terakhir ini banyak berita yang mengejutkan. Tapi kita mulai dulu dari yang "teringan"...

1. Kris Meeke finish kedua di Rally du Condroz....dengan DS3 R5



 Kris Meeke baru saja finish kedua di ajang tersebut, "hanya" kalah 38.7 detik dari sang juara Kris Princen, yang mengendarai mobil Subaru Impreza WRC (yang kebetulan dia beli dari Mads Ostberg, rekan setim Meeke di Citroen). Ok, memang ini terdengar biasa, apalagi ini bukanlah ajang WRC, tapi dari sinilah Citroen membuktikan bahwa mobil spek R5-nya tidak kalah kompetitif dari mobil sekelasnya, dan siap bertarung di WRC-2 musim depan melawan Ford Fiesta R5, dan pendatang baru Mitsubishi Mirage R5, serta masih menunggu Peugeot 208 T16 R5 dan Skoda Fabia R5.

Rekan setim Meeke di ajang ini adalah Juara Dunia WRC dan WRX Petter Solberg dan Direktur tim Citroen Yves Matton. Solberg, yang menggunakan mobil C4 WRC ditemani kembali oleh Phil Mills, sempat memimpin sebelum masalah teknis memaksa mereka untuk berhenti, sementara Matton menggunakan mobil Xsara WRC dengan navigator Daniel Elena tepat berada di belakang Solberg sebelum menabrak tembok di hari kedua.

2. Dani Sordo untuk Hyundai 2015-16

 
Kabar gembira bagi fans Korea, karena Dani Sordo baru saja mendatangani kontrak yang membuatnya tetap bersama Thierry Neuville dalam 2 tahun kedepan. Sama seperti Neuville, Sordo juga berperan banyak dalam tahun comeback Hyundai di WRC musim ini, termasuk dalam kemenangan 1-2 di Rally Jerman 3 bulan lalu.

Sordo akan berpatisipasi di setidaknya 10 event musim depan, sebelum menempuh seluruh musim 2016. Ini berarti hanya slot ketiga yang belum pasti siapa saja pembalap yang dinominasikan.

3. Perubahan aturan soal giliran start musim depan

Ya, karena anggota World Motor Sport Council mem"veto" FIA soal ini, jadi akan ada perubahan menyangkut hal ini. Jika sebelumnya di hari pertama pemimpin klasemen yang "meluncur" pertama di SS diikuti posisi kedua dan seterusnya, sebelum diputarbalikkan di dua hari selanjutnya, mulai musim depan pemimpin klasemen menjadi "road sweeper" di hari pertama dan kedua, sebelum diputarbalikkan di hari minggu. Ini bertujuan agar tidak ada lagi pembalap yang unggul jauh sebelum hari minggu. SIMPEL.

4. MIKKO HIRVONEN PENSIUN..!


Setelah 13 tahun malang melintang di WRC, Mikko Hirvonen memutuskan untuk pensiun setelah Wales Rally GB minggu depan, tempat dimana dia juga melakukan debutnya pada tahun 2002.

Dikenal sebagai pembalap dengan gaya mengemudi yang halus, Hirvonen dengan navigator Jarmo Lehtinen memenangi 15 event dan 68 podium dari 162 event yang dia ikuti. Tim yang pernah disinggahi Hirvonen adalah Subaru, Skoda, Ford (M-Sport), dan Citroen. Hirvonen juga dikenal sebagai saingan terdekat Sebastien Loeb, menjadi runner-up 4 kali.

Hirvonen, dengan emosional mengatakan "Saya mempunyai banyak sekali kenangan selama 13 tahun di WRC. Mimpiku agar bisa mengelilingi dunia dan menikmati ajang rally menjadi kenyataan bagi saya, dimana ada saat senang dan saat saya sedih, tapi saya mengingat semuanya dengan senyum yang tulus di raut wajah saya.

Hirvonen saat merayakan kemenangan di kampung halamannya
Walaupun saya masih mencintai rally, kini saya harus fokus ke hal-hal lain seperti keluargaku, dimana jadwal yang padat sempat merenggutnya. Saya juga ingin tantangan baru."

bos tim M-Sport Malcolm Wilson, dimana Hirvonen sempat membalap bagi timnya di tahun 2006-2011 (ketika masih berupa tim Ford) dan musim ini mengatakan bahwa "Mikko dan Jarmo begitu penting bagi kami, mereka memberikan segalanya bagi tim ini, termasuk ketika kami juara dunia konstruktor 2 kali berturut-turut. Saya mewakili seluruh keluarga tim M-Sport mengucapkan terima kasih atas semua ini, dan kami mendoakan yang terbaik bagi mereka.
 

Sudah saatnya saya tidak lagi tidur di sofa
Nakemiin Kiitos
Goodbye and Thank You, Mikko.
Kami akan merindukanmu.

No comments:

Post a Comment