Thursday 25 September 2014

#FirstLove: Mitsubishi Mirage R5

Selamat malam.!

Beberapa hari sebelumnya Ajang Ekshibisi yang dinamakan RallyDay 2014 baru saja digelar di  Sirkuit Castle Combe di Wilkshire, Inggris. Beberapa legenda reli seperti Markku Alen dan Gwyndaf Evans hadir, sedangkan juga anaknya, Elfyn Evans turut hadir ditemani oleh Kris Meeke, dan juga adanya selebrasi 40 tahun Lancia Stratos HF yang ikonik. Tapi dari itu semua, Mitsubishi juga mencuri kesempatan dengan meluncurkan "senjata" barunya untuk berkompetisi di WRC-2 mulai musim depan. Sebenarnya beberapa waktu lalu saya pernah memimpikan mobil ini cocok untuk dipakai di reli karena Evo X terlalu "eksklusif" bagi pembalap dan tim yang ingin mobil yang lebih kompak. AND IT'S REAL!!!!


Setelah Lancer Evolution X (dan Subaru Impreza) tidak diijinkan lagi berkompetisi di WRC-2, Mitsubishi (melalui tim Ralliart Swedia) mulai berpikir keras agar nama besar Mitsubishi kembali ke pentas dunia, dan mereka melihat Mirage punya potensi untuk bersaing dengan mobil-mobil sekelas yang sudah ada seperti Ford Fiesta R5, Citroen DS-3 R3 dan juga Peugeot 208 T16. Selain itu juga, harga Mirage R5 yang lebih murah dari Evo X membuat mobil ini menjadi pilihan.

 Karena belum didukung oleh pihak Mitsubishi pusat, Ralliart Swedia memutuskan untuk mencangkok mesin Evo X. Mesin berkapasitas 1.6L, sudah terpasang turbo merk Garrett 32mm pun dipasang di mobil tersebut, "dikawinkan" dengan transmisi 4WD dan girboks 5-percepatan manual sequential buatan Sadev.

Suspensi menjadi tantangan bagi tim Ralliart Swedia karena mobil ini tidak pernah dipakai sebelumnya untuk reli. Alhasil, mereka memodifikasi strut buatan MacPherson dan memasang spring buatan Ohlins. Soal rem, buatan AP Racing jadi andalan.

Thomas Weng, kepala tim Ralliart Swedia yang mengomandokan pengembangan mobil ini mengatakan:
"Kami berusaha keras untuk membuat mobil ini sesimpel dan seefisien mungkin, dan juga memakai komponen dari Mitsubishi sebisa mungkin. Kami yakin mobil ini akan kompetitif dan mudah dirawat dan juga kami memastikan agar harganya terjangkau.
Sejauh ini pesanan pelanggan melebihi ekspektasi kami."

Mobil ini akan dites bulan Oktober dan direncanakan akan terjun ke dunia reli musim depan. Selain itu, muncul kabar bahwa Skoda akan membuat Fabia R5, namun saya memutuskan untuk tidak membahasnya karena selain mesinnya, spek lainnya hampir sama dengan versi S2000.

Jika ini sukses, bukan tidak mungkin Mitsubishi akan langsung turun tangan.

Bang Subhan Aksa dan Bang Rifat Sungkar, tertarik??

Technical Specification
Engine 4 cylinder, 16 valve transverse 1620cc

Garrett turbo with 32mm restrictor

Gems ECU
Power / Torque 280hp@7500rpm

450Nm@7500rpm
Transmission Sadev 5-speed sequential

Mechanical differential front and rear with AP coupling
Suspension MacPherson strut all round

Ohlins dampers

Docal sub-frames
Brakes AP 4-pot front and rear, ventilated discs

Asphalt 355mm

Gravel / snow 300mm
Wheels Asphalt: 18 x 8in

Gravel: 15 x 7in

Snow: 16 x 5in
Dimensions Length: 3740mm

Width: 1820mm

Height: 1490mm

Wheelbase: 2470mm

Weight: 1230kg

No comments:

Post a Comment