Friday 12 September 2014

#Day1 WRC Coates Hire Rally Australia 2014: VW are Flying, Citroen Hepi, Hyundai merana, Bang Ubang Girang..!

Selamat malam...!

Hari ini adalah hari dimana anda baru saja melewatkan 1 minggu yang panjang, dan bersiap untuk happy weekend. Sembari beristirahat, saya akan me-review Hari pertama Reli Australia, yang cukup ketat, dimana 5 pembalap hanya berjarak 5.8 detik.

Ogier on the TOP
Dimulai dari babak shakedown kemarin, Citroen membuktikan bahwa mereka belum habis dengan merebut posisi 1-2 dengan Kris Meeke tercepat dengan rekan setimnya, Mads Ostberg di belakangnya.Sayangnya, lagi-lagi Volkswagen memimpin day 1 dengan merebut 1-2 dari Citroen (dan 3!). Tidak ingin memori kelam di Jerman terulang, Sebastien Ogier tercepat dengan selisih 0.4 detik dari Jarri-Matti Latvala, sementara Andreas Mikkelsen berada di posisi 3.

Sepertinya VW harus menyiapkan sampanye untuk merayakan titel ke-2 mereka minggu ini.


Namun Mikkelsen tidak bisa tenang, karena Meeke menguntit dengan hanya berjarak 0.6 detik. Rekan setimnya Mads Ostberg harus puas di posisi 7 setelah mengganti diferensial belakang di Citroen DS3-nya. Sementara di kubu Ford M-Sport, ehm, bercampur aduk. Karena Mikko Hirvonen menjalani hari 1 yang bagus, sempat berada di 3 besar sebelum harus puas berada di posisi 5. Begitu juga dengan Robert Kubica, berada di posisi 8, menikmati battle dengan Ostberg. Sebaliknya dengan Elfyn Evans, dia kesulitan dengan trek khas Aussie dan harus berada di posisi 9.


Hyundai? Bad day. Meskipun "si tetangga" Hayden Paddon (dia pembalap asal Selandia Baru, yang tidak masuk kalender WRC musim ini) tampil baik di posisi 6, Thierry Neuville kehilangan 2 menit setelah mengalami kerusakan di suspensi, dan  local hero Chris Atkinson kehilangan ritme terbaiknya dan terlempar dari 10 besar.


Yazeed Al Rajhi memimpin di WRC-2
Sementara di kategori WRC-2, pembalap asal Arab Saudi Yazeed Al Rajhi memimpin, beda 7 detik dari "rival timur tengah", Nasser Al Attiyah. Sementara Jari Ketomaa mengalami masalah di turbo dan harus puas di posisi 3. Yuri Protasov di posisi 4, unggul hampir 23 detik dari pemimpin klasemen, Lorenzo Bertelli, yang mengalami masalah diferensial. Bertelli masih lebih baik dari rivalnya, Ott Tanak yang harus puas di posisi 7, yang juga mengalami kerusakan diferensial dan driveshaft, meskipun setelah semua itu diperbaiki, dia menang di 2 stage.

Subhan Aksa konsisten di day 1

Di atasnya ada pembalap nasional, Subhan Aksa yang baru saja menjalani day 1 yang menyenangkan. Bang Ubang berhasil menjaga konsistensinya dan tanpa mengalami kerusakan di
mobil Ford Fiesta RRC.

Bang Ubang pun sumrigah “Hasil sementara ini cukup puas, sesuai target. Paling tidak ya lebih bagus dari tahun lalu hahaha. Rutenya tricky banget. Kita buat berbagai perubahan setingan, terutama kaki-kaki mobil.”

OK, that's it. Kita akan lanjut di #Day2. 
See ya, Good Luck, Bung..!

No comments:

Post a Comment