Tuesday 19 August 2014

Evolusi Mobil Reli Dunia - Part 1 (Group 4 Car)

Hola..! Kali ini saya akan membahas soal evolusi mobil-mobil yang dipake di  World Rally Championship. dan di part pertama ini, saya akan membahas soal mobil yang berkompetisi sejak 1973 dengan menggunakan regulasi spek Group 4. Check this out..!

GROUP 4


Jauh sebelum WRC edisi pertama digelar pada 1973, Mobil spek Group 4 sebenarnya sudah dipake lebih dulu di balapan mobil sports, meskipun lebih ditujukan sebagai "pelapis" mobil Group 6 yang dipake waktu itu. Namun sejarah pun dimulai ketika WRC edisi pertama dihelat pada tahun 1973, dengan mobil-mobil seperti Lancia Stratos HF, Alpine Renault A110, FIAT 131 Abarth dan Ford Escort RS1800 mendominasi starting entry WRC taun 70-an.

Ford Escort RS1800
Tapi yang paling terkenal tentu saja, Lancia Stratos HF. Jujur saja saya pernah bermain video game arcade yang bernama Sega Rally di Timezone, saya sempat mikir bahwa mobil ini adalah mobil yang dipake, setidaknya, taun 90-an. Right? WRONG..! ternyata mobil ini sudah hampir 40 taun. But still, it looks modern in my eyes.

Lancia Stratos HF Group 4 car
Dari spesifikasinya saja, sudah membuatku termehek-mehek. dengan memakai mesin buatan Ferrari Dino 2.5 Liter V6 dengan sudut 65 derajat, dengan bodykit yang tergolong spesial, mobil ini bisa mengeluarkan tenaga sebesar 265 tenaga kuda dalamp utaran mesin 7800rpm, belum termasuk dengan sasis monokok, yang artinya sasis menyatu dengan bodi, membuat mobil lebih stabil dan juga ringan, membuat mobil ini bisa melaju sampai 235kph, tentunya dengan sasis monokok membuat mobil ini lincah di tikungan. Tak heran kalo mobil ini merengkuh gelar juara 3 kali berturut-turut dari taun 73-75.

Gak banyak memang yang diketahui dari generasi Group 4 ini, tapi mobil-mobil ini menjadi basis untuk sejarah selanjutnya, sampai Group B mengambil alih tahta di taun 1983.

Bersambung di part 2 (Group B #BedaMudaDanBerbahaya)

No comments:

Post a Comment