Wednesday 13 January 2016

#FlatOutNews Edisi 25 (2016 Silly Season PART 9): Welcome Back, MINI! Or, Semi-MINI?

Sebelumnya, saya akan memberikan link-link 8 artikel sebelumnya tentang silly season World Rally Championship musim 2016:
Kalau sudah baca, thank you very much. Kalau belum, silahkan baca agar bisa mengikuti kronologinya.


Nama legendaris MINI dipastikan akan kembali hadir di pentas WRC setelah absen selama 3 tahun, setelah Valeriy Gorban dipastikan akan mengikuti 11 reli musim ini, minus Monte Carlo, China dan Australia.


Gorban memang dikenal sebagai 'pelanggan setia' MINI. Bersama dengan Eurolamp World Rally Team, tercatat bahwa merekalah satu-satunya tim kelas WRC-2 yang menggunakan MINI Countryman RRC (Meskipun secara resmi dicatat sebagai John Cooper Works S2000 1.6T).

Sekedar info, MINI Countryman WRC diluncurkan di pertengahan tahun 2011, dimana proses pengembangannya dibantu oleh Prodrive, yang dikenal dengan kerjasamanya bersama Subaru. 


Meskipun mobil ini banyak diekspos oleh media (Waktu itu sang bos, Dave Richards juga memegang hak siar WRC) dan performanya yang lumayan bagus, BMW selaku pemilik MINI menarik dukungannya dari Prodrive di awal musim 2012, dan kemudian mengundurkan diri di akhir tahun tersebut.

Selain itu, dengan perubahan regulasi yang dinamakan World Rally Car generasi ke-3 segera berlaku di musim 2017, bisa dipastikan kita akan melihat mobil ini untuk terakhir kalinya di WRC.

Kecuali kalau Prodrive punya niat untuk mengembangkan lebih lanjut mobil ini, dan sejauh ini niat tersebut belum ada.


Tapi tenang saja, kalau kamu adalah penggemar balap rallycross, kamu gak perlu khawatir karena di FIA World Rallycross Championship MINI Countryman RX 1.6L besutan JRM Racing turut hadir di paddock, melawan mobil-mobil saingannya yang rata-rata memakai mesin 2.0L.

No comments:

Post a Comment