Wednesday 6 January 2016

#FlatOutNews Rally Edisi 24 (2016 WRC Silly Season Saga PART 8): Elfyn's 2016 WRC-2 Title Aspiration

Sebelumnya, saya akan memberikan link-link 7 artikel sebelumnya tentang silly season World Rally Championship musim 2016:
Kalau sudah baca, thank you very much. Kalau belum, silahkan baca agar bisa mengikuti kronologinya.

But first, Saya mengucapkan Selamat tahun baru 2016 buat kalian semua..! Semoga di tahun ini kita semua menjadi lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya...


Kita semua sudah tahu bahwa M-Sport akan menggunakan jasa Mads Ostberg dan Eric Camilli untuk membalap di WRC musim 2016, menggantikan Elfyn Evans dan Ott Tanak.

Untuk Tanak itu bukan masalah besar karena dia kemudian direkrut oleh tim lamanya, Drive DMACK, dan tetap membalap dengan Ford Fiesta RS WRC musim depan. Tapi bagaimana dengan Elfyn?


Untungnya, sang bos Malcolm Wilson punya rencana lain. Ketimbang memecat Elfyn yang beresiko kehilangan salah satu talenta Britania Raya terbaik, Wilson membawa Elfyn ke 'taman bermain' yang baru (tapi lama): WRC-2.

Yep, Elfyn akan bertanding merebut gelar juara kelas tersebut dengan Fiesta R5. Keputusan yang logis mengingat dominasi mereka yang mulai tergoyahkan oleh Skoda dengan Fabia R5.

Selain itu, kemungkinan besar pula Elfyn akan melakoni beberapa reli dengan Fiesta RS WRC.


Btw, Fiesta R5 yang akan dipakai oleh Elfyn adalah mobil generasi kedua a.k.a Evolution 2. M-Sport menggunakan jatah homologation joker dari FIA untuk meng-upgrade mesin, kopling dan flywheel. Hasilnya power mesin tersebut berhasil mendapatkan ekstra 32 tenaga kuda pada putaran mesin 4500 rpm, dan juga torsi sebesar 56mm pada 4000 rpm.

Selain itu M-Sport akan men-upgrade aerodinamika mobil dan juga sasis, meskipun upgrade tersebut baru akan diperkenalkan kepada publik pada bulan maret mendatang.


Fiesta R5 sendiri bukanlah barang baru untuk Elfyn, karena dia sempat membalap di WRC-2 musim 2013 dengan mobil tersebut. Elfyn bahkan mampu memenangi Wales Rally GB di tahun tersebut, dan menjadi pembalap pertama yang memenangi reli WRC dengan mobil kelas R5, yang baru diperkenalkan di tahun yang sama.

Btw, tahun 2016 ini akan berjalan penuh dengan tantangan bagi Elfyn, karena dia tidak hanya harus membalap dengan mobil berbeda, tapi juga dengan orang yang duduk di kursi sebelah kanan mobilnya.


Itu karena setelah 3 tahun, co-driver-nya Dan Barritt memutuskan untuk menyudahi kerjasamanya dengan Elfyn. Belum diketahui penyebab mereka berdua berpisah, tapi yang pasti Barritt mengatakan bahwa dia akan melakoni 'Tantangan Baru'.
Elfyn akan berpartner dengan co-driver asal Wales Craig Parry.

Parry sendiri bukanlah orang asing di WRC. Reli pertamanya di kejuaraan dunia dimulai di Rally Catalunya-Spanyol tahun 2001, dan tahun ini dia berkompetisi di beberapa ajang berbeda seperti Rally America, Drive DMACK Fiesta Cup dan juga NACAM Fiesta R2 Cup.

 Anyway, fingers crossed to all of you, Elfyn and Craig. Good Luck..!

No comments:

Post a Comment