Tuesday 1 September 2015

#FlatOutNews Rallycross Edisi 2: Welcome #BarcelonaRX!

Setelah beberapa bulan, akhirnya Edisi kedua dari #FlatOutNews Rallycross rampung juga...

Dan ini dia hal-hal yang terjadi di dunia rallycross,dan beberapa diantaranya itu spesial:

1. This Is Barcelona RX..!


 Beberapa waktu yang lalu FIA World Rallycross Championship baru saja meluncurkan denah layout Circuit de Catalunya, yang akan menggelar Barcelona RX 18-20 September 2015 mendatang:


Terletak di area stadium tribune yang terkenal, sirkuit ini mempunyai panjang 1.1 km dengan total 9 tikungan (6 kiri, 3 kanan) yang berarti anti-clockwise (berlawanan ara jarum jam).

Setelah melewati garis start, pembalap akan langsung disuguhkan 2 tikungan cepat sebelum menginjak pedal rem kuat-kuat menuju tikungan 3, 4 dan 5 yang lumayan tricky, lengkap dengan gravel. 3 tikungan selanjutnya dapat dilewati dengan kecepatan maksimal + pengereman halus dan presisi dan kemudian masuk ke tikungan 9 yang berupa tikungan tusuk konde 180 derajat. Sementara itu tikungan Joker Lap berada di area chicane yang digunakan di balap Formula 1.



2. Kado Spesial Untuk Salsten


Juara kelas TouringCars 2015, Fredrik Salsten akan membalap dengan mobil Supercar untuk pertama kalinya sepanjang kariernya.

Lebih tepatnya, dia akan membalap di Barcelona RX dengan Peugeot 208 WRX yang disiapkan oleh Hansen Talent Development. Dia sudah melakukan sesi tes dengan mobil barunya di Swedia 3 haru setelah mengunci gelarnya, dengan advice dari bos tim, Kenneth Hansen.

Now, do it!

3. F1 -> World RX

 Do you know who is he? The guy on the left, not on the right.

Of course.
Dia Jenson Button, Juara dunia Formula 1 tahun 2009.

Minggu lalu dia baru saja mengetes mobil rallycross untuk pertama kalinya di sirkuit Lydden Hill, Inggris, dengan mobil MINI Countryman garapan JRM Racing. Tentu saja ini bukan ajang pre-event test, melainkan untuk sesi film untuk stasiun televisi BBC.

Dan Jenson tidak sendirian, karena dia ditemani oleh mantan rivalnya di F1 yang sekarang menjadi komentator, David Coulthard dan pembalap SDRX Liam Doran, yang memberikan advice kepada mereka berdua. Coulthard sendiri mengemudi mobil Citroen DS3 milik Doran.


Rallycross sendiri bukanlah hal yang baru baut Jenson, karena ayahnya, Alm. John Button adalah mantan pembalap rallycross, dan prestasi terbaiknya adalah runner-up di kejuaraan Nasional tahun 1976. Jenson sendiri juga sempat mengemudi mobil Volkswagen Beetle yang menjadi andalan Button Sr. selama karier rallycross-nya.



Jadi, gimana kesan pertamanya Jenson tentang pengalamannya dengan mobil bertenaga hingga 600bhp?
"Ini pengalaman yang sangat luar biasa, sangat berbeda dengan mobil yang biasanya saya pakai (McLaren-Honda). Anda perlu skill yang sangat kuat untuk mengemudi mobil ini."

"World RX adalah kejuaraan yang sangat menarik dan senang rasanya olahraga ini bertumbuh dengan pesat." tutur Jenson, yang juga mengatakan bahwa dia tidak akan jadi juara dunia jika bukan karena mendiang Ayahnya.


Sementara itu Coulthard juga terkesan. "Rallycross is higly skilled. Pembalap
harus bertarung dengan campuran aspal dan gravel, dan itu selalu silih berganti di setiap putaran. Saya punya rasa hormat yang sangat besar kepada para pembalap."

"Saya 100% merekomendasikan semua orang untuk menonton rallycross."

Btw, ada 1 foto dimana Jenson tersenym lebar ketika berada di dalam mobil MINI JRM.
 Sesuatu yang jarang terlihat ketika dia berada di F1, karena masalah demi masalah yang menimpa mobil McLaren-nya.



 Niat untuk pindah ke World RX, Jenson??

No comments:

Post a Comment