Friday 4 September 2015

#preview FIA World Rallycross RX of France 4-6 September 2015

Bienvenue en France!


 Selamat datang di Prancis, tapi para pembalap dan tim tidak akan berkunjung ke menara Eiffel, atau Stade de France. Mereka justru berkunjung ke Loheac, sebuah kota kecil di Prancis Barat, yang akan menggelar ronde kesembilan FIA World RX musim 2015.

The Challenge
 
Sumber: fia.com

 Dengan total panjang sirkuit 1.088 km, Sirkuit Loheac menyajikan layout yang fantastis, mulai dari karakternya yang tergolong cepat dan lebar (salah satu sirkuit tercepat musim ini) sampai puluhan ribu penonton yang memenuhi di tribun yang tersedia di semua sisi trek.

Tapi fitur yang paling memikat perhatian adalah tikungan Joker Lap, yang terletak di sisi dalam trek (Tikungan 3-4a-5a-6a). Tikungan-tikungan tersebut cepat, sangat cepat jadi penentu hasil akhir setiap pembalap berada di sini. Itu masih ditambah dengan area jump yang terletak di trek lurus diantara tikungan 3 dan 4a.



Attention Please..!


Sinyal bahaya sudah menyala dalam benak Petter solberg. Gimana tidak, sudah lebih dari 100 hari dia tidak lagi berada di podium teratas. Kemenangan terakhirnya adalah di Lydden RX di Inggris. Solberg bahkan gagal lolos ke babak Final dalam 2 balapan terakhir di Trois Rivieres, Kanada dan Hell, Norwegia.

He really have to do something to keep his advantage.


Atmosfer sebaliknya kini menyelimuti tim Peugeot Hansen, dimana kedua pembalapnya, Timmy Hansen dan Davy Jeanney tampil impresif dalam beberapa balapan terakhir dengan 2 kemenangan berturut-turut, termasuk finish 1-2 di Hell RX.

Timmy, yang sekarang menghuni posisi kedua di klasemen punya kesempatan emas untuk mengikis keunggulan Solberg. Sedangkan Jeanney juga siap untuk menerkam, dengan syarat dia harus unggul dari pembalap Ford OlsbergsMSE, Andreas Bakkerud.

Btw, ada 37 mobil kelas Supercar yang akan saling bertarung di sirkuit Loheac (semuanya bertanding di World RX), dan beberapa nama diantaranya menarik perhatian.


Yang pertama, dan yang paling disorot adalah jawara World Touring Car Championship 4 kali, Yvan Muller. Dia akan bertanding dengan mobil Peugeot 208 WRX garapan Albatec Racing, dan akan ditemani oleh pembalap regular Euro RX, Jerome Grosset-Janin.

Selain itu, mantan pembalap WRC Francois Duval juga ikut serta, kali ini dengan 208 ala Pailler Competicion. Tandemnya adalah 2 kakak beradik , Fabien & Jonathan Pailer. Legenda snowboarding, Guerlain Chicherit juga akan melakukan debutnya dengan MINI Countryman yang disiapkan oleh JRM Racing, dan partner kali ini adalah Guy Wilks.

Dan masih banyak lagi...


Kelas Super 1600 kembali untuk pertama kalinya sejak Holjes RX di Swedia. Setelah 4 seri sebelumnya, Janis Baumanis tampil sempurna dengan menyabet semuanya. Dia sekarang unggul 25 poin dari Krzstian Szabo, dan Nikita Misyulya dan Ulrik Linemann hanya terpaut 1 poin dari Szabo.

Kamu bisa menonton balapan Loheac RX DISINI.

No comments:

Post a Comment