Friday 19 February 2016

#FlatOutNews Rallycross Edisi 5 (2016 World RX Silly Season Saga PART 3) : It's All About FORD (Right Now)

Sebelumnya, saya akan memberikan link-link 2 artikel sebelumnya tentang silly season World Rallycross Championship musim 2016:
Kalau sudah baca, thank you very much. Kalau belum, silahkan baca agar bisa mengikuti kronologinya.

New Hope for Team Austria

Setelah musim 2015 yang penuh dengan tantangan, RX Team Austria siap menghadapi musim 2016 dengan 2 'amunisi' baru: Timur Timerzyanov dan Janis Baumanis.


Kedua pembalap tersebut akan membalap dengan Ford Fiesta RXS, hasil kreasi MJP Racing dan Stohl Racing. Sang bos tim Max Pucher hanya akan berkompetisi di Euro RX dan beberapa seri di World RX, sementara itu Manfred Stohl tidak akan membalap musim ini, melainkan fokus di sisi teknis tim ini.

 
RX Team Austria juga menjadi tim Ford ketiga di World RX musim ini. Hanya saja tidak seperti 2 rivalnya (OlsbergsMSE dan Hoonigan Racing/M-Sport), tim ini tidak mendapatkan support langsung dari Ford Performance.

Angular side fender di Fiesta RXS (Kiri) VS Fiesta ST.
Meskipun begitu, mobil ini menjadi salah satu yang paling mencolok di World RX karena hadirnya angular side fender yang mengotak (yang biasanya kita jumpai di mobil-mobil WRC), dimana Fiesta ST (OlsbergsMSE) dan R/X (M-Sport) masih membulat. Jika tahun sebelumnya Fiesta RXS memakai warna merah dan putih ala Austria, kini warna hitam juga masuk ke dalam corak mobil tersebut.

ISISPapyrus dan Vipor, keduanya merupakan software developer, masih menjadi sponsor tim ini.


Sebagai pembalap senior dan juga juara Euro RX 2 kali, bisa dipastikan Timerzyanov diplot sebagai team leader. Kehadirannya bisa menjadi panutan bagi rekan setimnya yang lebih muda, Janis Baumanis.

Tapi mampukah dia mengemban tugas tersebut setelah musim 2015 yang sulit bersama OlsbergsMSE?



Sedangkan bersama Reinis Nitiss, Baumanis menjadi pembalap Latvia kedua yang berlaga di World RX. Tentu saja hal ini membuat rakyat Latvia makin bersemangat untuk menyaksikan aksi mereka berdua, apalagi dengan masuknya Latvia RX ke kalender musim ini.

Baumanis sendiri sukses merebut gelar juara Euro RX kelas Super 1600, dan penampilannya bersama Team Austria di Argentina RX musim lalu membuat Pucher tidak berpikir dua kali untuk memburu tandatangannya.

From Poland with Love

Austria bukanlah satu-satunya negara yang akan tampil membawa bendera mereka di World RX (Meskipun kedua pembalapnya bukanlah orang Austria).

Holowczyc & Kaczmarski.
2 pembalap cross-country rally asal Polandia, Krzystof Holowczyc dan Martin Kaczmarski akan bertanding di Euro RX dengan Ford Fiesta ST hasil racikan OlsbergsMSE.

Belum diketahui apakah mereka akan berkompetisi dalam satu tim, tapi jika saja hal itu terjadi, bisa dibilang mereka akan 'bermain' dalam naungan Lotto Team.


Sebelumnya kedua pembalap tersebut mencari pengalaman di rallycross dengan berkompetisi di kelas RX Lites. Holowczyc dan Kaczmarski finish ke-8 dan ke-9 di klasemen akhir, sama-sama mengumpulkan 59 poin.

2016 RX Lites Schedule

Soal RX Lites sendiri, jadwal untuk musim 2016 sudah DIRILIS. Ini dia:


Ronde
Acara
Sirkuit
Tanggal
1.
World RX of Hockenheim
Hockenheimring Baden-Wurttemberg
7-8 Mei 2016
2.
World RX of Belgium
Circuit Jules Tacheny de Mettet
14-15 Mei 2016
3.
World RX of Great Britain (Inggris)
Lydden Hill Race Circuit
28-29 Mei 2016
4.
World RX of Norway
Lankebanen, Hell
11-12 Juni 2016
5.
World RX of Sweden
Holjesbanan
2-3 Juli 2015
-
World RX of Canada
Grand Prix Trois-Rivieres
6-7 Agustus 2016
6.
World RX of Barcelona (Spanyol)
Circuit de Catalunya
17-18 September 2016
7.
World RX of Latvia
Bikernieki Race Track
1-2 Oktober 2016


Semua pembalap dan tim RX Lites memakai mobil silohuette Fiesta Supercar Lites buatan Ford OlsbergsMSE dan Avitas Motorsport. Mobil yang di dalamnya tersemat mesin 2.4L Ford Duratec tersebut diwajibkan 'meminum' bensin balap P1, dan Cooper Tyres masih menjadi penyuplai ban resmi di kelas ini.

Seperti musim lalu, RX tetap akan hadir di 8 balapan di musim 2016, dengan RX Kanada diplot sebagai exhbition race dan tidak dihitung di klasemen. Ini dia perbedaannya dengan RX Lites Edisi 2015:
  •  Bye-bye Portugal

Setelah 2 tahun menjadi seri pembuka, Portugal RX harus rela kehilangan kelas RX Lites di dalam agendanya.
  • Wilkommen in Deutschland!

Di sisi lainnya, Sirkuit Hockenheim akan semakin sibuk di bulan Mei mendatang. Selain menggelar seri pembuka DTM dan Hockenheim RX, mereka juga akan kedatangan calon bintang-bintang rallycross yang bertanding di kelas RX Lites.
  • Latvian Finale

Dihapusnya seri Turki dan Italia dari World RX membuat Latvia RX, yang akan digelar di awal Oktober mendatang diplot sebagai seri penutup RX Lites musim 2016.
  • No More Argentina

Sejak RX Lites mulai digelar musim 2014 silam, jawara di setiap tahunnya mendapatkan kesempatan untuk membalap di seri penutup Argentina RX, dengan Ford Fiesta ST bersama OlsbergsMSE selaku provider mobil Supercar Lites. Kevin Eriksson dan Kevin Hansen adalah 2 pembalap yang berhak mendapatkan kado tersebut.


Hanya saja, mulai tahun ini juara RX Lites akan membalap bersama OlsbergsMSE di Germany RX di Estering. Juara RX Lites juga akan diberikan Goran Heriksson Memorial Trophy, sebagai bentuk tribut kepada pendiri Olsberg Group.

Selain itu, pembalap yang menghuni posisi kedua & ketiga di klasemen akhir juga berhak mendapatkan jatah tes Supercar (dalam hal ini, Ford Fiesta ST) selama 1 hari, sebagai upaya untuk menambah jam terbang di mobil spek tertinggi di rallycross.

No comments:

Post a Comment