Friday 11 December 2015

#FirstLove: New (& Official Look) Hyundai i20 WRC & All-New i20 R5

Pada hari Selasa, tanggal 9 Desember 2015i markas Hyundai Motorsport di Alzenau, Jerman, Hyundai World Rally Team meluncurkan tampang 'resmi' dari all-new Hyundai i20 World Rally Car, yang akan dipakai di musim 2016.



Sebelumnya saya sudah mengulas sisi teknis mobil baru Hyundai i20 WRC, yang dapat kamu buka DISINI: #FirstLove: ALL-NEW Hyundai i20 WRC

Disini saya hanya akan membahas sisi 'kecantikan' dari mobil tersebut. INI DIA:


 Seems pretty, doesn't it? Ini dia foto lengkapnya:


Looks Sexy ha?





Kini saya akan melakukan perbandingan dengan livery i20 sebelumnya, yang berkonfigurasi 3 pintu.



Mobil i20 WRC generasi pertama (sebelah kiri) didominasi oleh warna merah dan powder blue, tapi warna merah ala Shell tersebut tidak lagi mendominasi di bodywork i20 WRC baru (sebelah kanan). Kini warna abu-abu menginvasi bagian bumper depan & belakang serta angular fender, dan warna merah lebih sekedar menjadi 'pemanis' di roda depan dan sekitarnya.


 
Bagaimanapun, i20 baru tersebut kelihatan seksi, dan dengan kesan positif yang diungkapkan oleh para pembalapnya, harusnya mobil ini siap menjadi saingan berat Volkswagen Polo R WRC, khususnya Sebastien Ogier. Apalagi Hyundai menjadi satu-satunya tim pabrikan selain VW yang akan bertarung di WRC musim 2016 setelah Citroen memutuskan sabbatical.

The Hidden Beast is Set to Roar

 Dan ketika semua mata dan lensa kamera tertuju kepada mobil tersebut, ada 1 'saudaranya' yang terlupakan, tapi tetap patut menjadi perhatian.


Ladies and gentleman, this is Hyundai i20 R5.

Dilihat dari sisi teknis, mobil ini akan memakai mesin 1.6 liter turbocharged (mungkin versi down-spec yang berbeda dari 'sang kakak'), sudah dengan turbo restrictor sebesar 32mm. Mobil ini juga akan memakai girboks standar sequential 5-kecepatan buatan Sadev, bukan girboks semi-automatic 6-kecepatan dengan paddle shift yang tercangkok di i20 WRC.

Seperti para saingannya seperti Ford Fiesta R5, Skoda Fabia R5 dan Peugeot 208 T16, harga mobil ini bisa ditaksir mencapat 180.000 euro atau sekitar 3 miliar Rupiah (harga tersebut sudah dengan suku cadang). Harga tersebut merupakan harga maksimal yang dapat dilabeli di mobil kelas R5.


Satu hal yang menjadi bahan pembicaraan tentang i20 R5 tersebut adalah spoiler belakangnya, lebih tepatnya 2 pilar penyangga elemen spoiler tersebut. Apakah itu legal dimata FIA, atau harus dirubah? Kita lihat saja nanti.



Sementara itu tidak ada perubahan di lini pembalap. Thierry Neuville, Dani Sordo dan Hayden Paddon tetap akan tampil full time musim depan, meskipun Paddon akan bertanding di Rallye Monte Carlo musim depan dengan i20 spek-2015, sebelum beralih ke i20 baru di seri selanjutnya di Swedia.

Sementara itu pembalap keempat Kevin Abbring lebih difokuskan ke pengembangan i20 R5 sembari mengikuti beberapa seri WRC musim depan. Mungkin juga dengan kelas WRC-2.

No comments:

Post a Comment