Sunday, 27 September 2015

#FirstLove: ALL-NEW Hyundai i20 WRC

Ya memang sedikit terlambat, tapi itu lebih baik daripada tidak sama sekali...


Di Frankfurt Motor Show 2015, yang berlangsung sejak tanggal 17 September sampai hari ini, Hyundai baru saja memamerkan mobil baru mereka, yaitu i20 WRC generasi kedua kepada masyarakat.

Jelas, mobil ini sangat berbeda dibandingkan dengan i20 generasi pertama. Tapi apa saja perbedaannya? Ini dia:


Perbedaan terbesarnya adalah i20 WRC baru kini mempunyai 5 pintu, karena Hyundai kini tidak menjual i20 baru berbasis 3 pintu. Selain itu, wheelbase di mobil baru lebih panjang 1.6 inch, atau 4.5 cm dari mobil lama.

Meskipun secara keseluruhan i20 baru terlihat lebih bongsor dari pendahulunya, ternyata panjang mobil baru ini lebih pendek 10 mm dari mobil lama.

Sasis baru ini diyakini mempunyai distribusi bobot lebih siip, karena mereka lebih leluasa dalam penempatan pemberat untuk menyentuh bobot minimun 1200 kg.

Ini dia data perbandingannya:


All-new Hyundai i20 WRC
Old Hyundai i20 WRC
Wheelbase
2.570 mm (101 in)
2.525 mm (99.4 in)
Panjang
3.985 mm (156.9 in)
3.995 mm (157.3 in)
Lebar
1.734 mm (68.3 in)
1.710 mm (67.3 in)
Tinggi
1.505 mm (59.3 in)
1.490 mm (58.7 in)
Perhitungan ini diambil dari perbandingan antara 2 mobil i20 (baru & lama) produksi umum.

Soal aerodinamika, tidak ada perbedaan besar antara kedua mobil tersebut. Sepertinya Hyundai memilih untuk mencoba bodywork baru, yang kompatibel dengan regulasi World Rally Car generasi ketiga mulai tahun 2017 di tahun depan.

Ini adegan darurat, jangan ditiru ke mobil anda
Bicara soal mesin, belum ada informasi yang bocor apakah Hyundai akan memakai mesin baru, atau memilih untuk mencangkok mesin lama dan dipasang di mobil baru, dan kemudian menyimpan tenaga untuk mengembangkan mesin yang betul-betul baru untuk musim 2017.

Yang pasti, Hyundai tetap bekerja sama dengan engine tuner asal Prancis, Pipo Moteurs untuk mengembangkan mesin tersebut. Selain Hyundai, Pipo juga mengembangkan mesin Ecoboost 1.6L yang ditanam di Ford Fiesta WRC bersama M-Sport.


Selain harus mengembangkan mobil WRC yang siap untuk tahun 2016 dan 2017, Hyundai juga mendapatkan mandat untuk mengembangkan, dan menjual i20 dengan spesifikasi R5, yang rencananya akan siap terjun ke lintasan di pertengahan musim depan. Hyundai akan bergabung bersama Ford (M-Sport), Skoda, Peugeot dan Citroen sebagai pabrikan yang menyediakan mobil spek R5.

Ini dia foto-foto Hyundai i20 WRC baru (sumber: autoblog.com):









No comments:

Post a Comment