Hari pertama, Jumat 21 Agustus 2015, 8 SS, jarak total 136 km, dan Sebastien Ogier kemimpin hari pertama Rally Jerman 2015 dengan keunggulan 9.5 detik dari rekannya, dan juga saingan terdekatnya. Jari-Matti Latvala. Latvala sendiri sempat memimpin sebelum servis, sebelum Ogier langsung merebutnya di SS selanjutnya di Sauertal.
Ini akan terus berlanjut sampai Power Stage, kalau semuanya lancar.
Setidaknya semuanya berjalan lancar buat Volkswagen, yang juga menempatkan Andreas Mikkelsen di posisi ketiga, jadi VW all the way di kampung halaman sendiri.
Di posisi keempat ada Dani Sordo, yang tidak hanya membuktikan kapasitasnya sebagai spesialis aspal, tapi juga sebagai jawaban atas spekulasi mengenai masa depannya di tim Hyundai (#FlatOutNews Rally Edisi 17). Rekan setimnya, Thierry Neuville melengkapi 5 besar. Memori indah 2014 sepertinya tidak terjadi lagi tahun ini.
Sedangkan pembalap Hyundai lainnya, Hayden Paddon berada di peringkat kedelapan, dipisahkan oleh 2 M-Sport Elfyn Evans dan Ott Tanak. Tanak sendiri sempat menabrak pagar pembatas di SS pertama, tapi kemudian bisa lanjut dan fight menuju posisi ketujuh, hanya berjarak 5.7 detik dari Evans. Citroen kembali off the pace, dimana Mads Ostberg hanya mampu berada di posisi kesembilan, dan rekannya Kris Meeke lagi-lagi over the edge, setelah terlalu agresif melewati pembatas jalan di SS6, merusaki roda kiri belakang, dan turun dari posisi 4 ke 25.
Satu-satunya hal yang membuat bos tim Citroen, Yves Matton tersenyum adalah performa sang debutan Stephane Lefebvre, yang tampil dengan corak Red Bull di mobilnya dan bukan Abu Dhabi (teringat era keemasan Sebastien Loeb). Juara WRC-3/Junior WRC musim lalu ini mampu tampil impresif, dengan posisi kesepuluh.
Sementara itu di kelas WRC-2, dengan absennya pembalap dan tim yang menggunakan Ford Fiesta (Yuriy Protasov ikut balapan tapi tidak masuk ke hitungan poin WRC-2), Skoda juga melakukan hal yang juga pemiliknya, VW lakukan: MENDOMINASI. Tapi kali ini Jan Kopecky yang memimpin dari Craig Breen dan Eric Camilli.
Tapi dominasi kali ini tidaklah terasa lengkap bagi Skoda karena pemimpin klasemen Esapekka Lappi mengalami kecelakaan di SS2, dan akan restart di hari kedua. Pembalap baru mereka, Nasser Al-Attiyah juga tidak menjalani debut yang mengenakan, karena dia mengalami kecelakaan di SS1. Dia mampu melanjutkan relinya, tapi di SS3 ban mobilnya pecah. Tidak sampai di situ, karena Fabia R5 milik Armin Kremer juga harus menyerah karena masalah dengan tekanan oli, dan dia harus packing lebih awal.
Rally Jerman akan kembali dengan 9 SS di hari kedua, alias hari ini. Sampai jumpa!
2015 Rallye Deutschland: Overall standings after Stage 8 (Top 10):
1. Sebastien Ogier Volkswagen Motorsport Polo R WRC 1hr 19m 13.5s M
2. Jari-Matti Latvala Volkswagen Motorsport Polo R WRC +0m 09.5s M
3. Andreas Mikkelsen Volkswagen Motorsport II Polo R WRC +0m 34.9s M
4. Dani Sordo Hyundai Motorsport i20 WRC +1m 06.8s M
5. Thierry Neuville Hyundai Motorsport i20 WRC +1m 08.7s M
6. Elfyn Evans M-Sport WRT Ford Fiesta RS WRC +1m 22.1s M
7. Ott Tanak M-Sport WRT Ford Fiesta RS WRC +1m 27.8s M
8. Hayden Paddon Hyundai Motorsport N i20 WRC +1m 31.4s M
9. Mads Ostberg Citroen Total Abu Dhabi WRT DS 3 WRC +1m 35.4s M
10. Stephane Lefebvre Citroen Total Abu Dhabi WRT DS 3 WRC +2m 27.3s
Other(s)
11. Kevin Abbring Hyundai Motorsport i20 WRC +3m 48.1s
12. Martin Prokop Jipocar Czech National Team Ford Fiesta RS WRC +3m 48.6s M
13. Jan Kopecky Skoda Fabia R5 +4m 07.2s WRC2
14. Craig Breen Peugeot 208 T16 +5m 29.8s WRC2
15. Eric Camilli Ford Fiesta R5 +5m 44.1s WRC2
25. Kris Meeke Citroen Total Abu Dhabi WRT DS 3 WRC +10m 02.1s M
29. Robert Kubica Ford Fiesta RS WRC +11m 38.2s
WRC2 standings after Stage 8 (Top 3):
1. Jan Kopecky Skoda Fabia R5 1hr 23m 20.7s WRC2
2. Craig Breen Peugeot 208 T16 +1m 22.6s WRC2
3. Eric Camilli Ford Fiesta R5 +1m 36.9s WRC2
Notable retirements:
SS2. Esapekka Lappi Skoda Fabia R5 Went off WRC2*
M denotes Manufacturer entry
*Will re-start on Saturday under Rally 2
all times unofficial
No comments:
Post a Comment