Monday, 3 August 2015

#LastDay WRC Rally Finlandia 2015: The Fastest WRC Rally Win, EVER

Halo..!

Pinggir jalan sepertinya tidak berbahaya buat penonton yang satu ini.
As i said, take it easy to win. But don't be too easy though.
Dan Jari-Matti Latvala mematuhi syarat itu di 2 SS terakhir di Rally Finlandia untuk meraih kemenangan ketiganya di kampung halamannya sendiri. Kemenangan ini juga melahirkan rekor baru. Dengan kecepatan rata-rata 125.44 km/jam, inilah kemenangan tercepat sepanjang sejarah WRC.

Tapi yang lebih penting, dia kembali ke perburuan gelar juara tahun ini. "Ini kemenangan yang fantastis. Saya membalap dengan sangat baik di akhir minggu ini, khususnya di hari sabtu dimana itu yang terbaik. Setelah Polandia saya berkonsentrasi untuk event ini. Saya pikir kans untuk gelar sudah hilang, tapi saya tahu kalau saya menang disini itu akan membantu."


Selebrasi macam apa pula ini??
Setelah 2 kemenangan berturut-turut, Sebastien Ogier harus puas turun ke peringkat kedua. Tapi seperti biasa, dia "menambalnya" dengan 3 poin di power stage, dan Ogier masih punya keunggulan 89 poin dari Latvala, yang menggusur anak tiri VW, Andreas Mikkelsen di klasemen. "Jari-Matti sangat kuat minggu ini, jadi selamat untuknya."

Mads Ostberg menjaga asanya untuk bertahan di posisi ketiga di klasemen pembalap, dan tim Citroen untuk posisi kedua di klasemen tim (Lupakanlah Volkswagen, mereka sudah terlalu jauh!) dengan podium ketiga. Citroen kini hanya punya keunggulan 2 poin dari Hyundai, dan 15 poin dari M-Sport. Thierry Neuville finish keempat, meskipun mengalami kecelakaan di babak shakedown yang berujung dengan confidence syndrome di dalam dirinya dan mesin mobil Hyundai i20-nya (mobilnya sempat turun ke 3 silinder di hari kedua)

Good job, Juho.
Ott Tanak finish kelima, dan itu tergolong fantastis karena damper di mobilnya rusak di hari pertama, yang membuatnya "fu**ed up". Juho Hanninen menyelesaikan reli pertamanya sejak Wales Rally GB tahun lalu dengan posisi keenam. Good job and good luck, Juho. Martin Prokop kembali ke 10 besar dengan posisi ketujuh, dan Lorenzo Bertelli meraih poin pertamanya dengan mobil spek World Rally Car dengan finish kesepuluh, meskipun ya, ini bukan hasil terbaiknya (Bertelli finish kesembilan di Rally Italia tahun lalu dengan mobil spek WRC-2).

Cara cerdas oleh Elfyn Evans untuk bertahan di hari pertama.
Di luar 10 besar ada Dani Sordo yang finish tepat dibawahnya Bertelli (dia terperangkap di parit di hari kedua), Elfyn Evans finish ke-12 (Kerusakan suspensi. Lihatlah foto di atas), Khalid Al-Qassimi lebih memilih tampil di Finlandia untuk ambil pengalaman dan finish ke-17 sepertinya bukan masalah baginya. Tapi buat Kris Meeke, itu masalah besar. Kesempatan untuk podium di Finlandia disia-siakannya, dan dia harus siap untuk diomelin bos tim Citroen, Yves Matton.


Di kelas WRC-2, Esapeka Lappi dan Pontus Tidemand kembali meraih posisi 1-2. Kemenangan ini mengantarkannya, dan juga tim Skoda ke puncak klasemen di kategori pembalap dan tim WRC-2. Stephane Lefebvre finish ketiga, tapi kemudian didiskualifikasi karena Citroen DS3 R5-nya menggunakan software ECU yang belum dihomologasi, meskipun tim bersikukuh bahwa software itu tidak ada bedanya dengan yang telah dihomolagi. Alhasil Yuriy Protasov yang menggantikannya di podium, dan 3 poin ekstra membuatnya tetap berada di peringkat ketiga di klasemen, posisi yang sebelumnya berada di tangan Tidemand.

Dan di kelas WRC-3/Junior WRC, Quentin Gilbert meraih kemenangan ketiganya di musim ini setelah pertarungan keras dengan Henri Happamaki, dimana keduanya hanya terpaut 0.5 detik. Kemenangan ini memantapkannya di klasemen kedua kategori tersebut. Pembalap World Rallycross, Ole Christian Veiby finish ketiga.

Bosan dengan lintasan gravel melulu? Tenang saja, karena reli selanjutnya adalah di Jerman yang bertipe aspal (Ya, masih ada sedikit gravelnya di aspal). Reli ini akan digelar di tanggal 20-23 Agustus 2015, tapi sebelum itu ada event World RX di Kanada akhir minggu ini, dan saya akan merilis #preview dengan segera.

Bye..!

2015 Rally Finland: Overall standings after Stage 20 (Top 20):

1. Jari-Matti Latvala Volkswagen Motorsport Polo R WRC 2hrs 33m 03.8s M
2. Sebastien Ogier Volkswagen Motorsport Polo R WRC +0m 13.7s M
3. Mads Ostberg Citroen Total Abu Dhabi WRT DS 3 WRC +1m 36.8s M
4. Thierry Neuville Hyundai Motorsport i20 WRC +3m 58.7s M
5. Ott Tanak M-Sport WRT Ford Fiesta RS WRC +4m 29.3s M
6. Juho Hanninen Ford Fiesta RS WRC +4m 44.3s
7. Martin Prokop Jipocar Czech National Team Ford Fiesta RS WRC +6m 20.3s M
8. Esapekka Lappi Skoda Fabia R5 +7m 11.2s WRC2
9. Pontus Tidemand Skoda Fabia R5 +8m 52.2s WRC2
10. Lorenzo Bertelli FWRT SRL Ford Fiesta RS WRC +9m 37.4s M
11. Dani Sordo Hyundai Motorsport i20 WRC +10m 17.8s M
12. Stephane Lefebvre Citroen DS 3 RRC +10m 42.7s WRC2
13. Elfyn Evans M-Sport WRT Ford Fiesta RS WRC +11m 46.2s M
14. Yuriy Protasov Ford Fiesta RRC +12m 09.5s WRC2
15. Scott Pedder Ford Fiesta R5 +13m 56.8s WRC2
16. Anders Grondal Citroen DS 3 R5 +15m 29.0s WRC2
17. Khalid Al Qassimi Citroen Total Abu Dhabi WRT DS 3 WRC +16m 20.7s
18. Kris Meeke Citroen Total Abu Dhabi WRT DS 3 WRC +21m 39.7s M
19. Quentin Gilbert Citroen DS 3 R3T Max +21m 39.8s WRC3/JWRC
20. Henri Haapamaki Citroen DS 3 R3T Max +21m 40.3s WRC3/JWRC

Other(s)

21. Ole Christian Veiby Citroen DS 3 R3T Max +24m 48.9s WRC3/JWRC
22. Juan Carlos Alonso Ford Fiesta R5 +28m 39.0s WRC2


Rally Finland: Power Stage / SS20 (Top 3):

1. Sebastien Ogier Volkswagen Motorsport Polo R WRC 6m 16.1s M
2. Jari-Matti Latvala Volkswagen Motorsport Polo R WRC +0m 00.4s M
3. Kris Meeke Citroen Total Abu Dhabi WRT DS 3 WRC +0m 02.9s M

NOTE: Top three finishers in Power Stage are awarded bonus points. 1st = 3 points; 2nd = 2 points; 3rd = 1 point


WRC2 standings after Stage 20 (Top 10):

1. Esapekka Lappi Skoda Fabia R5 2hrs 40m 45.0s WRC2
2. Pontus Tidemand Skoda Fabia R5 +1m 41.0s WRC2
3. Stephane Lefebvre Citroen DS 3 RRC +3m 31.5s WRC2
4. Yuriy Protasov Ford Fiesta RRC +4m 58.3s WRC2
5. Scott Pedder Ford Fiesta R5 +6m 45.6s WRC2
6. Anders Grondal Citroen DS 3 R5 +8m 17.8s WRC2
7. Juan Carlos Alonso Ford Fiesta R5 +21m 27.8s WRC2
8. Rendina Massimiliano Mitsubishi Lancer Evo X +24m 25.8s WRC2
9. Gianluca Linari Subaru Impreza STi N15 +34m 37.8s WRC2
10. Alain Foulon Mitsubishi Lancer Evo X +35m 21.1s WRC2


WRC3 / JWRC standings after Stage 20:

1. Quentin Gilbert Citroen DS3 R3T Max 2h 54m 43.6s WRC3/JWRC
2. Henri Haapamaki Citroen DS 3 R3T Max +0m 00.5s WRC3/JWRC
3. Ole Christian Veiby Citroen DS 3 R3T Max +3m 09.1s WRC3/JWRC
4. Terry Folb Citroen DS4 R3T Max +9m 27.3s WRC3/JWRC
5. Jean-Rene Perry Citroen DS4 R3T Max +10m 30.8s WRC3/JWRC
6. Damiano De Tommaso Peugeot 208 VTi R2 +12m 24.6 WRC3
7. Mohamed Al-Mutawaa Citroen DS3 R3T Max +28m 16.4s WRC3/JWRC
8. Jari Huttunen Citroen DS3 R3T Max +30m 17.5s WRC3/JWRC
9. Federico Della Casa Citroen DS3 R3T Max +31m 48.2s WRC3/JWRC
10. Simone Tempestini Citroen DS3 R3T Max +43m 51.8s WRC3/JWRC


Notable retirements:

SS5. Andreas Mikkelsen Volkswagen Motorsport II Polo R WRC Crashed M
SS5/6. Robert Kubica Ford Fiesta RS WRC Mechanical*
SS5/6. Craig Breen Peugeot 208 T16 Engine WRC2
SS6. Hayden Paddon Hyundai Motorsport N i20 WRC Crashed M

SS16. Kris Meeke Citroen Total Abu Dhabi WRT DS 3 WRC Broke front-left wheel M**
SS18. Robert Kubica Ford Fiesta RS WRC Rolled

*denotes re-started on Saturday under Rally 2
**denotes re-started on Sunday under Rally 2

M denotes Manufacturer entry

all times unofficial

No comments:

Post a Comment