Sebelum itu, saya mengucapkan turut prihatin atas kecelakaan yang menimpa pembalap Indycar dan Formula E, Justin Wilson di balapan Pocono 500. Cepat sembuh kawan, kami berdoa untukmu...
So it ends briliantly for Volkswagen...
Karena mereka telah menyelesaikan misi yang belum tercapai sebelumnya: menang di kampung halaman mereka. Bukan cuma itu, VW mampu membawa ketiga pembalapnya di atas podium, dengan Sebastien Ogier keluar sebagai pemenang, diikuti oleh Jari-Matti Latvala dan Andreas Mikkelsen.
Pesta pun dimulai, dan inilah match point untuk Ogier dan VW mengunci gelar ketiga mereka masing-masing di Australia.
Kemenangan ini juga membuat Ogier kini selevel dengan Marcus Gronholm di peringkat kedua di daftar kemenangan terbanyak di WRC. "Ini sangat melegakan. Tekanan terus hadir sepanjang weekend dan kami mengkonversinya menjadi 1-2-3. Ini adalah akhir minggu yang fantastis dan saya sangat bangga. Well done to everybody. Saya sangat senang."
Sementara itu saingan terdekatnya di klasemen, Latvala pun harus puas dengan posisi keduanya. Tapi setidaknya dia mampu mematahkan dominasi Ogier di Power Stage dengan merebut 3 poin di SS terakhir (Ogier sendiri selalu memenangi Power Stage selama 7 reli berturut-turut).
"Jujur saja, performanya di SS Panzerplatte Long (2 SS terpanjang yang jadi penentu) sangatlah hebat. Biasanya, SS itu sangatlah nice untukku, tapi tahun ini saya tidak merasakannya. Saya ingin mengulangi suksesku di Finlandia, tapi Seb terlalu bagus di akhir minggu ini."
Dan Mikkelsen? Gimana dengan podium keenammu musim ini?
"Saya merasa agak bosan...."
Well said, Andreas. Dan kamu gak sendiri...
Gelar 'Pembalap non-VW terbaik' kali ini jatuh kepada Dani Sordo dengan finish keempat, diikuti oleh rekannya Thierry Neuville. Setidaknya ini kelegaan besar untuk Sordo, yang akan digantikan oleh Hayden Paddon di Australia.
Sementar itu Elfyn Evans tetap membuktikan kapasitasnya sebagai jagoan aspal dengan finish keenam. Memang sih, turun 2 posisi dibandingkan tahun lalu, tapi dengan ketiga pembalap VW berada di atasnya, ini tetaplah sebuah pencapaian yang hebat. Evans juga mampu meredam tekanan dari Mads Ostberg, yang finish ketujuh.
Ostberg dan Kris Meeke, yang hanya mampu finish ke-12 hanya punya 1 kesempatan lagi untuk merayu bos tim Yves Matton menyodorkan kontrak baru, dan itu di Australia.
Hayden Paddon hanya bisa finish kesembilan setelah masalah dengan turbo di Hyundai i20-nya membuat Rally Jerman untuknya menjadi berantakan, dan ini bukan modal bagus untuk Rally Australia. Dan misi selesai untuk new boy, Stephane Lefebvre dengan melengkapi 10 besar. Matton pasti tersenyum, dan Kris dan Mads semakin murung.
Di luar 10 besar ada Kevin Abbring (ke-11), Meeke (ke-12), dan Robert Kubica (ke-35). Rally Jerman kali ini tidak bersahabat untuk para pembalap privat. Setelah masalah-demi-masalah yang menimpa Kubica, Jaroslav Melicharek harus berhenti karena masalah teknis, giliran Martin Prokop yang harus menyerah karena 2 kali ban mobilnya pecah.
Kubica dan Prokop akan absen di Rally Australia, dan akan kembali di Tour de Corse.
Selebrasi VW semakin lengkap karena kesuksesan Skoda meraih kemenangan ketiganya musim ini, dan kali ini juara bertahan APRC, Jan Kopecky lah yang mewakili Skoda di podium tertinggi. Eric Camilli menyelamatkan reputasi Ford dengan finish kedua, dan Quentin Giordano membawa Citroen-nya ke 3 besar. Nasser Al-Attiyah hanya bisa finish keempat dengan mobil barunya, tapi itu cukup untuk naik ke peringkat pertama di klasemen, menggusur Esapekka Lappi yang hanya finish ke-12. Al-Attiyah akan kembali ke kursi Ford Fiesta RRC di Australia.
Btw, setidaknya ada 7 pembalap yang masih punya kesempatan untuk merebut gelar WRC-2. Mereka adalah:
Tapi sebelmnya, kita 'buang' dulu Tidemand dan Kopecky karena mereka juga fokus di ajang lainnya.
Kesimpulannya, Al-Attiyah punya modal bagus untuk mempertahankan gelar juaranya, tapi Esapekka Lappi semakin mendekat. Sementara itu Ketomaa dan Protasov siap curi-curi kesempatan dan Al-Kuwari tetap menguntit.
Oke, cukup sudah. Sembari menunggu untuk Rally Australia, laporan balap World Rallycross Championship di Hell, Norwegia sedang digarap, jadi stay tuned!
2015 Rallye Deutschland: Overall standings after Stage 21 (Top 20):
1. Sebastien Ogier Volkswagen Motorsport Polo R WRC 3hr 35m 49.5s M
2. Jari-Matti Latvala Volkswagen Motorsport Polo R WRC +0m 23.0s M
3. Andreas Mikkelsen Volkswagen Motorsport II Polo R WRC +1m 56.6s M
4. Dani Sordo Hyundai Motorsport i20 WRC +2m 09.3s M
5. Thierry Neuville Hyundai Motorsport i20 WRC +2m 33.8s M
6. Elfyn Evans M-Sport WRT Ford Fiesta RS WRC +2m 52.1s M
7. Mads Ostberg Citroen Total Abu Dhabi WRT DS 3 WRC +3m 12.5s M
8. Ott Tanak M-Sport WRT Ford Fiesta RS WRC +4m 26.6s M
9. Hayden Paddon Hyundai Motorsport N i20 WRC +4m 46.8s M
10. Stephane Lefebvre Citroen Total Abu Dhabi WRT DS 3 WRC +4m 54.5s
11. Kevin Abbring Hyundai Motorsport i20 WRC +9m 31.4s
12. Kris Meeke Citroen Total Abu Dhabi WRT DS 3 WRC +11m 00.7s M
13. Jan Kopecky Skoda Fabia R5 +11m 29.3s WRC2
14. Eric Camilli Ford Fiesta R5 +15m 43.1s WRC2
15. Yuriy Protasov Ford Fiesta R5 +16m 21.1s
16. Quentin Giordano Citroen DS 3 RRC +17m 44.0s WRC2
17. Nasser Al-Attiyah Skoda Fabia R5 +18m 05.8s WRC2
18. Craig Breen Peugeot 208 T16 +18m 23.3s WRC2
19. Teemu Suninen Ford Fiesta R5 +18m 32.5s WRC2
20. Nil Solans Peugeot 208 T16 +27m 48.1s WRC2
Other(s)
21. Fabian Kreim Skoda Fabia R5 +28m 22.6s WRC2
35. Robert Kubica Ford Fiesta RS WRC +47m 20.0s
Rallye Deutschland: Power Stage / SS21 (Top 3):
1. Jari-Matti Latvala Volkswagen Motorsport Polo R WRC 9m 07.4s M
2. Kris Meeke Citroen Total Abu Dhabi WRT DS 3 WRC +0m 01.2s M
3. Dani Sordo Hyundai Motorsport i20 WRC +0m 01.7s M
NOTE: Top three finishers in Power Stage are awarded bonus points. 1st = 3 points; 2nd = 2 points; 3rd = 1 point
WRC2 standings after Stage 21 (Top 10):
1. Jan Kopecky Skoda Fabia R5 3hr 47m 18.8s WRC2
2. Eric Camilli Ford Fiesta R5 +4m 13.8s WRC2
3. Quentin Giordano Citroen DS 3 RRC +6m 14.7s WRC2
4. Nasser Al-Attiyah Skoda Fabia R5 +6m 36.5s WRC2
5. Craig Breen Peugeot 208 T16 +6m 54.0s WRC2
6. Teemu Suninen Ford Fiesta R5 +7m 03.2s WRC2
7. Nil Solans Peugeot 208 T16 +16m 18.8s WRC2
8. Fabian Kreim Skoda Fabia R5 +16m 53.3s WRC2
9. Joan Carchat Mitsubishi Lancer Evo X +23m 35.3s WRC2
10. Julien Maurin Ford Fiesta RRC +28m 21.0s WRC2
Other(s)
11. Eamonn Boland Subaru Impreza WRX STi +29m 23.1s WRC2
13. Esapekka Lappi Skoda Fabia R5 +49m 25.2s WRC2
Notable retirements:
SS2. Esapekka Lappi Skoda Fabia R5 Went off WRC2*
SS13. Robert Kubica Ford Fiesta RS WRC Lost a wheel**
SS18. Martin Prokop Jipocar Czech National Team Ford Fiesta RS WRC Double puncture M
M denotes Manufacturer entry
*denotes re-started on Saturday under Rally 2
**denotes re-started on Sunday under Rally 2
all times unofficial
So it ends briliantly for Volkswagen...
Karena mereka telah menyelesaikan misi yang belum tercapai sebelumnya: menang di kampung halaman mereka. Bukan cuma itu, VW mampu membawa ketiga pembalapnya di atas podium, dengan Sebastien Ogier keluar sebagai pemenang, diikuti oleh Jari-Matti Latvala dan Andreas Mikkelsen.
Pesta pun dimulai, dan inilah match point untuk Ogier dan VW mengunci gelar ketiga mereka masing-masing di Australia.
Kemenangan ini juga membuat Ogier kini selevel dengan Marcus Gronholm di peringkat kedua di daftar kemenangan terbanyak di WRC. "Ini sangat melegakan. Tekanan terus hadir sepanjang weekend dan kami mengkonversinya menjadi 1-2-3. Ini adalah akhir minggu yang fantastis dan saya sangat bangga. Well done to everybody. Saya sangat senang."
Sementara itu saingan terdekatnya di klasemen, Latvala pun harus puas dengan posisi keduanya. Tapi setidaknya dia mampu mematahkan dominasi Ogier di Power Stage dengan merebut 3 poin di SS terakhir (Ogier sendiri selalu memenangi Power Stage selama 7 reli berturut-turut).
"Jujur saja, performanya di SS Panzerplatte Long (2 SS terpanjang yang jadi penentu) sangatlah hebat. Biasanya, SS itu sangatlah nice untukku, tapi tahun ini saya tidak merasakannya. Saya ingin mengulangi suksesku di Finlandia, tapi Seb terlalu bagus di akhir minggu ini."
Dan Mikkelsen? Gimana dengan podium keenammu musim ini?
"Saya merasa agak bosan...."
Well said, Andreas. Dan kamu gak sendiri...
Gelar 'Pembalap non-VW terbaik' kali ini jatuh kepada Dani Sordo dengan finish keempat, diikuti oleh rekannya Thierry Neuville. Setidaknya ini kelegaan besar untuk Sordo, yang akan digantikan oleh Hayden Paddon di Australia.
Sementar itu Elfyn Evans tetap membuktikan kapasitasnya sebagai jagoan aspal dengan finish keenam. Memang sih, turun 2 posisi dibandingkan tahun lalu, tapi dengan ketiga pembalap VW berada di atasnya, ini tetaplah sebuah pencapaian yang hebat. Evans juga mampu meredam tekanan dari Mads Ostberg, yang finish ketujuh.
Ostberg dan Kris Meeke, yang hanya mampu finish ke-12 hanya punya 1 kesempatan lagi untuk merayu bos tim Yves Matton menyodorkan kontrak baru, dan itu di Australia.
Mission accomplished untuk Lefebvre |
Di luar 10 besar ada Kevin Abbring (ke-11), Meeke (ke-12), dan Robert Kubica (ke-35). Rally Jerman kali ini tidak bersahabat untuk para pembalap privat. Setelah masalah-demi-masalah yang menimpa Kubica, Jaroslav Melicharek harus berhenti karena masalah teknis, giliran Martin Prokop yang harus menyerah karena 2 kali ban mobilnya pecah.
Kubica dan Prokop akan absen di Rally Australia, dan akan kembali di Tour de Corse.
Selebrasi VW semakin lengkap karena kesuksesan Skoda meraih kemenangan ketiganya musim ini, dan kali ini juara bertahan APRC, Jan Kopecky lah yang mewakili Skoda di podium tertinggi. Eric Camilli menyelamatkan reputasi Ford dengan finish kedua, dan Quentin Giordano membawa Citroen-nya ke 3 besar. Nasser Al-Attiyah hanya bisa finish keempat dengan mobil barunya, tapi itu cukup untuk naik ke peringkat pertama di klasemen, menggusur Esapekka Lappi yang hanya finish ke-12. Al-Attiyah akan kembali ke kursi Ford Fiesta RRC di Australia.
Btw, setidaknya ada 7 pembalap yang masih punya kesempatan untuk merebut gelar WRC-2. Mereka adalah:
- Nasser Al-Attiyah, 72 poin dari 5 reli
- Esapekka Lappi, 70 poin dari 5 reli
- Jari Ketomaa, 67 poin dari 5 reli
- Yuriy Protasov, 62 poin dari 4 reli
- Pontus Tidemand, 61 poin dari 4 reli
- Abdulaziz Al-Kuwari, 57 poin dari 4 reli
- Jan Kopecky, 40 poin dari 2 reli
Tapi sebelmnya, kita 'buang' dulu Tidemand dan Kopecky karena mereka juga fokus di ajang lainnya.
Kesimpulannya, Al-Attiyah punya modal bagus untuk mempertahankan gelar juaranya, tapi Esapekka Lappi semakin mendekat. Sementara itu Ketomaa dan Protasov siap curi-curi kesempatan dan Al-Kuwari tetap menguntit.
Oke, cukup sudah. Sembari menunggu untuk Rally Australia, laporan balap World Rallycross Championship di Hell, Norwegia sedang digarap, jadi stay tuned!
2015 Rallye Deutschland: Overall standings after Stage 21 (Top 20):
1. Sebastien Ogier Volkswagen Motorsport Polo R WRC 3hr 35m 49.5s M
2. Jari-Matti Latvala Volkswagen Motorsport Polo R WRC +0m 23.0s M
3. Andreas Mikkelsen Volkswagen Motorsport II Polo R WRC +1m 56.6s M
4. Dani Sordo Hyundai Motorsport i20 WRC +2m 09.3s M
5. Thierry Neuville Hyundai Motorsport i20 WRC +2m 33.8s M
6. Elfyn Evans M-Sport WRT Ford Fiesta RS WRC +2m 52.1s M
7. Mads Ostberg Citroen Total Abu Dhabi WRT DS 3 WRC +3m 12.5s M
8. Ott Tanak M-Sport WRT Ford Fiesta RS WRC +4m 26.6s M
9. Hayden Paddon Hyundai Motorsport N i20 WRC +4m 46.8s M
10. Stephane Lefebvre Citroen Total Abu Dhabi WRT DS 3 WRC +4m 54.5s
11. Kevin Abbring Hyundai Motorsport i20 WRC +9m 31.4s
12. Kris Meeke Citroen Total Abu Dhabi WRT DS 3 WRC +11m 00.7s M
13. Jan Kopecky Skoda Fabia R5 +11m 29.3s WRC2
14. Eric Camilli Ford Fiesta R5 +15m 43.1s WRC2
15. Yuriy Protasov Ford Fiesta R5 +16m 21.1s
16. Quentin Giordano Citroen DS 3 RRC +17m 44.0s WRC2
17. Nasser Al-Attiyah Skoda Fabia R5 +18m 05.8s WRC2
18. Craig Breen Peugeot 208 T16 +18m 23.3s WRC2
19. Teemu Suninen Ford Fiesta R5 +18m 32.5s WRC2
20. Nil Solans Peugeot 208 T16 +27m 48.1s WRC2
Other(s)
21. Fabian Kreim Skoda Fabia R5 +28m 22.6s WRC2
35. Robert Kubica Ford Fiesta RS WRC +47m 20.0s
Rallye Deutschland: Power Stage / SS21 (Top 3):
1. Jari-Matti Latvala Volkswagen Motorsport Polo R WRC 9m 07.4s M
2. Kris Meeke Citroen Total Abu Dhabi WRT DS 3 WRC +0m 01.2s M
3. Dani Sordo Hyundai Motorsport i20 WRC +0m 01.7s M
NOTE: Top three finishers in Power Stage are awarded bonus points. 1st = 3 points; 2nd = 2 points; 3rd = 1 point
WRC2 standings after Stage 21 (Top 10):
1. Jan Kopecky Skoda Fabia R5 3hr 47m 18.8s WRC2
2. Eric Camilli Ford Fiesta R5 +4m 13.8s WRC2
3. Quentin Giordano Citroen DS 3 RRC +6m 14.7s WRC2
4. Nasser Al-Attiyah Skoda Fabia R5 +6m 36.5s WRC2
5. Craig Breen Peugeot 208 T16 +6m 54.0s WRC2
6. Teemu Suninen Ford Fiesta R5 +7m 03.2s WRC2
7. Nil Solans Peugeot 208 T16 +16m 18.8s WRC2
8. Fabian Kreim Skoda Fabia R5 +16m 53.3s WRC2
9. Joan Carchat Mitsubishi Lancer Evo X +23m 35.3s WRC2
10. Julien Maurin Ford Fiesta RRC +28m 21.0s WRC2
Other(s)
11. Eamonn Boland Subaru Impreza WRX STi +29m 23.1s WRC2
13. Esapekka Lappi Skoda Fabia R5 +49m 25.2s WRC2
Notable retirements:
SS2. Esapekka Lappi Skoda Fabia R5 Went off WRC2*
SS13. Robert Kubica Ford Fiesta RS WRC Lost a wheel**
SS18. Martin Prokop Jipocar Czech National Team Ford Fiesta RS WRC Double puncture M
M denotes Manufacturer entry
*denotes re-started on Saturday under Rally 2
**denotes re-started on Sunday under Rally 2
all times unofficial
No comments:
Post a Comment