Saturday, 23 August 2014

#Day1 WRC ADAC Rally Deutschland 2014: Sorry Ogier, anda kurang Beruntung (LAGI..!)

Morning...!

Hari pertama Reli Jerman sudah selesai, dan sambil tim-tim bersiap untuk hari ke2, kita akan ulas hari pertama yang penuh drama.

Drama? YES..! Drama sudah dimulai bahkan sejak babak shakedown di hari kamis, dimana mobil Hyundai i20 WRC milik Thierry Neuville, runner-up musim lalu terguling-guling di pegunungan yang berdekatan dengan Konz. KABAR BAIK? Neuville dan navigator Nicolas Gilsoul tidak cedera sedikit pun. KABAR BURUK? Mobil Neuville rusak parah, dan mekanik Hyundai WRT pun mendapatkan"santapan" tambahan.

Di luar itu, Volkswagen melanjutkan dominasinya dengan menempati Jarri-Matti Latvala-Sebastien Ogier-Andreas Mikkelsen di posisi 1-2-3 (ehm...Gronholm Effect??). Di posisi 4 ada Kris Meeke, membawa Citroen DS3 WRC-nya ke posisi 4 (meskipun ini adalah reli pertamanya di Jerman sejak 2011), dan rekan setim Neuville, Dani Sordo di posisi 5. Ford?? Tenang, ada Mikko Hirvonen dan Robert Kubica di posisi 6-7, meskipun nama terakhir mengalami masalah di handbrake Ford Fiesta RS WRC-nya.


Dimulai dari Stage 1, Ogier langsung tancap gas demi mempertahankan keunggulannya di klasemen dengan menjadi yang tercepat di 3 dari 6 stage untuk hari ini. Stage 6..? DISASTER..! Mobil VW Polo R WRC-nya terjebak di semak-semak perkebunan anggur, dan harus menemukan rute yang benar. Finally, dia berhasil, meskipun harus melanjutkan reli di hari sabtu dibawah regulasi Rally-2 dengan ganjaran penalti 10 menit.

Ini membuat rekan setimnya, Jarri-Matti Latvala memimpin day 1 dengan keunggulan 37 detik dari Kris Meeke . Ketiga adalah pemenang Reli Jerman musim lalu, Dani Sordo, 5.6 detik di bawah Meeke. Namun, kesalahan yang dilakukan Meeke di stage 1, dan konsistensi Sordo bisa jadi ancaman bagi pembalap Citroen tersebut.


"Kami baru saja mendapatkan pesan kalau Ogier berhenti dan setelah beberapa saat kemudian kami mendapatkan pesan lagi kalo Ogier out untuk hari pertama" kata Latvala "Saya kehilangan sedikit ritmeku karena saya kebingungan kapan saya harus cepat dan kapan harus melambat. Mikka (Anttila, navigator Latvala) mengatakan kalau saya bisa melambatkan ritmeku karena saya memimpin, tapi saya terlalu lambat dan sulit berkonsentrasi"

Di luar 3 besar ada Andreas Mikkelsen. Meskipun mengalami pecah ban di pagi hari, pembalap tim satelit Volkswagen berhasil unggul dari Thierry Neuville. Sedangkan pembalap Ford, Mikko Hirvonen hanya 1.6 detik lebih lambat dari pembalap Belgia tersebut, dan rekan setimnya, Elfyn Evans di posisi tujuh, di depan pembalap Citroen Mads Ostberg.

Melengkapi 10 besar ada Bryan Bouffier dan Martin Prokop, sedangkan Robert Kubica harus puas berada di posisi 22 setelah keluar jalur dan kehilangan 4 menit.

Berikut hasil day 1 untuk 20 besar:

Pos # Driver Time Diff Prev Diff 1st
1. 2 FINJ. LATVALA 59:36.8

2. 3 GBRK. MEEKE 1:00:13.8 +37.0 +37.0
3. 8 ESPD. SORDO 1:00:19.4 +5.6 +42.6
4. 9 NORA. MIKKELSEN 1:00:22.4 +3.0 +45.6
5. 7 BELT. NEUVILLE 1:00:29.9 +7.5 +53.1
6. 5 FINM. HIRVONEN 1:00:31.8 +1.9 +55.0
7. 6 GBRE. EVANS 1:00:37.0 +5.2 +1:00.2
8. 4 NORM. OSTBERG 1:00:38.7 +1.7 +1:01.9
9. 20 FRAB. BOUFFIER 1:01:12.4 +33.7 +1:35.6
10. 21 CZEM. PROKOP 1:01:43.9 +31.5 +2:07.1
11. 11 NLDD. KUIPERS 1:03:05.1 +1:21.2 +3:28.3
12. 23 IRLS. MOFFETT 1:03:21.5 +16.4 +3:44.7
13. 33 PRTB. SOUSA 1:03:49.3 +27.8 +4:12.5
14. 12 UKRY. PROTASOV 1:03:53.1 +3.8 +4:16.3
15. 35 SWEP. TIDEMAND 1:03:53.5 +0.4 +4:16.7
16. 39 FRAJ. MAURIN 1:04:08.2 +14.7 +4:31.4
17. 31 QATN. AL-ATTIYAH 1:04:28.2 +20.0 +4:51.4
18. 32 ESTO. TANAK 1:04:30.4 +2.2 +4:53.6
19. 36 DEUA. KREMER 1:04:35.7 +5.3 +4:58.9
20. 120 ESPX. PONS 1:04:40.5 +4.8 +5:03.7

Hasil selengkapnya dapat dilihat di wrc.com. 

No comments:

Post a Comment