Hello, pals...! Setelah Rally Finlandia awal agustus lalu, sirkus World Rally Championship kembali dengan kali ini host-nya adalah Jerman, dikenal dengan lintasan aspal yang twisty dan rumit, bahkan karakteristik trek dari hari-ke hari berbeda, sampai-sampai set-up untuk reli ini disebut sebagai "three rallies in one". Reli ini berbasis di Trier, dekat dengan perbatasan Jerman-Prancis, dimana Rumah Sang Maestro, Sebastien Loeb hanya 200km lebih dari tempat reli (bagaimanapun Loeb sudah pindah ke balap turing). Anyway, Ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk reli tahun ini:
Rute:
- Tiga karakteristik yang berbeda dari hari-ke-hari:
- Jalanan di sekitar kebun anggur di Mosel yang sempit dan berliku
- Lintasan di sekitar jalanan militer di Baumholder dengan tipe aspal yang berbeda-beda
- Jalanan halus bernuansa country di Saarland
- Hari kedua didominasi oleh trek Baumholder, dengan sensasi militernya
- Hari ketiga berbasis di kebun anggur Mosel
Tantangan:
- Dikenal sebagai salah satu reli di lintasan aspal tersulit
- Pembalap dan navigator harus sering berkomunikasi dengan kru catatan keselamatan, yang akan melintasi stage lebih dulu.
- Cuaca yang sulit diprediksi membuat pemilihan ban menjadi lebih krusial
- Hindari gundukan di Baumholder, yang dapat "membunuh" mobil, selain itu trek di Baumholder juga licin di saat kering, dan berbahaya di saat basah.
Spek Mobil:
- Suspensi khusus lintasan aspal - disetting rendah untuk lebih stabil
- Dalam satu stage karakteristik trek bisa berbeda, jadi tantangan lainnya untuk pembalap dan mekanik untuk menentukan set-up
- Kompon ban hard untuk lintasan kering, dan ban soft untuk lintasan basah/dingin
Apa yang baru di 2014?
- Seremonial dimulainya reli kembali ke Porta Nigra yang bersejarah di Trier
- Stage pendek berbasis di Panzerplatte arena
- Stage baru di Eiffel Hills, dekat dengan perbatasan Jerman-Belgia
Untuk streaming Rally Jerman KLIK disini.
No comments:
Post a Comment