iHola..!
Usai sudah penantian Kris Meeke dan Citroen untuk kembali ke podium teratas di WRC, dan meskipun hanya 2 SS yang dijalankan, dan kedua-duanya berada di El Condor, tetap saja ada beberapa yang terjungkal.
Meeke dan navigator Paul Nagle menaklukkan 2 SS dengan santai untuk memenangkan Rally Argentina kali ini, menjadi pembalap Britania Raya keempat yang berada di podium tertinggi, bergabung dengan mendiang Colin Clark, Colin McRae dan Richard Burns, pembalap Citroen pertama yang menang sejak Dani Sordo di Jerman 2013, dan pembalap Britania Raya pertama yang memenangkan event WRC sejak mendiang Colin McRae dan Nicky Grist di Safari Rally 2002. Dia unggul 18 detik dari rekannya Mads Ostberg, JUGA menjadi kemenangan 1-2 pertama bagi Citroen sejak Sebastien Loeb-Mikko Hirvonen di Finlandia 2012.
Pertama kali menang di kasta tertinggi sejak 13 tahun silam, Meeke pun merayakan kemenangannya dengan emosional. "Apa yang saya harus katakan?? Perjalanan ke sini sangatlah panjang, dan seseorang yang sangat membantuku tidak berada di sini...". Siapakah dia? Akan terjawab di akhir artikel ini.
Ostberg juga senang dengan posisi runner-up meskipun sedang sakit, karena dengan itu, ditambah dengan 1 poin di power stage mengangkatnya ke posisi 2 di klasemen. "Ini reli yang keras dan sulit. Kami bekerja keras dan saya juga sedang tidak fit. Mengecewakan ketika kami kehilangan 45 detik di hari pertama, tapi hasil ini sangat bagus".
Reli ini juga sangat berkesan bagi Elfyn Evans, yang meraih podium pertamanya setelah Jari-Matti Latvala harus gugur karena masalah mesin. Ini juga merupakan pertama kalinya duo Britania Raya berada di podium sejak Burns dan McRae menyabet 1-2 di Selandia Baru 2001. Ini juga menjadi booster bagi tim M-Sport, yang akan menurunkan versi Evolution dari Ford Fiesta RS di Portugal bulan depan.
Evans, yang sebelumnya memulai weekend dengan memenangkan Wheel Change Challenge (lomba ganti ban) pun pede menatap Rally Portugal "Kami ingin mengulangi hasil musim lalu (posisi 7 di Argentina 2014) tapi kami juga ingin finish tanpa masalah. Tim memberikanku mobil yang hebat dari awal sampai akhir, dan inilah hasilnya. Saya angkat topi buat Kris dan Paul juga. Mereka melakukan pekerjaan hebat dari awal sampai akhir. Hasil yang hebat buat mereka, dan juga untuk reli Inggris Raya".
Martin Prokop melanjutkan rekor impresifnya dengan 8 finish di zona 10 besar berturut-turut, kali ini dengan posisi 4, menyamai pencapaian terbaiknya. Sementara itu Dani Sordo finish di lima besar meski sempat turun ke posisi 7 di hari ketiga karena masalah teknis, dan Khalid Al-Qassimi melengkapi selebrasi Citroen dengan posisi 6.
Menempati posisi 7 adalah rivalnya Al-Qassimi di Kejuaraan Rally Timur-Tengah, Abdulaziz Al-Kuwari, yang juga berarti menang di kategori WRC-2, diikuti oleh pembalap Paraguay Diego Dominguez, hasil yang bagus buat pembalap tamu, dan Jari Ketomaa melengkapi 3 besar WRC-2, meskipun finish ke-12. Jadi Siapa yang menempati posisi 9 dan 10? Jawabannya adalah duo rival di Kejuaraan Rally Amerika Selatan, Gustavo Saba dan Federico Villagra. SELAMAT, 2 dan 1 poin buat kalian.
Sementara itu awan kelabu menyelimuti Hyundai dan Volkswagen. Hyundai kehilangan Thierry Neuville yang menghantam batu di power stage dan gagal mendekatkan diri ke Sebastien Ogier di klasemen dan harus dikudeta Ostberg, dan Hayden Paddon finish ke-16 setelah insidennya dengan fans kemarin.
Volkswagen lebih memilukan. Datang dengan rekor kemenangan 100%, Sebastien Ogier harus puas dengan 3 poin dari power stage setelah masalah di hari pertama. Dan lebih memalukan bagi mereka adalah Jari-Matti Latvala harus menyerah dari posisi 3 karena masalah teknis, dan 3 reli berturut-turut nihil poin, dan Andreas Mikkelsen senasib dengan Neuville di power stage.
Oke, sampai jumpa di Rally Portugal tanggal 21-24 Mei 2015, dan jangan lewatkan juga #FinalThought World Rallycross of Portugal segera..!
Eh, iya kelupaan soal satu pertanyaan tentang orang dibalik kesuksesan Kris Meeke. Siapakah dia?
It's Colin McRae..! Dialah orang yang selalu men-support Meeke sejak pertemuan pertama mereka di Ford ketika McRae membalap buat mereka dan Meeke bekerja sebagai desainer CAD di M-Sport sampai di Junior WRC sebelum McRae tewas di kecelakaan helikopter tahun 2007 silam. Meeke kemudian menjuarai Intercontinental Rally Challenge (sekarang ERC) 2009 sebelum menapak ke WRC.
"Ini untuk Colin. Dia membantuku sejak awal, mendukungku secara finansial dan membawaku ke WRC. Tanpanya Saya tidak akan seperti ini. Dialah inspirasiku." Kata Meeke dengan penuh emosional.
YES, IT'S FOR YOU COLIN....#RIP
2015 Rally Argentina: Overall standings after Stage 12 (Top 20):
1. Kris Meeke Citroen Total Abu Dhabi WRT DS 3 WRC 3h 41m 44.9s M
2. Mads Ostberg Citroen Total Abu Dhabi WRT DS 3 WRC +0m 18.1s M
3. Elfyn Evans M-Sport WRT Ford Fiesta RS WRC +3m 27.4s M
4. Martin Prokop Jipocar Czech National Team Ford Fiesta RS WRC +6m 26.1s M
5. Dani Sordo Hyundai Motorsport i20 WRC +11m 14.9s M
6. Khalid Al Qassimi Citroen Total Abu Dhabi WRT DS 3 WRC +11m 19.9s
7. Abdulaziz Al-Kuwari Ford Fiesta RRC +16m 02.6s WRC2
8. Diego Dominguez Ford Fiesta R5 +18m 48.2s WRC2
9. Gustavo Saba Skoda Fabia S2000 +21m 20.6s
10. Federico Villagra Ford Fiesta MR +25m 19.6s
11. Ott Tanak M-Sport WRT Ford Fiesta RS WRC +25m 52.3s M
12. Jari Ketomaa Ford Fiesta R5 +28m 05.8s WRC2
13. Yuriy Protasov Ford Fiesta RRC +29m 25.4s WRC2
14. Miguel-Angel Baldoni Peugeot 208 MR +31m 45.5s
15. Didier Arias Ford Fiesta R5 +32m 41.4s WRC2
16. Hayden Paddon Hyundai Motorsport N i20 WRC +36m 15.3s M
17. Sebastien Ogier Volkswagen Motorsport Polo R WRC +37m 11.5s M
18. Simone Tempestini Subaru Impreza STi +37m 43.0s WRC2
19. Lorenzo Bertelli Ford Fiesta RS WRC +39m 17.0s M
20. Augusto D'Agostini Volkswagen Golf Trend MR +51m 25.0s
Rally Argentina: Power Stage / SS12 (Top 3):
1. Sebastien Ogier Volkswagen Motorsport Polo R WRC 12m 59.6s M
2. Dani Sordo Hyundai Motorsport i20 WRC +0m 09.9s M
3. Mads Ostberg Citroen Total Abu Dhabi WRT DS 3 WRC +0m 10.9s M
NOTE: Top three finishers in Power Stage are awarded bonus points. 1st = 3 points; 2nd = 2 points; 3rd = 1 point
WRC2 standings after Stage 12:
1. Abdulaziz Al-Kuwari Ford Fiesta RRC 3h 57m 47.5s WRC2
2. Diego Dominguez Ford Fiesta R5 +2m 45.6s WRC2
3. Jari Ketomaa Ford Fiesta R5 +12m 03.2s WRC2
4. Yuriy Protasov Ford Fiesta RRC +13m 22.4s WRC2
5. Didier Arias Ford Fiesta R5 +16m 38.8s WRC2
6. Simone Tempestini Subaru Impreza STi +21m 40.4s WRC2
7. Gianluca Linari Subaru Impreza STi +38m 17.4s WRC2
Notable retirements:
SS2. Sebastien Ogier Volkswagen Motorsport Polo R WRC Technical M*
SS2. Lorenzo Bertelli Ford Fiesta RS WRC Stopped M
SS3/4. Andreas Mikkelsen Volkswagen Motorsport II Polo R WRC Technical M*
SS3/4. Hayden Paddon Hyundai Motorsport N i20 WRC Technical M*
SS4. Ott Tanak M-Sport WRT Ford Fiesta RS WRC Lost a wheel M*
SS8. Radik Shaymiev Ford Fiesta R5 Mechanical WRC2
SS9. Stephane Lefebvre Citroen DS3 R5 Mechanical
SS9. Hayden Paddon Hyundai Motorsport N i20 WRC Went off the road M**
SS10. Dani Sordo Hyundai Motorsport i20 WRC Technical M**
SS11. Jari-Matti Latvala Volkswagen Motorsport Polo R WRC Engine M
SS12. Andreas Mikkelsen Volkswagen Motorsport II Polo R WRC Crashed M
SS12. Thierry Neuville Hyundai Motorsport i20 WRC Crashed M
SS12. Nicolas Fuchs Ford Fiesta R5 Mechanical WRC2
M denotes Manufacturer entry
*denotes re-started on Saturday under Rally 2
**denotes expected to re-start on Sunday under Rally 2
all times unofficial
Usai sudah penantian Kris Meeke dan Citroen untuk kembali ke podium teratas di WRC, dan meskipun hanya 2 SS yang dijalankan, dan kedua-duanya berada di El Condor, tetap saja ada beberapa yang terjungkal.
Meeke dan navigator Paul Nagle menaklukkan 2 SS dengan santai untuk memenangkan Rally Argentina kali ini, menjadi pembalap Britania Raya keempat yang berada di podium tertinggi, bergabung dengan mendiang Colin Clark, Colin McRae dan Richard Burns, pembalap Citroen pertama yang menang sejak Dani Sordo di Jerman 2013, dan pembalap Britania Raya pertama yang memenangkan event WRC sejak mendiang Colin McRae dan Nicky Grist di Safari Rally 2002. Dia unggul 18 detik dari rekannya Mads Ostberg, JUGA menjadi kemenangan 1-2 pertama bagi Citroen sejak Sebastien Loeb-Mikko Hirvonen di Finlandia 2012.
Pertama kali menang di kasta tertinggi sejak 13 tahun silam, Meeke pun merayakan kemenangannya dengan emosional. "Apa yang saya harus katakan?? Perjalanan ke sini sangatlah panjang, dan seseorang yang sangat membantuku tidak berada di sini...". Siapakah dia? Akan terjawab di akhir artikel ini.
Ostberg juga senang dengan posisi runner-up meskipun sedang sakit, karena dengan itu, ditambah dengan 1 poin di power stage mengangkatnya ke posisi 2 di klasemen. "Ini reli yang keras dan sulit. Kami bekerja keras dan saya juga sedang tidak fit. Mengecewakan ketika kami kehilangan 45 detik di hari pertama, tapi hasil ini sangat bagus".
Reli ini juga sangat berkesan bagi Elfyn Evans, yang meraih podium pertamanya setelah Jari-Matti Latvala harus gugur karena masalah mesin. Ini juga merupakan pertama kalinya duo Britania Raya berada di podium sejak Burns dan McRae menyabet 1-2 di Selandia Baru 2001. Ini juga menjadi booster bagi tim M-Sport, yang akan menurunkan versi Evolution dari Ford Fiesta RS di Portugal bulan depan.
Evans, yang sebelumnya memulai weekend dengan memenangkan Wheel Change Challenge (lomba ganti ban) pun pede menatap Rally Portugal "Kami ingin mengulangi hasil musim lalu (posisi 7 di Argentina 2014) tapi kami juga ingin finish tanpa masalah. Tim memberikanku mobil yang hebat dari awal sampai akhir, dan inilah hasilnya. Saya angkat topi buat Kris dan Paul juga. Mereka melakukan pekerjaan hebat dari awal sampai akhir. Hasil yang hebat buat mereka, dan juga untuk reli Inggris Raya".
Martin Prokop melanjutkan rekor impresifnya dengan 8 finish di zona 10 besar berturut-turut, kali ini dengan posisi 4, menyamai pencapaian terbaiknya. Sementara itu Dani Sordo finish di lima besar meski sempat turun ke posisi 7 di hari ketiga karena masalah teknis, dan Khalid Al-Qassimi melengkapi selebrasi Citroen dengan posisi 6.
Menempati posisi 7 adalah rivalnya Al-Qassimi di Kejuaraan Rally Timur-Tengah, Abdulaziz Al-Kuwari, yang juga berarti menang di kategori WRC-2, diikuti oleh pembalap Paraguay Diego Dominguez, hasil yang bagus buat pembalap tamu, dan Jari Ketomaa melengkapi 3 besar WRC-2, meskipun finish ke-12. Jadi Siapa yang menempati posisi 9 dan 10? Jawabannya adalah duo rival di Kejuaraan Rally Amerika Selatan, Gustavo Saba dan Federico Villagra. SELAMAT, 2 dan 1 poin buat kalian.
Sementara itu awan kelabu menyelimuti Hyundai dan Volkswagen. Hyundai kehilangan Thierry Neuville yang menghantam batu di power stage dan gagal mendekatkan diri ke Sebastien Ogier di klasemen dan harus dikudeta Ostberg, dan Hayden Paddon finish ke-16 setelah insidennya dengan fans kemarin.
Volkswagen lebih memilukan. Datang dengan rekor kemenangan 100%, Sebastien Ogier harus puas dengan 3 poin dari power stage setelah masalah di hari pertama. Dan lebih memalukan bagi mereka adalah Jari-Matti Latvala harus menyerah dari posisi 3 karena masalah teknis, dan 3 reli berturut-turut nihil poin, dan Andreas Mikkelsen senasib dengan Neuville di power stage.
Oke, sampai jumpa di Rally Portugal tanggal 21-24 Mei 2015, dan jangan lewatkan juga #FinalThought World Rallycross of Portugal segera..!
Eh, iya kelupaan soal satu pertanyaan tentang orang dibalik kesuksesan Kris Meeke. Siapakah dia?
It's Colin McRae..! Dialah orang yang selalu men-support Meeke sejak pertemuan pertama mereka di Ford ketika McRae membalap buat mereka dan Meeke bekerja sebagai desainer CAD di M-Sport sampai di Junior WRC sebelum McRae tewas di kecelakaan helikopter tahun 2007 silam. Meeke kemudian menjuarai Intercontinental Rally Challenge (sekarang ERC) 2009 sebelum menapak ke WRC.
"Ini untuk Colin. Dia membantuku sejak awal, mendukungku secara finansial dan membawaku ke WRC. Tanpanya Saya tidak akan seperti ini. Dialah inspirasiku." Kata Meeke dengan penuh emosional.
YES, IT'S FOR YOU COLIN....#RIP
2015 Rally Argentina: Overall standings after Stage 12 (Top 20):
1. Kris Meeke Citroen Total Abu Dhabi WRT DS 3 WRC 3h 41m 44.9s M
2. Mads Ostberg Citroen Total Abu Dhabi WRT DS 3 WRC +0m 18.1s M
3. Elfyn Evans M-Sport WRT Ford Fiesta RS WRC +3m 27.4s M
4. Martin Prokop Jipocar Czech National Team Ford Fiesta RS WRC +6m 26.1s M
5. Dani Sordo Hyundai Motorsport i20 WRC +11m 14.9s M
6. Khalid Al Qassimi Citroen Total Abu Dhabi WRT DS 3 WRC +11m 19.9s
7. Abdulaziz Al-Kuwari Ford Fiesta RRC +16m 02.6s WRC2
8. Diego Dominguez Ford Fiesta R5 +18m 48.2s WRC2
9. Gustavo Saba Skoda Fabia S2000 +21m 20.6s
10. Federico Villagra Ford Fiesta MR +25m 19.6s
11. Ott Tanak M-Sport WRT Ford Fiesta RS WRC +25m 52.3s M
12. Jari Ketomaa Ford Fiesta R5 +28m 05.8s WRC2
13. Yuriy Protasov Ford Fiesta RRC +29m 25.4s WRC2
14. Miguel-Angel Baldoni Peugeot 208 MR +31m 45.5s
15. Didier Arias Ford Fiesta R5 +32m 41.4s WRC2
16. Hayden Paddon Hyundai Motorsport N i20 WRC +36m 15.3s M
17. Sebastien Ogier Volkswagen Motorsport Polo R WRC +37m 11.5s M
18. Simone Tempestini Subaru Impreza STi +37m 43.0s WRC2
19. Lorenzo Bertelli Ford Fiesta RS WRC +39m 17.0s M
20. Augusto D'Agostini Volkswagen Golf Trend MR +51m 25.0s
Rally Argentina: Power Stage / SS12 (Top 3):
1. Sebastien Ogier Volkswagen Motorsport Polo R WRC 12m 59.6s M
2. Dani Sordo Hyundai Motorsport i20 WRC +0m 09.9s M
3. Mads Ostberg Citroen Total Abu Dhabi WRT DS 3 WRC +0m 10.9s M
NOTE: Top three finishers in Power Stage are awarded bonus points. 1st = 3 points; 2nd = 2 points; 3rd = 1 point
WRC2 standings after Stage 12:
1. Abdulaziz Al-Kuwari Ford Fiesta RRC 3h 57m 47.5s WRC2
2. Diego Dominguez Ford Fiesta R5 +2m 45.6s WRC2
3. Jari Ketomaa Ford Fiesta R5 +12m 03.2s WRC2
4. Yuriy Protasov Ford Fiesta RRC +13m 22.4s WRC2
5. Didier Arias Ford Fiesta R5 +16m 38.8s WRC2
6. Simone Tempestini Subaru Impreza STi +21m 40.4s WRC2
7. Gianluca Linari Subaru Impreza STi +38m 17.4s WRC2
Notable retirements:
SS2. Sebastien Ogier Volkswagen Motorsport Polo R WRC Technical M*
SS2. Lorenzo Bertelli Ford Fiesta RS WRC Stopped M
SS3/4. Andreas Mikkelsen Volkswagen Motorsport II Polo R WRC Technical M*
SS3/4. Hayden Paddon Hyundai Motorsport N i20 WRC Technical M*
SS4. Ott Tanak M-Sport WRT Ford Fiesta RS WRC Lost a wheel M*
SS8. Radik Shaymiev Ford Fiesta R5 Mechanical WRC2
SS9. Stephane Lefebvre Citroen DS3 R5 Mechanical
SS9. Hayden Paddon Hyundai Motorsport N i20 WRC Went off the road M**
SS10. Dani Sordo Hyundai Motorsport i20 WRC Technical M**
SS11. Jari-Matti Latvala Volkswagen Motorsport Polo R WRC Engine M
SS12. Andreas Mikkelsen Volkswagen Motorsport II Polo R WRC Crashed M
SS12. Thierry Neuville Hyundai Motorsport i20 WRC Crashed M
SS12. Nicolas Fuchs Ford Fiesta R5 Mechanical WRC2
M denotes Manufacturer entry
*denotes re-started on Saturday under Rally 2
**denotes expected to re-start on Sunday under Rally 2
all times unofficial
No comments:
Post a Comment