iHola..!
Hari pertama (dan kedua) Rally Argentina 2015 berlangsung dramatis, dan miris. Apa saja yang terjadi? Ini dia:
Volkswagen baru saja menjalani disaster day. Diawali dengan gugurnya Sebastien Ogier (!) karena masalah mesin, dan Andreas Mikkelsen karena pecah ban. Gimana dengan Jari-Matti Latvala? Tenang, dia masih ada di leaderboard, tapi dia juga punya masalah, kali ini transmisinya .
Alhasil, Citroen menggunakan kesempatan ini dengan sempurna, dengan Kris Meeke memimpin dengan keunggulan lebih dari 1 menit dari rekannya Mads Ostberg, meskipun Meeke sempat pecah ban di SS3 dan mesin DS3-nya Ostberg sempat kehilangan tenaga. Latvala melengkapi posisi 3 meskipun transmisinya mogok.
Dani Sordo masih mengumpat di posisi 4, meskipun dia juga punya masalahnya sendiri, kali ini power steering-nya ngadat, dan setelah diperbaiki dia menyabet SS6. Sordo dikuntit oleh Elfyn Evans, 1 dari sedikit pembalap yang sama sekali tidak mengalami masalah di hari pertama. Jauh di belakangnya ada Martin Prokop, yang kali ini dia (lagi-lagi) enjoy and smooth, posisi 6 untuknya. Sementara itu Thierry Neuville bertengger di posisi 7, dimana seharusnya berada di posisi 2 kalau tidak mengalami pecah ban, dan pembalap ketiga Citroen Khalid Al-Qassimi melengkapi top 8.
Sementara itu di kategori WRC-2 terjadi momen unik (dan heroik) ketika roda kanan belakang di Ford Fiesta RRC-nya Yuriy Protasov copot ketika dia memimpin dengan nyaman. Alhasil dia memilih untuk keluar dari mobilnya setelah time control SS3 (lagi) dan berlari menuju stage untuk mengambil kembali roda yang terhilang. Setelah berhasil dipasang kembali di service park, dia dijatuhi hukuman penalti tambahan waktu 3 menit 10 detik, tapi di akhir hari pertama, dia hanya turun ke posisi 2 di kategori WRC-2 (dan 10 overall) dan Abdulaziz Al Kuwari mengambil alih pimpinan.
Di sisi lain, ada 3 pembalap yang menemani Ogier dan Mikkelsen di "kelas" rally-2. Salah satu langganannya Lorenzo Bertelli mengalami kerusakan suspensi, Hayden Paddon dengan kerusakan exhaust manifold, dan Ott TiTanak kembali berurusan dengan air, kali ini dia menghantam batu yang tertutupi air sehingga merusaki suspensinya.
2015 Rally Argentina: Overall standings after Stage 6 (Top 10):
1. Kris Meeke Citroen Total Abu Dhabi WRT DS 3 WRC 1h 44m 47.8s M
2. Mads Ostberg Citroen Total Abu Dhabi WRT DS 3 WRC +1m 08.4s M
3. Jari-Matti Latvala Volkswagen Motorsport Polo R WRC +1m 23.5s M
4. Dani Sordo Hyundai Motorsport i20 WRC +1m 54.2s M
5. Elfyn Evans M-Sport WRT Ford Fiesta RS WRC +1m 59.7s M
6. Martin Prokop Jipocar Czech National Team Ford Fiesta RS WRC +3m 27.4s M
7. Thierry Neuville Hyundai Motorsport i20 WRC +5m 06.2s M
8. Khalid Al Qassimi Citroen Total Abu Dhabi WRT DS 3 WRC +6m 01.8s
9. Abdulaziz Al-Kuwari Ford Fiesta RRC +6m 46.3s WRC2
10. Yuriy Protasov Ford Fiesta RRC +8m 43.3s WRC2
Other(s):
11. Diego Dominguez Ford Fiesta R5 +9m 22.0s WRC2
12. Stephane Lefebvre Citroen DS3 R5 +9m 58.2s WRC2
13. Gustavo Saba Skoda Fabia S2000 +10m 32.6s
14. Federico Villagra Ford Fiesta MR +11m 42.3s
WRC2 standings after Stage 5 (Top 3):
1. Abdulaziz Al-Kuwari Ford Fiesta RRC 1h 51m 34.1s WRC2
2. Yuriy Protasov Ford Fiesta RRC +1m 57.0s WRC2
3. Diego Dominguez Ford Fiesta R5 +2m 35.7s WRC2
Notable retirements:
SS2. Sebastien Ogier Volkswagen Motorsport Polo R WRC Technical M*
SS2. Lorenzo Bertelli Ford Fiesta RS WRC Stopped M
SS3/4. Andreas Mikkelsen Volkswagen Motorsport II Polo R WRC Technical M*
SS3/4. Hayden Paddon Hyundai Motorsport N i20 WRC Technical M*
SS4. Ott Tanak M-Sport WRT Ford Fiesta RS WRC Lost a wheel M*
M denotes Manufacturer entry
*denotes expected to re-start on Saturday under Rally 2
all times unofficial
Hari pertama (dan kedua) Rally Argentina 2015 berlangsung dramatis, dan miris. Apa saja yang terjadi? Ini dia:
Volkswagen baru saja menjalani disaster day. Diawali dengan gugurnya Sebastien Ogier (!) karena masalah mesin, dan Andreas Mikkelsen karena pecah ban. Gimana dengan Jari-Matti Latvala? Tenang, dia masih ada di leaderboard, tapi dia juga punya masalah, kali ini transmisinya .
Alhasil, Citroen menggunakan kesempatan ini dengan sempurna, dengan Kris Meeke memimpin dengan keunggulan lebih dari 1 menit dari rekannya Mads Ostberg, meskipun Meeke sempat pecah ban di SS3 dan mesin DS3-nya Ostberg sempat kehilangan tenaga. Latvala melengkapi posisi 3 meskipun transmisinya mogok.
Dani Sordo masih mengumpat di posisi 4, meskipun dia juga punya masalahnya sendiri, kali ini power steering-nya ngadat, dan setelah diperbaiki dia menyabet SS6. Sordo dikuntit oleh Elfyn Evans, 1 dari sedikit pembalap yang sama sekali tidak mengalami masalah di hari pertama. Jauh di belakangnya ada Martin Prokop, yang kali ini dia (lagi-lagi) enjoy and smooth, posisi 6 untuknya. Sementara itu Thierry Neuville bertengger di posisi 7, dimana seharusnya berada di posisi 2 kalau tidak mengalami pecah ban, dan pembalap ketiga Citroen Khalid Al-Qassimi melengkapi top 8.
Sementara itu di kategori WRC-2 terjadi momen unik (dan heroik) ketika roda kanan belakang di Ford Fiesta RRC-nya Yuriy Protasov copot ketika dia memimpin dengan nyaman. Alhasil dia memilih untuk keluar dari mobilnya setelah time control SS3 (lagi) dan berlari menuju stage untuk mengambil kembali roda yang terhilang. Setelah berhasil dipasang kembali di service park, dia dijatuhi hukuman penalti tambahan waktu 3 menit 10 detik, tapi di akhir hari pertama, dia hanya turun ke posisi 2 di kategori WRC-2 (dan 10 overall) dan Abdulaziz Al Kuwari mengambil alih pimpinan.
Di sisi lain, ada 3 pembalap yang menemani Ogier dan Mikkelsen di "kelas" rally-2. Salah satu langganannya Lorenzo Bertelli mengalami kerusakan suspensi, Hayden Paddon dengan kerusakan exhaust manifold, dan Ott TiTanak kembali berurusan dengan air, kali ini dia menghantam batu yang tertutupi air sehingga merusaki suspensinya.
2015 Rally Argentina: Overall standings after Stage 6 (Top 10):
1. Kris Meeke Citroen Total Abu Dhabi WRT DS 3 WRC 1h 44m 47.8s M
2. Mads Ostberg Citroen Total Abu Dhabi WRT DS 3 WRC +1m 08.4s M
3. Jari-Matti Latvala Volkswagen Motorsport Polo R WRC +1m 23.5s M
4. Dani Sordo Hyundai Motorsport i20 WRC +1m 54.2s M
5. Elfyn Evans M-Sport WRT Ford Fiesta RS WRC +1m 59.7s M
6. Martin Prokop Jipocar Czech National Team Ford Fiesta RS WRC +3m 27.4s M
7. Thierry Neuville Hyundai Motorsport i20 WRC +5m 06.2s M
8. Khalid Al Qassimi Citroen Total Abu Dhabi WRT DS 3 WRC +6m 01.8s
9. Abdulaziz Al-Kuwari Ford Fiesta RRC +6m 46.3s WRC2
10. Yuriy Protasov Ford Fiesta RRC +8m 43.3s WRC2
Other(s):
11. Diego Dominguez Ford Fiesta R5 +9m 22.0s WRC2
12. Stephane Lefebvre Citroen DS3 R5 +9m 58.2s WRC2
13. Gustavo Saba Skoda Fabia S2000 +10m 32.6s
14. Federico Villagra Ford Fiesta MR +11m 42.3s
WRC2 standings after Stage 5 (Top 3):
1. Abdulaziz Al-Kuwari Ford Fiesta RRC 1h 51m 34.1s WRC2
2. Yuriy Protasov Ford Fiesta RRC +1m 57.0s WRC2
3. Diego Dominguez Ford Fiesta R5 +2m 35.7s WRC2
Notable retirements:
SS2. Sebastien Ogier Volkswagen Motorsport Polo R WRC Technical M*
SS2. Lorenzo Bertelli Ford Fiesta RS WRC Stopped M
SS3/4. Andreas Mikkelsen Volkswagen Motorsport II Polo R WRC Technical M*
SS3/4. Hayden Paddon Hyundai Motorsport N i20 WRC Technical M*
SS4. Ott Tanak M-Sport WRT Ford Fiesta RS WRC Lost a wheel M*
M denotes Manufacturer entry
*denotes expected to re-start on Saturday under Rally 2
all times unofficial
No comments:
Post a Comment