Halo...!
Judul untuk review hari kedua Rallye Monte Carlo ini saya tulis karena ketiga pembalap tersebut mengalami, ehm, sedikit sial. Berikut ulasan selengkapnya:
Seperti yang saya sudah jelaskan di preview, pilihan ban sangat sulit dan krusial, dan inilah yang terjadi di hari kedua ini. Setelah memimpin hari pertama, Sebastien Loeb harus menyerahkan "tahtanya" ke Sebastien Ogier setelah suspensi kiri-belakangnya rusak akibat menghantam batu di SS8, SS terakhir untuk hari ini. Alhasil, dia kehilangan lebih dari 6 menit dan terlempar ke posisi 15, dan akan restart melalui regulasi Rally-2.
Derita Citroen bertambah setelah Kris Meeke mengalami masalah yang sama, tapi dia tidak mampu menyelesaikan SS8 dan dijatuhi penalti 10 menit (bertambah dari 5 menit seiring perubahan regulasi) dan terdampar ke posisi 21. Alhasil Citroen hanya bisa berharap Loeb merangkak naik dan meraih kemenangan di power stage (SS terakhir) karena Mads Ostberg tidak dinominasikan untuk mencetak poin untuk pabrikan di rally ini.
Kubica? Perasaannya sedang campur aduk. Gimana tidak? Dia memenangi 3 dari 6 SS untuk hari ini, sebelum kecelakaan dua kali dalam SS8 (lagi) dan mengalami kerusakaan di bagian depan Ford Fiesta RS WRC-nya. Tapi dia "hanya" kehilangan 3 menit, membuat posisinya yang semula merangkak naik dari posisi 52 ke 23 kemudian turun lagi ke 28. Tapi setidaknya dia mampu menyelesaikan SS8, jadi tidak perlu lagi restart memakai Rally-2. Selain itu dia mampu tampil beda, dengan ban Pirelli-nya dia bisa kompetitif melawan ban Michelin.
Alhasil, leaderboard pun berubah drastis dengan Jari-Matti Latvala dan Andreas Mikkelsen berada di posisi 2 dan 3, potensi VW untuk sapu bersih podium terbuka. Ott Tanak masih berada di posisi 4, tapi Mads Ostberg menguntit di posisi 5. Elfyn Evans turun ke posisi 6, diikuti oleh duo Hyundai Thierry Neuville dan Dani Sordo, sementara itu duo privat Martin Prokop dan Henning Solberg melengkapi 10 besar.
Sementara itu di kategori WRC-2, bocah baru Stephane Lefebvre berhasil menjauh dari Martin Koci dari 1.7 detik menjadi 6.5 detik, dan Armin Kremer berada di posisi ketiga setelah Craig Breen mengalami masalah. So far so good untuk mobil Citroen DS3 R5, yang menjalani musim debutnya setelah dihomologasi tahun lalu.
OK, that's it, dan hari ketiga akan dibuka di SS9 di PRUNIERES - EMBRUN 1 pukul 09.16 waktu setempat (15.16 WIB). See ya...!
2015 Rallye Monte Carlo: Overall standings after Stage 8 (Top 10):
1. Sebastien Ogier Volkswagen Motorsport Polo R WRC 1hour 52m 07.4s M
2. Jari-Matti Latvala Volkswagen Motorsport Polo R WRC +1m 45.4s M
3. Andreas Mikkelsen Volkswagen Motorsport II Polo R WRC +2m 34.8s M
4. Ott Tanak M-Sport WRT Ford Fiesta RS WRC +2m 44.4s M
5. Mads Ostberg Citroen Total Abu Dhabi WRT DS3 WRC +3m 02.9s M
6. Elfyn Evans M-Sport WRT Ford Fiesta RS WRC +3m 15.2s M
7. Thierry Neuville Hyundai Motorsport i20 WRC +3m 29.9s M
8. Dani Sordo Hyundai Motorsport i20 WRC +4m 03.0s M
9. Martin Prokop Jipocar Czech National Team Ford Fiesta RS WRC +4m 59.6s M
10. Henning Solberg M-Sport WRT Ford Fiesta RS WRC +6m 38.9s
Other(s):
11. Lorenzo Bertelli FWRT SRL Ford Fiesta RS WRC +7m 13.8s M
12. Stephane Lefebvre Citroen DS3 R5 +7m 42.7s WRC2
13. Martin Koci Ford Fiesta R5 +7m 49.2s WRC2
14. Armin Kremer Skoda Fabia S2000 +9m 47.6s WRC2
15. Sebastien Loeb Citroen Total Abu Dhabi WRT DS3 WRC +10m 08.0s M**
WRC2 standings after Stage 8 (Top 3):
1. Stephane Lefebvre Citroen DS3 R5 1hr 59m 50.2s WRC2
2. Martin Koci Ford Fiesta R5 +6.5s WRC2
3. Armin Kremer Skoda Fabia S2000 +2m 04.9s WRC2
Notable retirements#:
SS1/SS2. Sebastien Chardonnet Citroen DS3 WRC Suspension M*
SS2. Bryan Bouffier M-Sport WRT Ford Fiesta RS WRC Went off
SS2. Robert Kubica RK WRT Ford Fiesta RS WRC Electrical issues M*
SS8. Kris Meeke Citroen Total Abu Dhabi WRT DS3 WRC Suspension damage M**
SS8. Sebastien Loeb Citroen Total Abu Dhabi WRT DS3 WRC Suspension damage M**
M denotes Manufacturer entry
*denotes re-started under Rally 2 on Friday
**denotes will re-start under Rally 2 on Saturday
# Unlike in previous years, crews will be authorised to rejoin under Rally 2 rules at Rallye Monte Carlo but only on the first two days. Any crews that retire during Saturday's leg will not be entitled to rejoin the rally on Sunday.
Judul untuk review hari kedua Rallye Monte Carlo ini saya tulis karena ketiga pembalap tersebut mengalami, ehm, sedikit sial. Berikut ulasan selengkapnya:
Seperti yang saya sudah jelaskan di preview, pilihan ban sangat sulit dan krusial, dan inilah yang terjadi di hari kedua ini. Setelah memimpin hari pertama, Sebastien Loeb harus menyerahkan "tahtanya" ke Sebastien Ogier setelah suspensi kiri-belakangnya rusak akibat menghantam batu di SS8, SS terakhir untuk hari ini. Alhasil, dia kehilangan lebih dari 6 menit dan terlempar ke posisi 15, dan akan restart melalui regulasi Rally-2.
Derita Citroen bertambah setelah Kris Meeke mengalami masalah yang sama, tapi dia tidak mampu menyelesaikan SS8 dan dijatuhi penalti 10 menit (bertambah dari 5 menit seiring perubahan regulasi) dan terdampar ke posisi 21. Alhasil Citroen hanya bisa berharap Loeb merangkak naik dan meraih kemenangan di power stage (SS terakhir) karena Mads Ostberg tidak dinominasikan untuk mencetak poin untuk pabrikan di rally ini.
Kubica? Perasaannya sedang campur aduk. Gimana tidak? Dia memenangi 3 dari 6 SS untuk hari ini, sebelum kecelakaan dua kali dalam SS8 (lagi) dan mengalami kerusakaan di bagian depan Ford Fiesta RS WRC-nya. Tapi dia "hanya" kehilangan 3 menit, membuat posisinya yang semula merangkak naik dari posisi 52 ke 23 kemudian turun lagi ke 28. Tapi setidaknya dia mampu menyelesaikan SS8, jadi tidak perlu lagi restart memakai Rally-2. Selain itu dia mampu tampil beda, dengan ban Pirelli-nya dia bisa kompetitif melawan ban Michelin.
Alhasil, leaderboard pun berubah drastis dengan Jari-Matti Latvala dan Andreas Mikkelsen berada di posisi 2 dan 3, potensi VW untuk sapu bersih podium terbuka. Ott Tanak masih berada di posisi 4, tapi Mads Ostberg menguntit di posisi 5. Elfyn Evans turun ke posisi 6, diikuti oleh duo Hyundai Thierry Neuville dan Dani Sordo, sementara itu duo privat Martin Prokop dan Henning Solberg melengkapi 10 besar.
Sementara itu di kategori WRC-2, bocah baru Stephane Lefebvre berhasil menjauh dari Martin Koci dari 1.7 detik menjadi 6.5 detik, dan Armin Kremer berada di posisi ketiga setelah Craig Breen mengalami masalah. So far so good untuk mobil Citroen DS3 R5, yang menjalani musim debutnya setelah dihomologasi tahun lalu.
OK, that's it, dan hari ketiga akan dibuka di SS9 di PRUNIERES - EMBRUN 1 pukul 09.16 waktu setempat (15.16 WIB). See ya...!
2015 Rallye Monte Carlo: Overall standings after Stage 8 (Top 10):
1. Sebastien Ogier Volkswagen Motorsport Polo R WRC 1hour 52m 07.4s M
2. Jari-Matti Latvala Volkswagen Motorsport Polo R WRC +1m 45.4s M
3. Andreas Mikkelsen Volkswagen Motorsport II Polo R WRC +2m 34.8s M
4. Ott Tanak M-Sport WRT Ford Fiesta RS WRC +2m 44.4s M
5. Mads Ostberg Citroen Total Abu Dhabi WRT DS3 WRC +3m 02.9s M
6. Elfyn Evans M-Sport WRT Ford Fiesta RS WRC +3m 15.2s M
7. Thierry Neuville Hyundai Motorsport i20 WRC +3m 29.9s M
8. Dani Sordo Hyundai Motorsport i20 WRC +4m 03.0s M
9. Martin Prokop Jipocar Czech National Team Ford Fiesta RS WRC +4m 59.6s M
10. Henning Solberg M-Sport WRT Ford Fiesta RS WRC +6m 38.9s
Other(s):
11. Lorenzo Bertelli FWRT SRL Ford Fiesta RS WRC +7m 13.8s M
12. Stephane Lefebvre Citroen DS3 R5 +7m 42.7s WRC2
13. Martin Koci Ford Fiesta R5 +7m 49.2s WRC2
14. Armin Kremer Skoda Fabia S2000 +9m 47.6s WRC2
15. Sebastien Loeb Citroen Total Abu Dhabi WRT DS3 WRC +10m 08.0s M**
WRC2 standings after Stage 8 (Top 3):
1. Stephane Lefebvre Citroen DS3 R5 1hr 59m 50.2s WRC2
2. Martin Koci Ford Fiesta R5 +6.5s WRC2
3. Armin Kremer Skoda Fabia S2000 +2m 04.9s WRC2
Notable retirements#:
SS1/SS2. Sebastien Chardonnet Citroen DS3 WRC Suspension M*
SS2. Bryan Bouffier M-Sport WRT Ford Fiesta RS WRC Went off
SS2. Robert Kubica RK WRT Ford Fiesta RS WRC Electrical issues M*
SS8. Kris Meeke Citroen Total Abu Dhabi WRT DS3 WRC Suspension damage M**
SS8. Sebastien Loeb Citroen Total Abu Dhabi WRT DS3 WRC Suspension damage M**
M denotes Manufacturer entry
*denotes re-started under Rally 2 on Friday
**denotes will re-start under Rally 2 on Saturday
# Unlike in previous years, crews will be authorised to rejoin under Rally 2 rules at Rallye Monte Carlo but only on the first two days. Any crews that retire during Saturday's leg will not be entitled to rejoin the rally on Sunday.
No comments:
Post a Comment