Friday, 29 January 2016

#FlatOutNews Rallycross Edisi 4 (2016 World RX Silly Season Saga PART 2)

Sebelumnya, saya akan memberikan link artikel sebelumnya tentang silly season World Rallycross Championship musim 2016:
Kalau sudah baca, thank you very much. Kalau belum, silahkan baca agar bisa mengikuti kronologinya.

Mungkin memang sudah terlambat untuk menulis hal ini, tapi itu lebih baik daripada tidak sama sekali...

Sebelumnya balap rallycross sudah lumayan dikenal di benua Eropa, tapi sejak FIA World Rallycross Championship mulai beraksi di tahun 2014 silam olahraga ini semakin dicintai para penggemar otomotif di seluruh dunia.


Hal tersebut membuat begitu banyaknya merk-merk mobil yang ikut serta, baik langsung membuat factory team maupun diwakilkan oleh tim privat yang bersedia membawa panji sebuah perusahaan mobil. Silahkan absen Ford dengan OlsbergsMSE, Citroen dengan SDRX, Audi dengan EKSRX, Peugeot dengan Hansen Motorsport, dll.


Nah, khusus Ford, tim OlsbergsMSE tidak akan sendirian bertanding di World RX musim 2016 mendatang, karena mereka akan ditemani oleh....


Hoonigan Racing Division! 

Setelah bermain di Global Rallycross selama beberapa tahun terakhir, tim milik Ken Block tersebut akan berkompetisi di World RX dengan dukungan penuh dari Ford Performance. Block akan membalap dengan Ford Fiesta R/X hasil kreasi M-Sport, yang berbasis dari Fiesta RS WRC.


Dan Block tidak akan bertarung sendirian. Statusnya sebagai bos tim membuatnya leluasa dalam mencari rekan setimnya. Dan dia mendapatkan seorang pemuda sinting yang bernama....


Andreas Bakkerud.!

Block sukses membajak Bakkerud dari OlsbergsMSE, dan dengan itu berakhir sudah kerjasamanya dengan tim asal Swedia tersebut. Bersama Bakkerud OlsbergsMSE sukses merebut gelar konstruktor di tahun 2014.

Belum diketahui siapa yang akan mengisi kursi yang ditinggal Bakkerud tersebut, walaupun muncul rumor bahwa pembalap RX Lites Kevin Eriksson (anak dari sang bos, Andreas) akan naik ke kelas Supercar di musim 2016 mendatang.

What about Topi?


Di sisi lainnya Toomas 'Topi' Heikkinen masih menjadi tanda tanya setelah restrukturisasi tim Volkswagen di World RX. Pembalap asal Finlandia tersebut mempunyai beberapa opsi untuk musim 2016 mendatang.


Pertama, balik ke OlsbergsMSE. Kebetulan Heikkinen pernah membalap dengan tim ini selama 2 tahun di Global Rallycross, dan sukses menjadi juara di musim 2013. Dengan 1 (Atau mungkin 2, karena posisi TImur Timerzyanov di OlsbergsMSE belum pasti) kursi yang tersedia di tim tersebut Heikkinen jelas punya kesempatan untuk balik.


Kedua, pindah ke EKS RX. Dibandingkan dengan OlsbergsMSE, tim besutan Mattias Ekstrom tersebut lebih memungkinkan untuk menampung Heikkinen. Alasannya adalah:
  1. EKSRX merupakan tim yang didukung penuh oleh Audi, yang dimiliki oleh Volkswagen dimana Heikkinen bernaung selama 2 musim terakhir.
  2. Sponsor Red Bull bisa mempermudah negosiasi Heikkinen dengan EKS RX.
  3. Satu kursi di EKS sudah kosong setelah Anton Marklund kembali ke Volkswagen RX Sweden.
Apakah ada kemungkinan lainnya, seperti membalap dengan Mazda? Kita lihat saja nanti.

2 comments:

  1. Bukannya hoonigan racing division pake 2016 ford focus RX ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. my bad.

      Post ini sudah dirilis sebelum Ford umumkan Focus RS RX. Btw saya akan rilis 'Panduan World RX 2016' dimana semua tim dan pembalap (khusus kelas World RX Supercar, kelas2 lainnya hanya dijelaskan sedikit) satu per satu :)

      Delete