This, is, HELL.
Iya, Hell, nama desa di Norwegia yang akan menggelar RX Norwegia, ronde kelima di FIA World Rallycross musim 2016.
Heaven of Norway's Rallycross
Lokasi
|
Lankebanen, Norwegia
|
Panjang
|
1.019 km
|
Aspal/Gravel
|
63%/37%
|
Fastest Lap
|
34.067 detik
Peter Hedstrom (Swedia)
Hedstrom Motorsport – Skoda Fabia
|
Sirkuit Lankebanen dibuka pada tahun 1988, dan merupakan sirkuit aspal pertama di negeri tersebut. Selain dipakai untuk rallycross (Dan Bilcross, rallycross versi murah) sirkuit ini juga dipakai untuk go-kart, motocross, balap motor, dan juga untuk latihan mengemudi dan ujian untuk mendapatkan SIM.
Sirkuit rallycross-nya sendiri mempunyai karakter yang twisty and tight. Hampir setiap tikungannya berkarakter hairpin/long hairpin, membuat mobil-mobil yang mungil seperti Peugeot 208, Ford Fiesta dan Citroen DS3 mempunyai keuntungan di sini.
Hal sebaliknya dapat menghantui mobil-mobil berbadan bongsor seperti Ford Focus RS dan Audi S1, meskipun mereka juga mempunyai keuntungan lainnya yaitu lebih stabil setelah keluar dari tikungan.
History Awaits You, Ekky
2 minggu sebelumnya Mattias Ekstrom menang untuk ketiga kali berturut-turut di musim ini. Pencapaian tersebut menyamai rekor yang dicetak oleh Petter Solberg 2 tahun sebelumnya.
Apa yang berada di dalam pikiran Ekky adalah kemenangan keempat, yang berarti mencatatkan rekor baru dalam buku sejarah FIA World Rallycross (yang masih tergolong tipis).
Petter sendiri merupakan satu-satunya pembalap selain Ekstrom yang mampu meraih kemenangan di musim ini. Maka dari itu, kemenangan di depan pendukungnya sendiri merupakan kewajiban untuk Solberg, dan juga mengambil alih posisi pertama di klasemen dari Ekstrom.
Solberg, dengan Andreas Bakkerud akan saling sikut untuk menjadi pembalap Norwegia pertama yang menang di Hell.
Sementara itu, secara perlahan namun pasti tim Peugeot-Hansen mulai menunjukkan taringnya. Di Lydden Hill 2 minggu silam Timmy Hansen finish ketiga, sementara itu Sebastien Loeb juga tampil cepat meskipun masalah teknis mengganggu 208-nya.
Musim lalu tim ini finish 1-2 di Hell musim lalu, dengan Timmy dan Davy Jeanney. Kini waktunya untuk mereka bertiga untuk menguasai Hell sekali lagi.
Sementara itu Volkswagen RX Sweden bisa dibilang merupakan tim paling konsisten musim ini, dimana Johan Kristoffersson selalu lolos ke babak Semifinal, dan Anton Marklund juga selalu membawa pulang beberapa poin dari 4 seri pertama di musim ini.
Hal sebaliknya terjadi kepada tim Hoonigan Racing Division. Meskipun Ford Focus RS RX terbukti cepat, mobil tersebut juga masih problematik. Sejauh ini Andreas Bakkerud melakukan pekerjaan hebat, tapi Ken Block butuh sedikit confidence untuk kembali ke performa terbaiknya, apalagi dia akan datang ke sirkuit dimana dia melakukan debut, dan naik podium di World RX.
Sementara itu sebanyak 5 pembalap akan bertarug untuk Norwegia di seri kedua Euro RX. Mereka adalah juara bertahan Tommy Rustad, Tom Daniel Tanevik, Tord Linnerud, Alexander Hvaal dan Ole Kristian Temte.
Tapi mereka juga harus mewaspadai para pembalap Swedia, khususnya Kevin Hansen, yang memenangi seri pertama di Belgia dan finish keempat di World RX Lydden Hill. Begitu juga dengan Jerome Grosset-Janin.
Sumber: Fredrik Magnussen Motorsport Norway @Facebook |
Sementara itu jagoan lokal di kelas RX Lites Thomas Bryntesson akan mencoba untuk merebut kembali puncak klasemen dari Cyril Raymond setelah akhir minggu yang buruk di Lydden Hill. Sesama pembalap Norwegia, Joachim Hvaal juga siap untuk tampil maksimal di Hell.
Sumber: Albert Llovera @Facebook |
No comments:
Post a Comment