Setiap pembalap reli yang mendapatkan urutan start pertama di reli yang memakai lintasan gravel tidaklah selalu menguntungkan, terutama di reli seperti Rally Meksiko. Sudah jelas bahwa Sebastien Ogier kesulitan di hari kedua di reli ini.
Kesempatan tersebut berhasil dimanfaatkan oleh Jari-Matti Latvala, yang start di urutan ke-8. Hasilnya pembalap asal Finlandia tersebut mengakhiri hari kedua di posisi pertama, unggul 32.1 detik dari Ogier. Posisi ketiga ditempati oleh Dani Sordo, dan Andreas Mikkelsen menguntit dengan selisih 31.1 detik.
Sementara itu rekan setimnya Hayden Paddon melakukan kesalahan di pilihan ban (Dia memilih ban berkompon keras), dan kontak dengan tembok di SS5 membuat suspensi di Hyundai i20 WRC '16-nya rusak. Meskipun begitu, Paddon mampu mempertahankan posisi kelima dari Mads Ostberg dengan marjin 14.8 detik saja.
Top 9 dilengkapi oleh Ott Tanak, Martin Prokop dan Lorenzo Bertelli, semuanya memakai Ford Fiesta RS WRC Evo.
Hari kedua tidaklah berjalan baik untuk pembalap kedua M-Sport Eric Camilli. Ban di sisi kiri-belakang Fiesta RS WRC Evo-nya pecah SS4 membuatnya kehilangan lima menit. Masalah semakin pelik ketika mobilnya kehilangan gigi 1 dan 2. Camilli mengakhiri hari pertama di posisi ke-11.
Sementara itu penampilan konsisten yang ditunjukkan oleh Teemu Suninen terbayarkan dengan posisi pertama di kelas WRC-2 dan ke-10 overall. Suninen unggul 7 menit (!) dari Nicolas Fuchs, dan 8 menit dari Abdulaziz Al-Kuwari.
Btw, setelah 2 reli pertama di musim ini dengan Team Oreca, Suninen kembali ke tim TGS Worldwide, milik mantan pembalap Skoda WRC Toni Gardemeister.
WRC-3? Well, Michel Fabre masih sendirian.
Kesempatan tersebut berhasil dimanfaatkan oleh Jari-Matti Latvala, yang start di urutan ke-8. Hasilnya pembalap asal Finlandia tersebut mengakhiri hari kedua di posisi pertama, unggul 32.1 detik dari Ogier. Posisi ketiga ditempati oleh Dani Sordo, dan Andreas Mikkelsen menguntit dengan selisih 31.1 detik.
Sementara itu rekan setimnya Hayden Paddon melakukan kesalahan di pilihan ban (Dia memilih ban berkompon keras), dan kontak dengan tembok di SS5 membuat suspensi di Hyundai i20 WRC '16-nya rusak. Meskipun begitu, Paddon mampu mempertahankan posisi kelima dari Mads Ostberg dengan marjin 14.8 detik saja.
Top 9 dilengkapi oleh Ott Tanak, Martin Prokop dan Lorenzo Bertelli, semuanya memakai Ford Fiesta RS WRC Evo.
Today was a good day, isn't it Eric? |
Setidaknya nasibnya masih lebih baik ketimbang Thierry Neuville. Kalau Camilli mengalami pecah ban di 44.5 km di SS4, Neuville mengalami kecelakaan di 5 km sebelumnya di SS yang sama. Kerusakan suspensi dan steering rack memaksanya untuk berhenti. Dia akan re-start di hari ketiga.Disappointment for @thierryneuville & @nicolasgilsoul, they are out for the day after damaging front left steering. pic.twitter.com/ind2oRsbf0— WRC (@OfficialWRC) March 4, 2016
Lihatlah foto-foto yang di-upload oleh fotografer beken di dunia reli, Andre Lavandinho. Itu momen-momen ketika pembalap lokal Benito Guerra beraksi di SS5. Keren bukan? Sayangnya, aksi tersebut mematahkan suspensi mobilnya. Guerra berhenti tidak jauh dari area tersebut, dan dia akan mengikuti jejak Neuville di Rally-2.Best WRC jump ever? hum... i think yes! @MSportLtd @OfficialWRC @RallyMexico pic.twitter.com/MfRIjdR42j— Andre Lavadinho (@ALavadinho) March 4, 2016
Sementara itu penampilan konsisten yang ditunjukkan oleh Teemu Suninen terbayarkan dengan posisi pertama di kelas WRC-2 dan ke-10 overall. Suninen unggul 7 menit (!) dari Nicolas Fuchs, dan 8 menit dari Abdulaziz Al-Kuwari.
Btw, setelah 2 reli pertama di musim ini dengan Team Oreca, Suninen kembali ke tim TGS Worldwide, milik mantan pembalap Skoda WRC Toni Gardemeister.
WRC-3? Well, Michel Fabre masih sendirian.
Hasil WRC Rally Meksiko
2016 kelas WRC Setelah SS10 (Top 10)
No.
|
Pembalap,
co-driver & Kebangsaan
|
Tim
|
Mobil
|
Waktu
|
1.
|
Jari-Matti Latvala (Finlandia)
Miika Anttila (Finlandia)
|
Volkswagen Motorsport
|
Volkswagen Polo R WRC
|
1:48:00.0
|
2.
|
Sebastien Ogier (Prancis)
Julien Ingrassia (Prancis)
|
Volkswagen Motorsport
|
Volkswagen Polo R WRC
|
+32.1
|
3.
|
Dani Sordo (Spanyol)
Marc Marti (Spanyol)
|
Hyundai Motorsport
|
Hyundai i20 WRC ‘16
|
+1:15.6
|
4.
|
Andreas Mikkelsen (Norwegia)
Anders Jaeger (Norwegia)
|
Volkswagen Motorsport II
|
Volkswagen Polo R WRC
|
+1:46.7
|
5.
|
Hayden Paddon (Selandia Baru)
John Kennard (Selandia Baru)
|
Hyundai Motorsport N
|
Hyundai i20 WRC ‘16
|
+2:20.8
|
6.
|
Mads Ostberg (Norwegia)
Ola Floene (Norwegia)
|
M-Sport WRT
|
Ford Fiesta RS WRC Evo
|
+2:35.6
|
7.
|
Ott Tanak (Estonia)
Raigo Molder (Estonia)
|
DMACK WRT
|
Ford Fiesta RS WRC Evo
|
+2:53.8
|
8.
|
Martin Prokop (Rep. Ceska)
Jan Tomanek (Rep. Ceska)
|
Jipozar Czech National Team
|
Ford Fiesta RS WRC Evo
|
+4:56.3
|
9.
|
Lorenzo Bertelli (Italia)
Simone Scattolin (Italia)
|
FWRT s.r.l
|
Ford Fiesta RS WRC Evo
|
+5:11.3
|
10.
|
Teemu Suninen (Finlandia)
Mikko Markkula (Finlandia)
|
TGS Worldwide OU
|
Skoda Fabia R5
|
+5:43.7
|
Hasil WRC Rally
Meksiko 2016 kelas WRC-2 Setelah SS10
No.
|
Pembalap,
co-driver & Kebangsaan
|
Tim
|
Mobil
|
Waktu
|
1.
|
Teemu Suninen (Finlandia)
Mikko Markkula (Finlandia)
|
TGS Worldwide OU
|
Skoda Fabia R5
|
1:53:43.7
|
2.
|
Nicolas Fuchs (Peru)
Fernando Mussano (Argentina)
|
Skoda Fabia R5
|
+7:06.1
|
|
3.
|
Abdulaziz Al-Kuwari (Qatar)
Killian Duffy (Rep. Irlandia)
|
Culture & Sport Qatar Rally Team
|
Skoda Fabia R5
|
+8:09.8
|
4.
|
Hubert Ptaszek (Polandia)
Maciel Szczepaniak (Polandia)
|
Peugeot Team Slovakia
|
Peugeot 208 T16 R5
|
+11:10.4
|
5.
|
Max Rendina (Italia)
Emanuele Inglesi (Italia)
|
Motorsport Italia
|
Ford Fiesta R5 Evo
|
+12:07.3
|
6.
|
Armin Kremer (Jerman)
Pirmin Winklhofer (Jerman)
|
BRR Baumschlager Rallye & Racing Team
|
Skoda Fabia R5
|
+21:01.4
|
7.
|
Khalid Al-Suwaidi (Qatar)
Giovanni Bernacchini (Italia)
|
Culture & Sport Qatar Rally Team
|
Ford Fiesta R5 Evo
|
+42:47.5
|
Hasil WRC Rally
Meksiko 2016 kelas WRC-3 Setelah SS10
No.
|
Pembalap,
co-driver & Kebangsaan
|
Tim
|
Mobil
|
Waktu
|
1.
|
Michel Fabre (Prancis)
Maxime Vilmot (Prancis)
|
Sainteloc Junior Team
|
Citroen DS3 R3T Max
|
2:16:50.5
|
No comments:
Post a Comment