Selamat pagi..!
Ada dari kalian yang sering nonton acara otomotif (Saya lebih suka bilang ini sebagai acara komedi) Top Gear di BBC Knowledge/BBC 3?? Kalo iya, kalian pasti tau siapa mereka. Ya, mereka adalah kumpulan 3 orang ambisius (but rubbish, they said...) yang terkadang melakukan misi dengan mobil-mobil, dan terkadang tidak masuk akal. Dan Setelah mereka sukses dengan proyek mobil BMW 3 diesel di balapan Silverstone 24 jam (dengan beberapa drama)....
Kali ini mereka melakukan sesuatu yang lebih ekstrim lagi. Apa itu?? Berkompetisi di WRC Wales Rally GB dengan mobil sendiri..!!!
Ini adalah HYUNDAI i20 World Rally Car. Meskipun baru melakukan debut di musim ini, mereka tergolong sukses dengan memenangi Reli Jerman. Tapi bukan ini yang The Stig dkk. akan pakai, but This....! (Saran saya, sebaiknya batasi pandangan anda sampai disini dulu, terus baca sampai tulisan ini)
Ya, inilah yang akan mereka pakai, dan mobil ini sudah tidak dijual di Indonesia. Bukan Top Gear kalo mereka tidak segila ini. Hyundai i20 (biasa) ini akan dikirim langsung dari Korea, dan kita akan mengikuti perjalanan mobil ini menjadi mobil (sekelas) WRC. LET'S GO...!
Sebelum dikirim ke Top Gear Technology Centre di Inggris, Top Gear membeli salah satu dari sekitaran 7000 mobil i20 yang diproduksi di Korea Selatan (kebanyakan juga putih...)
Mobil inilah yang terpilih untuk dirombak habis-habisan di UK. Ada yang beda?? tidak juga...
Sebelum disulap menjadi mobil reli, Hyundai Motorsport, yang mengoperasikan tim Hyundai WRT mengirmkan bodykit yang berasal dari mobil tes tahun lalu. OK, mereka ingin mobil ini seperti yang Thierry Neuville dkk. pakai di WRC, walaupun tidak seperti yang mereka harapkan...
OK, inilah bagian terpenting dari mobil WRC-spoiler belakang. Ini sangat besar, dan beratnya sama dengan beratnya seekor bayi gajah...! Saya harap itu tidak lepas ketika melewati lumpur khas Reli GB.
Top Gear, kali ini, mereka tidak sendirian. Mereka dibantu oleh tim 586 Motorsport dari Brackley. Well, sementara saja....
....dan Selesai..err, tidak juga. Ini hanya memastikan agar bodykit yang berasal dari Jerman ini cocok dengan mobil dari Korea, tanpa perlu banyak modif sana-sini. Spion sebelah kanan lepas, bung...
Seperti bang Iwan Fals bilang, BONGKAR..! Kali ini yang harus dikerjakan pertama adalah membuang semua yang tidak perlukan. AC dibongkar juga? Iya. Btw perlu diperhatikan bahwa setirnya berada di sisi kanan. Ini sebuah tantangan lainnya karena semua mobil WRC memiliki lingkar kemudi di sebelah kiri. Jadi ada beberapa piranti yang tidak kompatibel.
Rollcage....
...dan Rollcage lagi. Ini sangat penting karena selain melindungi pembalap ketika crash (Semua lebih senang untuk tidak sama sekali crash..!), ini juga membuat sasis jadi rigid, jadi handling pun lebih responsif.
Suspensi Reiger adalah suspensi yang paling laku di reli, dan Top Gear pun tidak mau ketinggalan.
Top Gear memang beda dari yan lain. Mereka memutuskan untuk tidak memakai mesin 1.6L yang ada di i20 WRC, tapi justru mengambilnya dari Hyundai Veloster. Masalahnya sistem Elektronik i20 tidak kompatible dengan sistem kemudi elektrik Veloster. Jadi back to the basic...
Well, inilah dia. Mesin 1.2L asli dari i20 biasa disokong dengan girboks Hewland 6-kecepatan dan gear-ratio yang sangat rendah. Saya tidak yakin kalo ini mobil World Rally Car atau sekelas Junior WRC dengan mesin seperti ini. Saya juga gak tahu apakah mereka memakai turbo.??
....dan akhirnya, TADAA....!!! Mobil Hyundai i20 TGC (Top Gear Car) siap untuk Wales. Tapi sepertinya ada yang salah.....
Ya, spoiler-nya. Masalahnya adalah penopangnya tidak cukup kuat untuk menopang spoiler versi WRC (seperti yang saya bilang di atas, seperti bayi gajah), dan Hyundai WRC tidak ingin memberikan spoiler versi WRC yang memakai serat karbon, jadi mereka memakai spek S-2000 dulu. Tenang saja, Top Gear akan melobi dengan turut membawa The Stig...
OK, jika kita melihat interiornya, kelihatan seperti mobil kelas Group A, bahkan layar LCD nya masih ada. Mungkin The Stig tidak mau ketinggalan pertandingan Liga Inggris. Kita lihat dulu sebentar versi WRC....
...aww, sangat berbeda...
Dan akhirnya mobil ini melahap pasir ala Inggris (sebentar lagi lumpur). Tapi urusan masih belum selesai...ya, livery, atau corak, stiker mobil ini belum ada. Tunggu sebentar....
Akhirnya...livery spesial ala Top Gear, tidak lupa dengan spoiler nya....
OK, selesai sudah perjuangan para teknisi (di saat para presenternya lebih sering minum kopi) Top Gear, dan kami ucapkan Good Luck at Wales Rally GB....! Saya tidak sabar untuk melihatnya tahun depan di BBC3....
Ada dari kalian yang sering nonton acara otomotif (Saya lebih suka bilang ini sebagai acara komedi) Top Gear di BBC Knowledge/BBC 3?? Kalo iya, kalian pasti tau siapa mereka. Ya, mereka adalah kumpulan 3 orang ambisius (but rubbish, they said...) yang terkadang melakukan misi dengan mobil-mobil, dan terkadang tidak masuk akal. Dan Setelah mereka sukses dengan proyek mobil BMW 3 diesel di balapan Silverstone 24 jam (dengan beberapa drama)....
When you see it, that sticker..... |
Ini adalah HYUNDAI i20 World Rally Car. Meskipun baru melakukan debut di musim ini, mereka tergolong sukses dengan memenangi Reli Jerman. Tapi bukan ini yang The Stig dkk. akan pakai, but This....! (Saran saya, sebaiknya batasi pandangan anda sampai disini dulu, terus baca sampai tulisan ini)
SERIUS??? |
Sebelum dikirim ke Top Gear Technology Centre di Inggris, Top Gear membeli salah satu dari sekitaran 7000 mobil i20 yang diproduksi di Korea Selatan (kebanyakan juga putih...)
Mobil inilah yang terpilih untuk dirombak habis-habisan di UK. Ada yang beda?? tidak juga...
Sebelum disulap menjadi mobil reli, Hyundai Motorsport, yang mengoperasikan tim Hyundai WRT mengirmkan bodykit yang berasal dari mobil tes tahun lalu. OK, mereka ingin mobil ini seperti yang Thierry Neuville dkk. pakai di WRC, walaupun tidak seperti yang mereka harapkan...
OK, inilah bagian terpenting dari mobil WRC-spoiler belakang. Ini sangat besar, dan beratnya sama dengan beratnya seekor bayi gajah...! Saya harap itu tidak lepas ketika melewati lumpur khas Reli GB.
Top Gear, kali ini, mereka tidak sendirian. Mereka dibantu oleh tim 586 Motorsport dari Brackley. Well, sementara saja....
....dan Selesai..err, tidak juga. Ini hanya memastikan agar bodykit yang berasal dari Jerman ini cocok dengan mobil dari Korea, tanpa perlu banyak modif sana-sini. Spion sebelah kanan lepas, bung...
Seperti bang Iwan Fals bilang, BONGKAR..! Kali ini yang harus dikerjakan pertama adalah membuang semua yang tidak perlukan. AC dibongkar juga? Iya. Btw perlu diperhatikan bahwa setirnya berada di sisi kanan. Ini sebuah tantangan lainnya karena semua mobil WRC memiliki lingkar kemudi di sebelah kiri. Jadi ada beberapa piranti yang tidak kompatibel.
Rollcage....
...dan Rollcage lagi. Ini sangat penting karena selain melindungi pembalap ketika crash (Semua lebih senang untuk tidak sama sekali crash..!), ini juga membuat sasis jadi rigid, jadi handling pun lebih responsif.
Suspensi Reiger adalah suspensi yang paling laku di reli, dan Top Gear pun tidak mau ketinggalan.
Top Gear memang beda dari yan lain. Mereka memutuskan untuk tidak memakai mesin 1.6L yang ada di i20 WRC, tapi justru mengambilnya dari Hyundai Veloster. Masalahnya sistem Elektronik i20 tidak kompatible dengan sistem kemudi elektrik Veloster. Jadi back to the basic...
Well, inilah dia. Mesin 1.2L asli dari i20 biasa disokong dengan girboks Hewland 6-kecepatan dan gear-ratio yang sangat rendah. Saya tidak yakin kalo ini mobil World Rally Car atau sekelas Junior WRC dengan mesin seperti ini. Saya juga gak tahu apakah mereka memakai turbo.??
....dan akhirnya, TADAA....!!! Mobil Hyundai i20 TGC (Top Gear Car) siap untuk Wales. Tapi sepertinya ada yang salah.....
Ya, spoiler-nya. Masalahnya adalah penopangnya tidak cukup kuat untuk menopang spoiler versi WRC (seperti yang saya bilang di atas, seperti bayi gajah), dan Hyundai WRC tidak ingin memberikan spoiler versi WRC yang memakai serat karbon, jadi mereka memakai spek S-2000 dulu. Tenang saja, Top Gear akan melobi dengan turut membawa The Stig...
OK, jika kita melihat interiornya, kelihatan seperti mobil kelas Group A, bahkan layar LCD nya masih ada. Mungkin The Stig tidak mau ketinggalan pertandingan Liga Inggris. Kita lihat dulu sebentar versi WRC....
...aww, sangat berbeda...
Dan akhirnya mobil ini melahap pasir ala Inggris (sebentar lagi lumpur). Tapi urusan masih belum selesai...ya, livery, atau corak, stiker mobil ini belum ada. Tunggu sebentar....
Akhirnya...livery spesial ala Top Gear, tidak lupa dengan spoiler nya....
OK, selesai sudah perjuangan para teknisi (di saat para presenternya lebih sering minum kopi) Top Gear, dan kami ucapkan Good Luck at Wales Rally GB....! Saya tidak sabar untuk melihatnya tahun depan di BBC3....
No comments:
Post a Comment