Tuesday, 19 April 2016

#FinalThought Bompiso World Rallycross of Portugal 2016: First Blood for Hattrick!


Juara bertahan FIA World Rallycross Championship Petter Solberg berhasil memenangi RX Portugal di Sirkuit Montalegre. Kemenangan tersebut diraihnya setelah pertarungan yang alot di babak Semifinal dan Final.


Solberg baru dapat menunjukkan performa terbaiknya setelah babak Kualifikasi yang tergolong sulit, dan baru naik ke posisi kedua di Q4. "Pada akhir Q2 saya berada di posisi ketujuh. Saya berada di posisi yang cukup buruk, dan kami mengadakan rapat tim dan mengganti set-up. Hari ini berjalan dengan baik, hanya saja sistem launch control bermasalah, jadi saya terpaksa start secara manual. Hal tersebut terjadi juga di Final, tapi saya pikir oke, terkadang old fashioned way can work..!"


Robin Larsson berhasil finish kedua tepat di belakang Solberg, nyaris saja memulai musim 2016 dengan bagaimana dia mengakhiri tahun 2015 silam (kemenangan di RX Argentina). "Jujur saja saya tidak mengharapkan hasil ini. Target saya adalah masuk ke Semifinal, jadi masuk ke Final dan naik podium sangatlah bagus. Jujur saja, hari ini tergolong gila, terutama di Semifinal dan Final, tapi saya tahu bahwa saya berusaha sekuat mungkin!"


Toomas 'Topi' Heikkinen sukses mengakhiri debutnya bersama EKS RX dengan finish ketiga. Hasil yang bagus untuknya, tim, dan secara umum Audi dimana 2 dari 3 mobilnya masuk ke Final. "Akhir minggu ini seperti roller coaster, naik turun, tapi saya senang bisa naik podium dan membawa tim ini memuncaki klasemen. Sistem launch control tidak bekerja di final tapi saya tetap keep pushing dan lolos dari rintangan apapun. Musim ini masih panjang dan banyak yang harus dikerjakan, tapi secara umum mobil kami bekerja dengan baik."


Sementara itu Andreas Bakkerud sukses finish keempat, hasil yang memuaskan untuk tim baru, Hoonigan Racing Division dan juga buat mobil baru Ford Focus RS RX, meskipun kekurangan jatah tes.


Sebastien Loeb juga sukses mengakhiri debutnya di World RX dengan finish kelima, meskipun harus mengakhiri babak Final lebih awal. Johan Kristoffersson harus puas finish keenam setelah insiden dengan Solberg di Final, meskipun dia mendapatkan Monster Energy Super Charge Award setelah menjadi pembalap pertama yang melakukan start tercepat.


Mattias Ekstrom gagal lolos ke Final meskipun menjadi pembalap tercepat di babak Kualifikasi, sementara itu debut Liam Doran bersama JRM-MINI sukses berakhir dengan posisi kedelapan. Hal yang sama juga terjadi kepada Kevin Eriksson di debutnya dengan posisi kesembilan, dan Davy Jeanney mengakhiri balapan yang mengecewakan untuknya dengan melengkapi Top 10, sebelum kemudian didiskualifikasi dari babak Semifinal, dan turun ke posisi 12.

Indeed, di akhir minggu ini tim Peugeot Hansen tampil sedikit mengecewakan, dimana Hansen bersaudara (Timmy dan Kevin) hanya mampu berada di posisi ke-11 dan ke-13. Power steering di mobilnya Timmy membuatnya gagal finish di Semifikal, sedangkan Kevin gagal masuk ke Semifinal.

Di luar 12 besar, Reinis Nitiss finish di urutan ke-14 dengan tim baru (Munich Motorsport), dan mobil baru (SEAT Ibiza).


Sementara itu Ken Block sepertinya baru saja mengalami 'akhir minggu yang akan terlupakan'. Sirkuit baru, lingkungan baru dan mobil baru membuatnya kesulitan menunjukkan performanya, dan masalah dengan throttle di sesi Kualifikasi turut memperparah masalah tersebut.

Kelas Super 1600 baru saja mencatat rekor, dimana total 33 pembalap berkompetisi di kelas tersebut, terbanyak di sepanjang sejarah balapan mobil FWD tersebut. Tapi tentu saja, hanya 16 diantaranya mencetak poin, 12 ke Semifinal, 6 ke Final, dan hanya ada 1 pemenang.

Sumber: Linnemann Motorsport
Dan pembalap yang meraih trofi juara di Super 1600 adalah Ulrik Linnemann. Meskipun performa Linnemann tetaplah luar biasa, dia bukanlah pembalap yang mencetak poin terbanyak, dan juga sensasi.

Sumber: Compincar Team
Pembalap yang sukses mencuri perhatian tersebut adalah Mario Barbosa. Tampil dengan jatah wild card, Barbosa sukses finish kedua di Kualifikasi, dan total 10 poin tambahan di Semfinal dan Final membuatnya sukses berada di puncak klasemen, dengan defisit 2 poin dari Linnemann.

Timur Shigabutdinov tampil apik dengan finish ketiga, Janno Ligur kecewa hanya mampu berada di posisi keempat, meskipun dia memuncaki Kualifikasi. Krisztian Szabo finis kelima, dan rekan setim Shigabutdinov di Set Promotion, Magnus Bergsjobrenden melengkapi 6 besar.

Sampai jumpa di RX Hockenheim di Jerman pada tanggal 6-8 Mei mendatang!

HASIL WORLD RX OF PORTUGAL 2016

Kotak Putih = Masuk ke Final.
Kotak Kuning = Masuk ke Semifinal.
Kotak Merah = Tidak lolos dari Babak Kualifikasi.

Qx = Poin dan Posisi di setiap sesi di babak Kualfikasi (Q1, Q2, Q3, Q4). TIDAK DIHITUNG DI KLASEMEN.
QP = Poin total di babak Kualifikasi. TIDAK DIHITUNG DI KLASEMEN.
IP = Poin yang diraih oleh pembalap Top 16, dengan alokasi s.b: 16, 15, 14, 13, 12, 11, 10, dst.
SF = Poin yang dicetak di babak Semifinal. Masing-masing sesi mempunyai alokasi poin s.b: 6, 5, 4, 3, 2, 1.
F = Poin yang dicetak di babak Final. Masing-masing sesi mempunyai alokasi poin s.b: 8, 5, 4, 3, 2, 1.
TP = Total poin yang dicetak dalam sebuah balapan

KELAS WORLD RX SUPERCAR

No.
Pembalap & Kebangsaan
Tim & Mobil
Q1
Q2
Q3
Q4
QP
IP
SF
F
TP
1.
Petter Solberg (Norwegia)
PSRX – Citroen DS3 RX
33
(#11)
38
(#6)
50
(#1)
45
(#2)
166
15
6
8
29
2.
Robin Larsson (Swedia)
Audi A1
37
(#7)
34
(#10)
45
(#2)
40
(#4)
156
12
4
5
21
3.
Toomas Heikkinen (Finlandia)
EKS RX – Audi S1 EKS RX Quattro
42
(#3)
45
(#2)
33
(#11)
32
(#12)
152
11
5
4
20
4.
Andreas Bakkerud (Norwegia)
Hoonigan Racing Division – Ford Focus RS RX
40
(#4)
40
(#4)
42
(#3)
42
(#3)
164
13
4
3
20
5.
Sebastien Loeb (Prancis)
Peugeot Hansen – Peugeot 208 WRX
39
(#5)
39
(#5)
38
(#6)
35
(#9)
151
10
5
2
17
6.
Johan Kristoffersson (Swedia)
Volkswagen RX Sweden – Volkswagen Polo RX
50
(#1)
42
(#3)
36
(#8)
37
(#7)
165
14
6
1
21
7.
Mattias Ekstrom (Swedia)
EKS RX – Audi S1 EKS RX Quattro
45
(#2)
50
(#1)
40
(#4)
50
(#1)
185
16
3
-
19
8.
Liam Doran (Inggris)
JRM Racing – MINI Countryman RX
38
(#6)
27
(#17)
32
(#12)
34
(#10)
131
6
2
-
8
9.
Kevin Eriksson (Swedia)
OlsbergsMSE – OMSE Fiesta ST
35
(#9)
37
(#7)
35
(#9)
36
(#8)
143
9
3
-
12
10.
Anton Marklund (Swedia)
Volkswagen RX Sweden – Volkswagen Polo RX
32
(#12)
35
(#9)
30
(#14)
29
(#15)
126
5
2
-
7
11.
Timmy Hansen (Swedia)
Peugeot Hansen – Peugeot 208 WRX
36
(#8)
30
(#14)
37
(#7)
38
(#6)
141
8
1
-
9
12.
Davy Jeanney (Prancis)
Peugeot Hansen Academy – Peugeot 208 WRX
29
(#15)
31
(#13)
39
(#5)
39
(#5)
138
7
DQ*
-
7
13.
Kevin Hansen (Swedia)
Peugeot Hansen Academy – Peugeot 208 WRX
30
(#14)
36
(#8)
31
(#13)
28
(#16)
125
4
-
-
4
14.
Janis Baumanis (Latvia)
World RX Team Austria – MJP Ford Fiesta RXS
31
(#13)
33
(#11)
28
(#16)
30
(#14)
122
3
-
-
3
15.
Reinis Nitiss (Latvia)
Munnich Motorsport – SEAT Ibiza RX
34
(#10)
32
(#12)
29
(#15)
28
(#16)
122
2
-
-
2
16.
Timus Timerzyanov (Rusia)
World RX Team Austria – MJP Ford Fiesta RXS
23
(#21)
26
(#17)
34
(#10)
33
(#11)
116
1
-
-
1
17.
Niclas Gronholm (Finlandia)
OlsbergsMSE – OMSE Fiesta ST
28
(#16)
29
(#15)
23
(#21)
31
(#13)
111
-
-
-
-
18.
Ken Block (AS)
Hoonigan Racing Division – Ford Focus RS RX
25
(#18)
28
(#16)
25
(#18)
26
(#17)
104
-
-
-
-
19.
Rene Munnich (Jerman)
Munnich Motorsport – SEAT Ibiza RX
27
(#15)
23
(#20)
27
(#15)
25
(#18)
102
-
-
-
-
20.
Joaquim Santos (Portugal)
Bompiso Racing Team – Ford Focus
26
(#16)
25
(#18)
26
(#16
24
(#19)
101
-
-
-
-



* = Mobil #17 (Davy Jeanney, Peugeot Hansen Academy)  Didiskualifikasi dari babak Semifinal setelah menyebabkan insiden antara mobil #13 (Andreas Bakkerud, Hoonigan Racing Division) dan mobil #96 (Kevin Eriksson, OlsbergsMSE).



KELAS SUPER 1600 (KHUSUS 16 BESAR)
 


No.
Pembalap & Kebangsaan
Tim & Mobil
Q1
Q2
Q3
Q4
QP
IP
SF
F
TP
1.
Ulrik Linneman (Denmark)
Peugeot 208
27
(#17)
31
(#13)
34
(#10)
50
(#1)
142
10
5
8
23
2.
Mario Barbosa – Portugal
Citroen Saxo
39
(#5)
50
(#1)
39
(#5)
39
(#5)
167
15
5
5
25
3.
Timur Shigabutdinov (Rusia)
Set Promotion – Renault Twingo
33
(#11)
28
(#16)
35
(#9)
27
(#17)
123
7
6
4
17
4.
Janno Ligur (Estonia)
Ligur Racing – Skoda Fabia
50
(#1)
42
(#3)
40
(#4)
45
(#2)
177
16
4
3
23
5.
Krisztian Szabo (Hungaria)
TQS Hungary KFT. – Skoda Fabia
42
(#3)
45
(#2)
33
(#11)
40
(#4)
160
14
6
2
22
6.
Magnus Bergsjobrenden (Norwegia)
Set Promotion – Renault Twingo
24
(#20)
36
(#8)
45
(#2)
42
(#3)
147
13
4
1
18
7.
Espen Isaksctre (Norwegia)
Citroen Saxo
28
(#16)
33
(#11)
24
(#20)
34
(#10)
119
5
3
-
8
8.
Ernestas Staponkus (Lithuania)
Vilkyciai ASK – Volkswagen Polo
36
(#8)
#39
(#5)
36
(#8)
32
(#12)
142
11
2
-
13
9.
Ondrej Smetana (Rep. Ceska)
LS Razing Czech NT – Ford Fiesta
34
(#10)
40
(#4)
31
(#13)
38
(#6)
143
12
3
-
15
10.
Dmitrii Malakhov (Rusia)
TT Motorsport – Renault Twingo
38
(#6)
19
(#25)
32
(#12)
35
(#9)
124
8
2
-
10
11.
Rudolf Schafer (Prancis)
Peugeot 208
30
(#14)
25
(#19)
37
(#7)
29
(#15)
121
6
1
-
7
12.
Glenn Haug (Norwegia)
Citroen C2
45
(#2)
23
(#21)
28
(#16)
30
(#14)
126
9
1
-
10
13.
Egor Sanin (Rusia)
TT Motorsport – Lada Kalina
37
(#7)
11
(#33)
38
(#6)
33
(#8)
119
4
-
-
4
14.
Pavel Vimmer (Rep. Ceska)
Diana Czech NT  - Skoda Fabia
19
(#25)
34
(#7)
26
(#18)
36
(#8)
115
3
-
-
3
15.
Siim Saluri (Estonia)
RS Racing – Renault Twingo
25
(#19)
28
(#6)
22
(#22)
22
(#22)
107
2
-
-
2
16.
Ricardo Soares (Portugal)
Bompiso Racing Team – Ford Focus
20
(#24)
37
(#7)
23
(#21)
26
(#18)
106
1
-
-
1

No comments:

Post a Comment