Juara bertahan FIA World Rallycross Championship Petter Solberg berhasil memenangi RX Portugal di Sirkuit Montalegre. Kemenangan tersebut diraihnya setelah pertarungan yang alot di babak Semifinal dan Final.
Solberg baru dapat menunjukkan performa terbaiknya setelah babak Kualifikasi yang tergolong sulit, dan baru naik ke posisi kedua di Q4. "Pada akhir Q2 saya berada di posisi ketujuh. Saya berada di posisi yang cukup buruk, dan kami mengadakan rapat tim dan mengganti set-up. Hari ini berjalan dengan baik, hanya saja sistem launch control bermasalah, jadi saya terpaksa start secara manual. Hal tersebut terjadi juga di Final, tapi saya pikir oke, terkadang old fashioned way can work..!"
Robin Larsson berhasil finish kedua tepat di belakang Solberg, nyaris saja memulai musim 2016 dengan bagaimana dia mengakhiri tahun 2015 silam (kemenangan di RX Argentina). "Jujur saja saya tidak mengharapkan hasil ini. Target saya adalah masuk ke Semifinal, jadi masuk ke Final dan naik podium sangatlah bagus. Jujur saja, hari ini tergolong gila, terutama di Semifinal dan Final, tapi saya tahu bahwa saya berusaha sekuat mungkin!"
Toomas 'Topi' Heikkinen sukses mengakhiri debutnya bersama EKS RX dengan finish ketiga. Hasil yang bagus untuknya, tim, dan secara umum Audi dimana 2 dari 3 mobilnya masuk ke Final. "Akhir minggu ini seperti roller coaster, naik turun, tapi saya senang bisa naik podium dan membawa tim ini memuncaki klasemen. Sistem launch control tidak bekerja di final tapi saya tetap keep pushing dan lolos dari rintangan apapun. Musim ini masih panjang dan banyak yang harus dikerjakan, tapi secara umum mobil kami bekerja dengan baik."
Sementara itu Andreas Bakkerud sukses finish keempat, hasil yang memuaskan untuk tim baru, Hoonigan Racing Division dan juga buat mobil baru Ford Focus RS RX, meskipun kekurangan jatah tes.
Sebastien Loeb juga sukses mengakhiri debutnya di World RX dengan finish kelima, meskipun harus mengakhiri babak Final lebih awal. Johan Kristoffersson harus puas finish keenam setelah insiden dengan Solberg di Final, meskipun dia mendapatkan Monster Energy Super Charge Award setelah menjadi pembalap pertama yang melakukan start tercepat.
Mattias Ekstrom gagal lolos ke Final meskipun menjadi pembalap tercepat di babak Kualifikasi, sementara itu debut Liam Doran bersama JRM-MINI sukses berakhir dengan posisi kedelapan. Hal yang sama juga terjadi kepada Kevin Eriksson di debutnya dengan posisi kesembilan, dan Davy Jeanney mengakhiri balapan yang mengecewakan untuknya dengan melengkapi Top 10, sebelum kemudian didiskualifikasi dari babak Semifinal, dan turun ke posisi 12.
Indeed, di akhir minggu ini tim Peugeot Hansen tampil sedikit mengecewakan, dimana Hansen bersaudara (Timmy dan Kevin) hanya mampu berada di posisi ke-11 dan ke-13. Power steering di mobilnya Timmy membuatnya gagal finish di Semifikal, sedangkan Kevin gagal masuk ke Semifinal.
Di luar 12 besar, Reinis Nitiss finish di urutan ke-14 dengan tim baru (Munich Motorsport), dan mobil baru (SEAT Ibiza).
Sementara itu Ken Block sepertinya baru saja mengalami 'akhir minggu yang akan terlupakan'. Sirkuit baru, lingkungan baru dan mobil baru membuatnya kesulitan menunjukkan performanya, dan masalah dengan throttle di sesi Kualifikasi turut memperparah masalah tersebut.
Kelas Super 1600 baru saja mencatat rekor, dimana total 33 pembalap berkompetisi di kelas tersebut, terbanyak di sepanjang sejarah balapan mobil FWD tersebut. Tapi tentu saja, hanya 16 diantaranya mencetak poin, 12 ke Semifinal, 6 ke Final, dan hanya ada 1 pemenang.
Sumber: Linnemann Motorsport |
Sumber: Compincar Team |
Timur Shigabutdinov tampil apik dengan finish ketiga, Janno Ligur kecewa hanya mampu berada di posisi keempat, meskipun dia memuncaki Kualifikasi. Krisztian Szabo finis kelima, dan rekan setim Shigabutdinov di Set Promotion, Magnus Bergsjobrenden melengkapi 6 besar.
Sampai jumpa di RX Hockenheim di Jerman pada tanggal 6-8 Mei mendatang!
HASIL WORLD RX OF PORTUGAL 2016
Kotak Putih = Masuk ke Final.
Kotak Kuning = Masuk ke Semifinal.
Kotak Merah = Tidak lolos dari Babak Kualifikasi.
Qx = Poin dan Posisi di setiap sesi di babak Kualfikasi (Q1, Q2, Q3, Q4). TIDAK DIHITUNG DI KLASEMEN.
QP = Poin total di babak Kualifikasi. TIDAK DIHITUNG DI KLASEMEN.
IP = Poin yang diraih oleh pembalap Top 16, dengan alokasi s.b: 16, 15, 14, 13, 12, 11, 10, dst.
SF = Poin yang dicetak di babak Semifinal. Masing-masing sesi mempunyai alokasi poin s.b: 6, 5, 4, 3, 2, 1.
F = Poin yang dicetak di babak Final. Masing-masing sesi mempunyai alokasi poin s.b: 8, 5, 4, 3, 2, 1.
TP = Total poin yang dicetak dalam sebuah balapan
KELAS WORLD RX SUPERCAR
No.
|
Pembalap & Kebangsaan
Tim & Mobil
|
Q1
|
Q2
|
Q3
|
Q4
|
QP
|
IP
|
SF
|
F
|
TP
|
1.
|
Petter Solberg (Norwegia)
PSRX – Citroen DS3 RX
|
33
(#11)
|
38
(#6)
|
50
(#1)
|
45
(#2)
|
166
|
15
|
6
|
8
|
29
|
2.
|
Robin Larsson (Swedia)
Audi A1
|
37
(#7)
|
34
(#10)
|
45
(#2)
|
40
(#4)
|
156
|
12
|
4
|
5
|
21
|
3.
|
Toomas Heikkinen (Finlandia)
EKS RX – Audi S1 EKS RX Quattro
|
42
(#3)
|
45
(#2)
|
33
(#11)
|
32
(#12)
|
152
|
11
|
5
|
4
|
20
|
4.
|
Andreas Bakkerud (Norwegia)
Hoonigan Racing Division – Ford Focus RS RX
|
40
(#4)
|
40
(#4)
|
42
(#3)
|
42
(#3)
|
164
|
13
|
4
|
3
|
20
|
5.
|
Sebastien Loeb (Prancis)
Peugeot Hansen – Peugeot 208 WRX
|
39
(#5)
|
39
(#5)
|
38
(#6)
|
35
(#9)
|
151
|
10
|
5
|
2
|
17
|
6.
|
Johan Kristoffersson (Swedia)
Volkswagen RX Sweden – Volkswagen Polo RX
|
50
(#1)
|
42
(#3)
|
36
(#8)
|
37
(#7)
|
165
|
14
|
6
|
1
|
21
|
7.
|
Mattias Ekstrom (Swedia)
EKS RX – Audi S1 EKS RX Quattro
|
45
(#2)
|
50
(#1)
|
40
(#4)
|
50
(#1)
|
185
|
16
|
3
|
-
|
19
|
8.
|
Liam Doran (Inggris)
JRM Racing – MINI Countryman RX
|
38
(#6)
|
27
(#17)
|
32
(#12)
|
34
(#10)
|
131
|
6
|
2
|
-
|
8
|
9.
|
Kevin Eriksson (Swedia)
OlsbergsMSE – OMSE Fiesta ST
|
35
(#9)
|
37
(#7)
|
35
(#9)
|
36
(#8)
|
143
|
9
|
3
|
-
|
12
|
10.
|
Anton Marklund (Swedia)
Volkswagen RX Sweden – Volkswagen Polo RX
|
32
(#12)
|
35
(#9)
|
30
(#14)
|
29
(#15)
|
126
|
5
|
2
|
-
|
7
|
11.
|
Timmy Hansen (Swedia)
Peugeot Hansen – Peugeot 208 WRX
|
36
(#8)
|
30
(#14)
|
37
(#7)
|
38
(#6)
|
141
|
8
|
1
|
-
|
9
|
12.
|
Davy Jeanney (Prancis)
Peugeot Hansen Academy – Peugeot 208 WRX
|
29
(#15)
|
31
(#13)
|
39
(#5)
|
39
(#5)
|
138
|
7
|
DQ*
|
-
|
7
|
13.
|
Kevin Hansen
(Swedia)
Peugeot Hansen
Academy – Peugeot 208 WRX
|
30
(#14)
|
36
(#8)
|
31
(#13)
|
28
(#16)
|
125
|
4
|
-
|
-
|
4
|
14.
|
Janis Baumanis
(Latvia)
World RX Team
Austria – MJP Ford Fiesta RXS
|
31
(#13)
|
33
(#11)
|
28
(#16)
|
30
(#14)
|
122
|
3
|
-
|
-
|
3
|
15.
|
Reinis Nitiss
(Latvia)
Munnich
Motorsport – SEAT Ibiza RX
|
34
(#10)
|
32
(#12)
|
29
(#15)
|
28
(#16)
|
122
|
2
|
-
|
-
|
2
|
16.
|
Timus
Timerzyanov (Rusia)
World RX Team
Austria – MJP Ford Fiesta RXS
|
23
(#21)
|
26
(#17)
|
34
(#10)
|
33
(#11)
|
116
|
1
|
-
|
-
|
1
|
17.
|
Niclas Gronholm
(Finlandia)
OlsbergsMSE –
OMSE Fiesta ST
|
28
(#16)
|
29
(#15)
|
23
(#21)
|
31
(#13)
|
111
|
-
|
-
|
-
|
-
|
18.
|
Ken Block (AS)
Hoonigan Racing
Division – Ford Focus RS RX
|
25
(#18)
|
28
(#16)
|
25
(#18)
|
26
(#17)
|
104
|
-
|
-
|
-
|
-
|
19.
|
Rene Munnich
(Jerman)
Munnich
Motorsport – SEAT Ibiza RX
|
27
(#15)
|
23
(#20)
|
27
(#15)
|
25
(#18)
|
102
|
-
|
-
|
-
|
-
|
20.
|
Joaquim Santos
(Portugal)
Bompiso Racing
Team – Ford Focus
|
26
(#16)
|
25
(#18)
|
26
(#16
|
24
(#19)
|
101
|
-
|
-
|
-
|
-
|
* = Mobil #17 (Davy Jeanney, Peugeot Hansen Academy) Didiskualifikasi dari babak Semifinal setelah menyebabkan insiden antara mobil #13 (Andreas Bakkerud, Hoonigan Racing Division) dan mobil #96 (Kevin Eriksson, OlsbergsMSE).
KELAS SUPER 1600 (KHUSUS 16 BESAR)
No.
|
Pembalap & Kebangsaan
Tim & Mobil
|
Q1
|
Q2
|
Q3
|
Q4
|
QP
|
IP
|
SF
|
F
|
TP
|
1.
|
Ulrik Linneman (Denmark)
Peugeot 208
|
27
(#17)
|
31
(#13)
|
34
(#10)
|
50
(#1)
|
142
|
10
|
5
|
8
|
23
|
2.
|
Mario Barbosa – Portugal
Citroen Saxo
|
39
(#5)
|
50
(#1)
|
39
(#5)
|
39
(#5)
|
167
|
15
|
5
|
5
|
25
|
3.
|
Timur Shigabutdinov (Rusia)
Set Promotion – Renault Twingo
|
33
(#11)
|
28
(#16)
|
35
(#9)
|
27
(#17)
|
123
|
7
|
6
|
4
|
17
|
4.
|
Janno Ligur (Estonia)
Ligur Racing – Skoda Fabia
|
50
(#1)
|
42
(#3)
|
40
(#4)
|
45
(#2)
|
177
|
16
|
4
|
3
|
23
|
5.
|
Krisztian Szabo (Hungaria)
TQS Hungary KFT. – Skoda Fabia
|
42
(#3)
|
45
(#2)
|
33
(#11)
|
40
(#4)
|
160
|
14
|
6
|
2
|
22
|
6.
|
Magnus Bergsjobrenden (Norwegia)
Set Promotion – Renault Twingo
|
24
(#20)
|
36
(#8)
|
45
(#2)
|
42
(#3)
|
147
|
13
|
4
|
1
|
18
|
7.
|
Espen Isaksctre (Norwegia)
Citroen Saxo
|
28
(#16)
|
33
(#11)
|
24
(#20)
|
34
(#10)
|
119
|
5
|
3
|
-
|
8
|
8.
|
Ernestas Staponkus (Lithuania)
Vilkyciai ASK – Volkswagen Polo
|
36
(#8)
|
#39
(#5)
|
36
(#8)
|
32
(#12)
|
142
|
11
|
2
|
-
|
13
|
9.
|
Ondrej Smetana (Rep. Ceska)
LS Razing Czech NT – Ford Fiesta
|
34
(#10)
|
40
(#4)
|
31
(#13)
|
38
(#6)
|
143
|
12
|
3
|
-
|
15
|
10.
|
Dmitrii Malakhov (Rusia)
TT Motorsport – Renault Twingo
|
38
(#6)
|
19
(#25)
|
32
(#12)
|
35
(#9)
|
124
|
8
|
2
|
-
|
10
|
11.
|
Rudolf Schafer (Prancis)
Peugeot 208
|
30
(#14)
|
25
(#19)
|
37
(#7)
|
29
(#15)
|
121
|
6
|
1
|
-
|
7
|
12.
|
Glenn Haug (Norwegia)
Citroen C2
|
45
(#2)
|
23
(#21)
|
28
(#16)
|
30
(#14)
|
126
|
9
|
1
|
-
|
10
|
13.
|
Egor Sanin
(Rusia)
TT Motorsport –
Lada Kalina
|
37
(#7)
|
11
(#33)
|
38
(#6)
|
33
(#8)
|
119
|
4
|
-
|
-
|
4
|
14.
|
Pavel Vimmer
(Rep. Ceska)
Diana Czech
NT - Skoda Fabia
|
19
(#25)
|
34
(#7)
|
26
(#18)
|
36
(#8)
|
115
|
3
|
-
|
-
|
3
|
15.
|
Siim Saluri
(Estonia)
RS Racing –
Renault Twingo
|
25
(#19)
|
28
(#6)
|
22
(#22)
|
22
(#22)
|
107
|
2
|
-
|
-
|
2
|
16.
|
Ricardo Soares
(Portugal)
Bompiso Racing
Team – Ford Focus
|
20
(#24)
|
37
(#7)
|
23
(#21)
|
26
(#18)
|
106
|
1
|
-
|
-
|
1
|
No comments:
Post a Comment