Halo..!
Hari pertama Rally Swedia kali ini berlangsung panas, seperti yang saya sudah bilang beberapa hari lalu. Ini alasan kenapa:
Kejutan sudah dimulai dari babak shakedown dimana mobil Michal Solowow keluar jalur dan menabrak seorang fotografer, untungnya dia tidak mengalami cedera serius. Beberapa jam kemudian publik kaget begitu melihat pembalap WRC-2 Pontus Tidemand menjadi yang tercepat di SSS Karlstad.
Tapi kejutan yang terbesar adalah duo Volkswagen kandas di hari pertama, dan bermasalah di tempat yang sama, yaitu SS9 di Torsby. Sebastien Ogier bermasalah dengan pin bonnet, yang berujung kerusakan di wiper. Oke, kalo Ogier gak terlalu parah, dan masih ada di posisi 4, karena Latvala lebih sial lagi, karena di SS yang sama dia keluar jalur dan spectator power dibutuhkan untuk membebaskan mobilnya dari jebakan salju, dan terlempar ke posisi 23. Mana taktik Burnsie?
Di posisi kedua adalah Thierry Neuville, 19.1 detik tapi dikuntit oleh Jagoan lokal lainnya, Mads Ostberg sebagai satu-satunya perwakilan Citroen di 10 besar setelah Kris Meeke mengalami hal yang juga Latvala alami, dan mengakhiri hari pertama di posisi 12. Ogier tidak terlalu jauh dengan top 3, tapi Ott Tanak berpikir sebaliknya, dengan jarak 42 detik dari Ogier di posisi 5, dan Hayden Paddon berada di P6. So far so good untuk Hyundai.....well tidak juga, dengan Kevin Abbring berada di posisi 11.
Di posisi 7 ada Martin Prokop, yang lagi-lagi memanfaatkan konsistensinya, dan Yuriy Protasov menguntitnya dengan Ford Fiesta RS WRC, setelah PDKT yang buruk dengan Citroen DS3. Henning Solberg dan Elfyn Evans melengkapi 10 besar.
Sementara itu, pembalap privat Michal Solowow sejauh ini enjoy dengan posisi 13-nya, meskipun masih dihantui dengan kejadi di shakedown, dan kompatriotnya Robert Kubica tidak begitu beruntung. Kali ini bukan lagi kecelakaan, tapi kerusakan dengan differential membuat dia melibas paruh kedua di hari pertama dengan Front Wheel Drive, yang jelas kabar buruk untuknya, mengingat dia sebelumnya menguntit Tanak untuk posisi ke-6.
Di WRC-2, Kemenangan di SSS Karlstad sepertinya tidak begitu berefek buat Pontus Tidemand, karena kesalahan di SS7 membuat dia kehilangan 5 menit dan menyerahkan posisi 1 ke Jari Ketomaa, yang unggul jauh dari Valeriy Gorban, yang mengemudikan Mini Cooper S2000.
2015 Rally Sweden: Overall standings after Stage 10 (Top 10):
1. Andreas Mikkelsen Volkswagen Motorsport II Polo R WRC 1h 14m 03.6s
2. Thierry Neuville Hyundai Motorsport i20 WRC +19.1s M
3. Mads Ostberg Citroen Total Abu Dhabi WRT DS 3 WRC +19.4s M
4. Sebastien Ogier Volkswagen Motorsport Polo R WRC +24.7s M
5. Ott Tanak M-Sport WRT Ford Fiesta RS WRC +1m 06.2s M
6. Hayden Paddon Hyundai Motorsport i20 WRC +1m 37.1s M
7. Martin Prokop Jipocar Czech National Team Ford Fiesta RS WRC +2m 00.5s M
8. Yuriy Protasov M-Sport Ford Fiesta RS WRC +2m 11.4s
9. Henning Solberg M-Sport Ford Fiesta RS WRC +2m 18.2s
10. Elfyn Evans M-Sport WRT Ford Fiesta RS WRC +2m 49.6s M
Other(s):
11. Kevin Abbring Hyundai Motorsport N i20 WRC +3m 09.6s M
12. Kris Meeke Citroen Total Abu Dhabi WRT DS 3 WRC +3m 31.3s M
13. Jari Ketomaa Ford Fiesta R5 +3m 42.0s WRC2
14. Michal Solowow Synthos Cersanit RT Ford Fiesta RS WRC +4m 03.8s
15. Valeriy Gorban Mini Cooper S2000 1.6T +4m 28.1s WRC2
16. Fredrik Ahlin Ford Fiesta R5 +4m 28.5s WRC2
17. Eyvind Brynildsen Ford Fiesta RRC +4m 31.1s WRC2
22. Robert Kubica RK WRT Ford Fiesta RS WRC +7m 50.7s M
23. Jari-Matti Latvala Volkswagen Motorsport Polo R WRC +8m 27.0s M
WRC2 standings after Stage 10 (Top 3):
1. Jari Ketomaa Ford Fiesta R5 1h 17m 45.6s WRC2
2. Valeriy Gorban Mini Cooper S2000 1.6T +0m 46.1s WRC2
3. Fredrik Ahlin Ford Fiesta R5 +0m 46.5s WRC2
Notable retirements:
SS5/6. Lorenzo Bertelli FWRT SRL Ford Fiesta RS WRC Mechanical M*
*denotes expected to re-start under Rally 2 on Saturday
M denotes Manufacturer entry
Hari pertama Rally Swedia kali ini berlangsung panas, seperti yang saya sudah bilang beberapa hari lalu. Ini alasan kenapa:
Kejutan sudah dimulai dari babak shakedown dimana mobil Michal Solowow keluar jalur dan menabrak seorang fotografer, untungnya dia tidak mengalami cedera serius. Beberapa jam kemudian publik kaget begitu melihat pembalap WRC-2 Pontus Tidemand menjadi yang tercepat di SSS Karlstad.
Tapi kejutan yang terbesar adalah duo Volkswagen kandas di hari pertama, dan bermasalah di tempat yang sama, yaitu SS9 di Torsby. Sebastien Ogier bermasalah dengan pin bonnet, yang berujung kerusakan di wiper. Oke, kalo Ogier gak terlalu parah, dan masih ada di posisi 4, karena Latvala lebih sial lagi, karena di SS yang sama dia keluar jalur dan spectator power dibutuhkan untuk membebaskan mobilnya dari jebakan salju, dan terlempar ke posisi 23. Mana taktik Burnsie?
Jagalah kebersihan. |
Ogier: Happy b'day dan Happy Valentine's day sayamg #ColekAndreaKaiser |
Sementara itu, pembalap privat Michal Solowow sejauh ini enjoy dengan posisi 13-nya, meskipun masih dihantui dengan kejadi di shakedown, dan kompatriotnya Robert Kubica tidak begitu beruntung. Kali ini bukan lagi kecelakaan, tapi kerusakan dengan differential membuat dia melibas paruh kedua di hari pertama dengan Front Wheel Drive, yang jelas kabar buruk untuknya, mengingat dia sebelumnya menguntit Tanak untuk posisi ke-6.
Di WRC-2, Kemenangan di SSS Karlstad sepertinya tidak begitu berefek buat Pontus Tidemand, karena kesalahan di SS7 membuat dia kehilangan 5 menit dan menyerahkan posisi 1 ke Jari Ketomaa, yang unggul jauh dari Valeriy Gorban, yang mengemudikan Mini Cooper S2000.
2015 Rally Sweden: Overall standings after Stage 10 (Top 10):
1. Andreas Mikkelsen Volkswagen Motorsport II Polo R WRC 1h 14m 03.6s
2. Thierry Neuville Hyundai Motorsport i20 WRC +19.1s M
3. Mads Ostberg Citroen Total Abu Dhabi WRT DS 3 WRC +19.4s M
4. Sebastien Ogier Volkswagen Motorsport Polo R WRC +24.7s M
5. Ott Tanak M-Sport WRT Ford Fiesta RS WRC +1m 06.2s M
6. Hayden Paddon Hyundai Motorsport i20 WRC +1m 37.1s M
7. Martin Prokop Jipocar Czech National Team Ford Fiesta RS WRC +2m 00.5s M
8. Yuriy Protasov M-Sport Ford Fiesta RS WRC +2m 11.4s
9. Henning Solberg M-Sport Ford Fiesta RS WRC +2m 18.2s
10. Elfyn Evans M-Sport WRT Ford Fiesta RS WRC +2m 49.6s M
Other(s):
11. Kevin Abbring Hyundai Motorsport N i20 WRC +3m 09.6s M
12. Kris Meeke Citroen Total Abu Dhabi WRT DS 3 WRC +3m 31.3s M
13. Jari Ketomaa Ford Fiesta R5 +3m 42.0s WRC2
14. Michal Solowow Synthos Cersanit RT Ford Fiesta RS WRC +4m 03.8s
15. Valeriy Gorban Mini Cooper S2000 1.6T +4m 28.1s WRC2
16. Fredrik Ahlin Ford Fiesta R5 +4m 28.5s WRC2
17. Eyvind Brynildsen Ford Fiesta RRC +4m 31.1s WRC2
22. Robert Kubica RK WRT Ford Fiesta RS WRC +7m 50.7s M
23. Jari-Matti Latvala Volkswagen Motorsport Polo R WRC +8m 27.0s M
WRC2 standings after Stage 10 (Top 3):
1. Jari Ketomaa Ford Fiesta R5 1h 17m 45.6s WRC2
2. Valeriy Gorban Mini Cooper S2000 1.6T +0m 46.1s WRC2
3. Fredrik Ahlin Ford Fiesta R5 +0m 46.5s WRC2
Notable retirements:
SS5/6. Lorenzo Bertelli FWRT SRL Ford Fiesta RS WRC Mechanical M*
*denotes expected to re-start under Rally 2 on Saturday
M denotes Manufacturer entry
No comments:
Post a Comment